Tanya Jawab Pilihan


Melepaskan Keduniawian Tergantung pada Pribadi Masing-Masing


Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, New York, AS,
4 Agustus 1999 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #664


T: Saat berlatih Metode Quan Yin, Anda menyarankan supaya kita tidak menjadi seperti pertapa dan kita perlu keluar supaya bisa memberi manfaat pada masyarakat sebagaimana latihan itu memberi manfaat pada diri kita. Saya tahu bahwa saya memiliki kecenderungan alami untuk menyendiri dan menghindar dari dunia luar karena saya sangatlah peka terhadap energi negatif di sekeliling saya. Saya ingin tahu apakah saran Anda tentang bagaimana menghindari energi negatif tersebut.

G: Jangan khawatir, semakin banyak Anda bermeditasi, semakin kuat Anda jadinya. Kemudian, bahkan jika Anda berada di lingkungan yang lebih negatif, Anda tidak akan terpengaruh. Tentu saja Anda akan terganggu sekali-sekali. Tetapi, itu kemudian terserah pada Anda: Jika Anda ingin menjadi pertapa dan Anda sanggup melakukannya, tidak mengapa. Pergilah ke Himalaya atau menyendiri di dalam gua; siapa yang peduli?

Saya tidaklah dapat mendukung hal-hal yang ekstrem; Anda perlu memahami ini. Karena kebanyakan dari kita lebih cenderung untuk berkeluarga, dan telah memiliki keluarga atau kita akan memiliki keluarga. Karena itu, saya tidak dapat turut menyarankan mereka untuk meninggalkan keduniawian; hal itu tidaklah sesuai. Kebanyakan orang dapat menjalani keduanya; mereka dapat menjaga keluarga mereka sambil berlatih rohani. Mereka merasa stabil dan kuat hidup dalam kontradiksi ini. Mereka merasa bahwa mereka tetap mantap dalam kekacauan dan itu merupakan tantangan bagi mereka. Tetapi, jika Anda merasa tidak tahan akan hal tersebut, maka temukanlah suatu cara untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

T: Jadi jika kita memiliki keinginan yang kuat, tidaklah salah untuk menyepi di suatu tempat dan bermeditasi?

G: Ya, tentu saja. Jika Anda dapat menjalaninya dan tidak melukai siapa pun. Boleh saja. Ke manakah Anda akan menyepi? (Tertawa)

T: Mungkin ke Pegunungan Himalaya, siapa tahu?

G: OK, jika Anda suka itu dan dapat menjaga diri Anda sendiri. Jika tidak ada masalah dengan keluarga Anda atau orang lain yang mempedulikan Anda, boleh-boleh saja. Tetapi kebanyakan orang memiliki tanggung jawab terhadap keluarga. Jika mereka meninggalkan keluarga mereka dan pergi ke Himalaya, energi dari keterikatan keluarga tetap menarik mereka dan Saya tidaklah yakin jika mereka dapat duduk dengan tenang di Himalaya. (Tertawa) Itulah masalahnya!

Anda dapat mencobanya. Beberapa dari kalian dapat mencoba untuk meninggalkan keluarga kalian selama seminggu untuk melihat apa yang terjadi. Mereka bahkan tidak perlu menelepon kalian; mereka hanya perlu memanggil kalian dari dalam kepala kalian: (Guru berbicara dengan suara yang bergema) “Papa, pulanglah ke rumah!” (Hadirin tertawa dan bertepuk tangan.)

T:Bersatu dengan Tuhan dan Mengetahui bahwa Semua Hal Ada Sebabnya
T:Mendukung Perlindungan Lingkungan dan Menyelamatkan Planet Kita
T:Melepaskan Keduniawian Tergantung pada Pribadi Masing-Masing
T:Tapa Brata Tidak Dapat Menghapus Halangan Karma
T:Pencerahan Dapat Membangkitkan Kekuatan Penyembuhan Kita yang Terpendamr