Tanya Jawab Pilihan

Tapa Brata Tidak Dapat Menghapus
Halangan Karma


Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Hong Kong,
2 Mei 2000 (Asal dalam bahasa Cina) Kaset Video # 690


T: Guru, meskipun kita tidaklah dapat mencapai tingkat kebuddhaan melalui latihan tapa brata (latihan dengan menyiksa diri sendiri), apakah latihan tapa brata dapat menghilangkan sebagian dari halangan karma kita atau menghapus sebagian dari karma kita?

G: Tidak, latihan tersebut tidaklah dapat menghapus karma! Latihan tapa brata tidaklah bermanfaat! Mengapa kalian menyiksa kebuddhaan kalian sendiri? Buddha berada di dalam diri kita. Jika kalian memperlakukan diri sendiri dengan kejam, berarti kalian berlaku kejam terhadap Buddha. Kalian menyakiti Dia. Kalian mengerti, Buddha Sakyamuni harus meninggalkan latihan tapa brata setelah melatihnya selama beberapa waktu! Pada akhirnya, Dia meninggalkan latihan tapa brata untuk melatih metode yang benar. Itulah cara Dia menghapus karma-Nya, bukan melalui penyiksaan diri.

Jika kalian berlatih metode yang benar, tidaklah bermasalah jika kalian melatih sedikit keras, atau memanjakan diri kalian dalam kemewahan, jika kalian ingin. Karena kalian telah berada dalam jalur yang benar, tidaklah menjadi masalah jika kalian ingin menempuhnya dengan taksi, Mercedes-Benz atau Roll Royce. Hal yang penting adalah jalur yang benar, dan bukannya kendaraan yang kalian pakai. Barusan ini saya naik taksi dan tiba di tempat tujuan yang sama. Kalian mungkin saja datang dengan bis, dengan Roll Royce atau dengan mobil kalian sendiri dan kalian juga tiba di sini. Itu terjadi karena kita menempuh jalan yang benar. Bukannya tapa brata itu baik atau buruk; jalur yang kalian tempuh haruslah jalur yang benar. Berlatihlah Metode Quan Yin, maka kalian akan mencapai pembebasan dan menghapus halangan karma kalian!

T:Bersatu dengan Tuhan dan Mengetahui bahwa Semua Hal Ada Sebabnya
T:Mendukung Perlindungan Lingkungan dan Menyelamatkan Planet Kita
T:Melepaskan Keduniawian Tergantung pada Pribadi Masing-Masing
T:Tapa Brata Tidak Dapat Menghapus Halangan Karma
T:Pencerahan Dapat Membangkitkan Kekuatan Penyembuhan Kita yang Terpendam