Kasih dalam Tindakan


Laporan Pertolongan pada Korban Banjir di India

Kasih Nyata Buddha yang Hidup
Menjangkau Tanah Buddha di Masa Lampau

 

Oleh Tim Penolong Singapura (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada bulan September 2004, hujan lebat yang berlangsung lebih dari 24 jam bersama dengan salju yang mencair dari Himalaya menyebabkan banjir pada desa-desa di sebelah utara negara bagian India, Uttar Pradesh, tempat di mana Buddha Shakyamuni menghabiskan banyak masa hidupnya untuk menyebarkan Dharma. Dengan bimbingan dan belas kasih dari Maha Guru Ching Hai yang tak ada habisnya, rekan inisiat dari Singapura pergi ke daerah tersebut untuk melakukan upaya pertolongan bagi korban banjir. Beberapa daerah yang paling rusak parah adalah daerah Lakhimpur, terletak di 20 km sebelah utara dari ibu kota negara bagian Lucknow, dan juga beberapa desa lain yang terletak di antara 30 dan 110 km jauhnya dari kota. Banjir tersebut menghancurkan ribuan rumah lumpur dan semua hasil panen agrikultural daerah tersebut.

Setelah sampai di Lucknow, kami menemukan dan memeriksa daerah yang terkena banjir, dan memperhatikan bahwa banyak dari korban adalah perempuan, anak-anak, dan orang tua yang dibiarkan tuna wisma, dengan hampir tidak ada satu pun barang yang tersisa untuk membuat mereka nyaman. Setelah berbicara dengan kepala desa setempat, para inisiat membuat daftar barang-barang yang sangat dibutuhkan dan kemudian dengan segera mulai membeli barang perbekalan. Syukur pada pengaturan Guru yang luar biasa, hotel tempat kami menginap memiliki sebuah aula yang besar yang kemudian disewa untuk menyimpan dan mengepak 43 ton bahan bantuan.

Operasi distribusi dimulai pada tanggal 7 Oktober, dan meskipun beberapa daerah banjir yang rusak sulit untuk dimasuki karena jalannya yang sempit, tidak rata, akan tetapi atas bimbingan Guru, proyek distribusi ini terlaksana dengan sukses. Bahan-bahan disalurkan kepada kira-kira 1.500 keluarga yang terkena banjir dan termasuk makanan, terpal untuk tenda, alat tulis-menulis dan permen untuk anak-anak.

Beberapa pekerjaan dikerjakan tanpa istirahat; akan tetapi, semua pekerja penolong merasakan kasih Guru yang kuat meliputi mereka dan memotivasi mereka untuk meneruskan tugas mereka dengan rajin. Bahkan supir lokal yang mengangkut kami ke tempat distribusi tersentuh dengan ajaran Guru dan mencoba membantu dalam kegiatan pertolongan.

Kami juga menjangkau korban banjir yang terletak di sepanjang tepian sungai di Lucknow, tempat di mana penduduk hidup dalam kemiskinan dan tak terurus. Banjir menempatkan mereka dalam keadaan yang bahkan lebih buruk sehingga mereka sangat gembira menerima makanan dan bantuan keuangan.

Upaya pertolongan selesai pada tanggal 9 Oktober dan semua inisiat yang berpartisipasi merasa sangat gembira dan terberkati telah dapat menyaksikan pengaturan Tuhan yang sempurna dalam keadaan sedemikian ekstrem. Kami juga berharap dapat berterima kasih pada-Mu, Guru, karena telah menunjukkan kami jalan tak mementingkan diri sendiri dan kebaikan hati, dan telah memberikan kami kesempatan untuk mempraktekkan ajaran-Mu dengan menjangkau mereka yang kurang beruntung.


Formosa | Cina Daratan | India | Rusia | Grenada | Jamaika | Republik Dominika | Florida, AS | Panama | Jepang | Pengeluaran untuk Dana Bantuan Bencana Global oleh Maha Guru Ching Hai, September dan Oktober 2004