Laporan dari Iran

Sebagai upaya pencegahan untuk keselamatan, kemasan bantuan didistribusikan di bawah penutup yang gelap, dan pada malam pertama pekerjaan berjalan lancar ketika anggota tim dan kemasan hadiah dikirim ke daerah distribusi dengan truk. Kendaraan diparkir di luar zona distribusi dan taksi digunakan untuk mengirim anggota tim dan kemasan hadiah. Kemudian pada berbagai titik, anggota tim berjalan kaki untuk mengirimkan kasih dan hadiah Guru kepada korban gempa.

Barang-barang hadiah untuk anak-anak di rumah yatim piatu Behzisty.

Polisi pengiring hadir di beberapa titik distribusi; sementara kemasan bantuan diserahkan, truk diparkir dekat sebuah pos polisi untuk alasan keamanan. Setelah memperhatikan situasi ini, polisi menawarkan untuk mengisi kendaraan keperluan olah raga mereka dengan kemasan dan bahkan membantu dalam distribusi. Selain itu, pengemudi taksi yang kami sewa, juga memberikan bantuan.

Pada malam kedua, distribusi juga dilaksanakan dengan efisien, dengan lebih banyak kemasan hadiah menjangkau mereka yang membutuhkan. Selama kegiatan ini, beberapa penerima bergegas keluar dari tenda mereka untuk berterima kasih pada para pekerja dan Tuhan. Beberapa dari mereka menyebutkan bahwa Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai adalah satu-satunya kelompok asing yang anggotanya mengantarkan sendiri barang-barang yang dibeli di sana. Beberapa yang lain tidur nyenyak dalam tenda mereka, tidak sadar bahwa tim ini telah meletakkan hadiah dari Guru di pintu masuk.

Sementara di Bam, pekerja penolong dipimpin oleh penduduk setempat menuju sebuah kantor pendidikan wilayah dimana mereka mempelajari bahwa anak-anak di kota itu membutuhkan alat tulis-menulis untuk pelajaran sekolah mereka. Maka tim ini kemudian mengantarkan satu set lengkap alat tulis-menulis kepada anak-anak itu.

Pada jam 5 pagi tanggal 11 Januari, para pekerja berhasil menyelesaikan tugas mereka di Bam, dengan kurang lebih 3.250 kemasan bantuan telah didistribusikan selama lebih dari tiga malam. Selama tinggal di kota itu, banyak terasa gempa susulan. Gempa susulan terbesar membangunkan mereka pagi hari itu, dan setelah itu mereka kembali ke Kerman.

Setelah tiba di Kerman, anggota tim mengunjungi kantor Rumah Sakit Bahonar dan Behzisty, sebuah organisasi kesejahteraan setempat. Sebelumnya, rumah-rumah yatim piatu Behzisty telah menampung anak-anak korban gempa bumi Bam, tetapi umumnya secara bertahap diambil kembali oleh orang tua atau saudara mereka. Akan tetapi, para inisiat mencatat bahwa sembilan belas anak dari Bam dibawah umur tiga tahun masih tinggal dalam satu rumah yatim piatu. Maka mereka membeli matras, selimut, bantal, sarung bantal, mainan, susu bubuk, alat tulis-menulis dan beberapa barang lainnya dan mengantarkannya ke tempat itu.

Selain itu, Rumah Sakit Bahonar, terletak dekat rumah yatim piatu itu, menampung 46 pasien dari Bam. Tim bantuan diberikan informasi tentang pasien ini berikut juga sebuah daftar barang-barang yang akan berguna bagi mereka ketika mereka keluar dari Rumah Sakit. Para inisiat kemudian membeli barang-barang ini dan mengunjungi rumah sakit tersebut untuk menghibur para korban dan memberikan hadiah penuh kasih dari Guru. Sekali lagi, amplop berisi hadiah uang dimasukkan dalam kemasan.

Walaupun para pekerja penolong tidak dapat mengunjungi pasien yang masih dalam Unit Perawatan Intensif (ICU), staf rumah sakit meminta minuman untuk mereka dalam bentuk jus apel, jus jeruk, jus nanas dan susu. Rumah Sakit membutuhkan dua puluh liter minuman seperti itu setiap hari sehingga anggota tim membeli dan memberikan persediaan tersebut untuk satu bulan lebih.

Ketika anggota tim bantuan tiba kembali di Teheran, mereka mengetahui dari Raad Rehabilitation Goodwill Complex (RRGC), sebuah organisasi pelayanan sosial swasta, bahwa kursi roda dengan tempat duduk kloset sangat dibutuhkan oleh korban gempa Bam di Kerman. Maka 72 unit dibeli dan dikirim ke RRGC untuk dikirimkan ke kota itu.

Selama tinggal di Iran, tim bantuan mengalami sedikit kelelahan tetapi banyak berkah dari Guru. Kebahagiaan terpancar dari wajah para korban gempa bumi yang selamat, yang menerima kasih Guru, dan banyak yang tersentuh karena orang dari negara lain telah memperlihatkan perhatian yang tulus bagi mereka, dan amat menghargai kehadiran dan bantuan welas asih dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai pada saat yang dibutuhkan.

 


Pengeluaran untuk Bantuan Gempa Bumi Bam oleh
M
aha Guru Ching Hai
 

Keterangan

Pengeluaran
(dalam Rial Iran)

Kuitansi#

Barang bantuan untuk yang selamat

381,286,160

B1

Alat tulis-menulis untuk pelajar

23,705,500

B2

Barang hadiah untuk rumah yatim piatu Behzisty

27,350,000

B3

Barang hadiah untuk rumah sakit Bahonar

21,967,000

B4

Kursi roda dengan tempat duduk kloset untukRRGC

117,725,904

B5

Transportasi

7,520,000

B6

Total                                                         579,554,564 Rials

                                                               (Sekitar USD$70,000)



 

 

 

 

 

 

 

Halaman sebelumnya .....

Iran Panama Thailand Hong Kong Formosa