Lintasan Peristiwa

Laporan dari Jepang

Mempromosikan Perdamaian dan Kerjasama Internasional
di Festival Asia Pasifik

Oleh Grup Berita Tokyo

[Tokyo] Klang-Klang-Klang! Klang-Klang-Klang! Suara yang menggelegar tersebut diikuti oleh tarian tradisional Indonesia menarik perhatian yang luas dari para pengunjung di Festival Kota Asia di Tokyo yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 19 September di Taman Hibiya. Begitu para peserta dari berbagai negara menyajikan pertunjukan tarian dan musik di panggung terbuka pada acara Festival tersebut, arus pengunjung terus-menerus masuk memadati sederetan gerai pameran yang memajang beragam makanan dan kebutuhan harian dari negara-negara Asia. Acara yang dikelola dengan baik ini setiap tahunnya diselenggarakan oleh kelompok setempat yang bernama Menggalang Persahabatan Dunia dengan tujuan untuk mempromosikan pertukaran antar negara di antara para peserta dari negara-negara Asia.

Tahun ini merupakan yang keempat kalinya bagi anggota Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai di Jepang untuk ikut serta dalam acara tersebut dengan bantuan rekan-rekan inisiat dari Formosa dan Korea. Para murid mendirikan gerai pameran masing-masing yang mewakili negara masing-masing. Di gerai Jepang, video rekaman ceramah Guru dipertontonkan secara terus-menerus, dan publikasi berikut lukisan Guru dipajang  dekat tempat para murid membagikan buku contoh dan informasi tentang vegetarianisme. Sementara di gerai lainnya juga menampilkan publikasi Guru, tetapi masing-masing gerai memiliki penampilan yang istimewa, seperti pada gerai Korea menyajikan makanan vegetarian Korea dan gerai Formosa mengenalkan dan menjual teh tradisional Cina kepada para pengunjung. Ketiga gerai tersebut, khususnya gerai Korea, terus-menerus dikerumuni oleh pengunjung, dan meskipun cuaca agak panas selama berlangsungnya Festival, namun para inisiat Korea menyiapkan makanan dengan semangat yang tinggi.

Pada hari kedua berlangsungnya Festival, para peserta pameran diperkenalkan di panggung, sementara wakil dari masing-masing negara peserta berbagi pandangan mereka terhadap perdamaian dunia dan kerjasama antar negara dengan para tamu. Para inisiat Korea memainkan peran yang aktif dalam pertukaran pandangan ini, dan juga membicarakan tentang pentingnya vegetarianisme dengan para pengunjung, yang begitu terkesan dengan upaya mereka tersebut dan mendatangi gerai Korea untuk menikmati contoh makanan vegetarian yang tersedia di pasar setempat.

Para pengunjung dengan hangat menyambut buku contoh yang diberikan selama Festival, dan peserta pameran dari India yang berseberangan dengan gerai Jepang mengungkapkan minat yang besar terhadap ajaran Guru, sehingga sempat datang beberapa kali untuk menonton video rekaman ceramah Guru dan membaca majalah Berita Maha Guru Ching Hai. Rekan sepelatihan dari Korea dan Formosa turut membantu saudara dan saudari sepelatihan dari Jepang dalam mengenalkan Metode Quan Yin kepada tamu mereka.

Di atas semua itu, Festival Kota Asia di Tokyo tahun 2004 ini memberikan kesempatan bagi para inisiat dari berbagai center di Jepang, demikian juga dari negara tetangga, guna memperkuat semangat persaudaraan mereka melalui kerjasama. Selama Festival berlangsung, para rekan sepelatihan mempelajari banyak pelajaran yang berharga dari satu sama lainnya, dan merasa terdorong dan tergugah untuk melanjutkan kerja sama dengan praktisi dari negara lain guna berbagi Metode Quan Yin bagi seluruh warga dunia.

 

Laporan dari Jepang

Rumah Rehat Kayu Guru – Surga bagi Inisiat Jepang

Oleh Shindo, Tokyo

[Tokyo] Dikelilingi oleh sederetan pohon hijau dan dalam lingkungan yang sunyi dan bersih, disitu lah letak rumah rehat kayu Maha Guru Ching Hai di Jepang. Berkat cinta-kasih dan kasih-sayang Guru yang nirbatas, ditawarkan Nya bangunan tersebut sebagai tempat retret bagi inisiat setempat yang mempercayai bahwa Kemaha-hadiran Guru senantiasa menunggu kedatangan mereka jauh hari sebelum mereka merencanakan perjalanan menuju retret. Bagi saudara-saudari yang baru diinisiasi bulan Maret ini, perjalanan panjang menuju rumah kayu tersebut terasa bernilai sekali karena kebahagiaan yang mereka alami setiap bulan untuk berkumpul bersama Guru!  Dalam setiap sesi meditasi, rekan inisiat diberkati dengan pengalaman yang luar biasa. Beberapa sampai berlinangan air mata menerima rasa simpati dari wujud rohani Guru, dan yang lainnya merasa begitu terlingkupi oleh berkah Guru sehingga mereka menjadi sangat peka dan merasakan energi cinta-kasih nirbatas yang memancar dari tubuh mereka.

Selain itu, para rekan praktisi yang datang dari jauh ke tempat retret tersebut disambut dengan hangat dan diberikan tumpangan nginap oleh saudara-saudari setempat, yang mengatur acara retret dengan penuh perhatian sepertinya mereka semua adalah satu keluarga yang akrab, sehingga menciptakan kebahagiaan bagi setiap orang. Seluruh praktisi yang datang menghadiri kelompok meditasi ini sangat bersyukur kepada Guru karena memberikan mereka surga ini, yang bebas dari rasa kerisauan, dan dapat bersuka cita dengan saudara-saudari mereka sesungguhnya. Mengunjungi rumah Guru adalah seperti mengunjungi Surga di Bumi! Khususnya hal yang tak terlupakan adalah pada saat perpisahan, ketika para rekan inisiat berkali-kali melambaikan tangan selamat tinggal dan meniupkan ciuman dengan mata yang berlinangan Lautan Kasih. Setiap orang merasa enggan untuk beranjak dari rumah rehat tersebut karena cinta-kasih ilahi Guru adalah cinta kasih yang memanunggalkan segalanya dengan Tuhan. Pada waktu Bapa di Surga melihat kebahagiaan anak-anak Nya di saat-saat seperti ini, Ia pasti ikut merasakan kebahagiaan mereka juga.

Laporan dari Singapura Laporan dari Jepang
Laporan dari Filipina Laporan dari Formosa
Laporan dari Hong Kong Laporan dari Korea

Untuk mengimbangi cepatnya peningkatan rohani dari planet kita yang sedang berlangsung saat ini, center setempat dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengadakan banyak dan banyak lagi seminar video dan kegiatan berbagi-Kebenaran di seluruh dunia.

Anda dapat bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini bersama teman dan sanak keluarga Anda. Untuk jadwal yang terbaru dari kegiatan kami, silakan mengunjungi situs berikut ini:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/latest_news/events-datebook.htm  (bahasa Inggris) http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/latest_news/events-datebook.htm  (bahasa Cina)