Laporan dari Hong Kong

oleh Kelompok Berita Hong Kong (asal dalam bahasa Cina)

Saat temperatur menurun di Hong Kong pada liburan Tahun Baru Imlek 2004, rekan-rekan sepelatihan setempat memberikan kehangatan dan kasih kepada penduduk kota yang kurang mampu dengan membagikan pakaian hangat dan sandwich (roti lapis) nabati di jalan-jalan dan di Center Un Chau. Terinspirasi oleh apa yang dilakukan rekan-rekan inisiat di Oregon, para saudara dan saudari sepelatihan dari Hong Kong menyertakan juga kata-kata mutiara dan alamat (URL) dari situs web Quan Yin pada setiap sandwich yang dibagikan. “Rekan-rekan sepelatihan menyiapkannya sendiri sandwich-sandwich ini dan menyertakan pepatah Guru untuk menunjukkan kasih dan pemikiran mereka bagi teman-teman yang tunawisma”, kata seorang saudari sepelatihan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pada perhentian pertama di distrik tua dimana tunawisma mencari perlindungan di bawah jembatan dan di tepi-tepi jalan, pemberian hadiah itu mengisi hati para penerimanya dengan kegembiraan, dan beberapa diantaranya dengan antusias maju untuk menerima hadiah istimewa mereka.

Perhentian kedua adalah Center Un Chau, yang dibangun 70 tahun yang lampau dan sekarang menaungi lebih dari 70 penghuni wanita dan pria. Kebanyakan dari mereka adalah penganggur dan beberapa diantaranya adalah pecandu narkoba yang hanya mencari tempat tinggal sementara. Karena sifatnya gratis, Rumah Penampungan ini, yang dikelola oleh sebuah organisasi sosial, selalu terisi penuh.

Para penghuni sangat gembira menerima pemberian dari para inisiat. Bapak Wen, direktur Rumah Penampungan ini, menghaturkan penghargaannya atas kunjungan itu, berkata, “Bahkan jika kalian hanya membawa sepasang sandal, mereka juga akan sama menghargainya. Kalian menghangatkan hati mereka dan menunjukkan kepada mereka bahwa masih ada orang di dunia ini yang memperhatikan mereka. Kita adalah seperti sebuah kursi yang memberikan tempat istirahat sebentar bagi pelancong yang letih dalam hidup ini, dan saat mereka meneruskan perjalanannya, kursi itu sudah siap untuk melayani yang lainnya dengan kebutuhan yang sama."

Untuk menyampaikan secara berkelanjutan kepedulian dan kasih Guru bagi teman-teman yang sedang dalam tekanan, rekan-rekan inisiat Hong Kong memutuskan untuk membagikan pakaian dan makanan vegetarian bagi tunawisma di distrik-distrik dan tempat-tempat penampungan lain di hari libur yang akan datang.