Laporan Khusus
   
Atas undangan dari pemerintah Meksiko, Maha Guru Ching Hai menghadiri COP16 di Cancun  
“SOS! YesVCan-cun,” Pesan yang Bergema sepanjang COP16

Disusun oleh Kelompok Berita Meksiko (Asal bahasa Inggris dan Spanyol)

Setelah dua minggu negosiasi yang intensif mengenai perubahan iklim, dengan upaya tulus yang diadakan oleh seluruh 192 negara, sesi ke-16 dari (COP16) Konferensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) ditutup dengan persetujuan menyeluruh bahwa perubahan iklim adalah salah satu tantangan terbesar saat ini yang membutuhkan tindakan jangka panjang dan kerja sama. Diakui bahwa negara-negara industri dan berkembang harus mengurangi emisi gas rumah kaca global untuk mengekang peningkatan suhu rata-rata global sampai kurang dari 2 derajat C di atas tingkat sebelum industri.

Selama konferensi yang diadakan dari tanggal 27 November sampai 10 Desember, Tahun Emas 7 (2010), di Kota Cancún yang cerah, Meksiko, orang-orang dari berbagai sektor—organisasi-organisasi non-pemerintah (NGO), badan-badan pemerintahan, perusahaan-perusahaan pribadi, institusi-institusi penelitian, dan murid-murid—semua memperlihatkan minatnya atas pola makan nabati untuk menyembuhkan lingkungan.

Para anggota Asosiasi kami dari seluruh dunia berkampanye dengan penuh antusias dan dedikasi untuk solusi yang mulia, vegan organik untuk menyelamatkan Bumi kita. Maha Guru Ching Hai juga secara pribadi menganugerahi acara tersebut sebagai tamu kehormatan dari Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Alam Meksiko. Kasih dan kepeduliannya yang tulus bagi semua negara pada masa krisis ini mengalir melalui ruangan-ruangan pertemuan dan dengan dalam menyentuh hati semua pemimpin dan orang-orang terkemuka dunia yang berkesempatan untuk berbicara secara pribadi dengan Guru. Berikut kami ingin tampilkan beberapa kutipan lintasan penting pada acara tersebut.

Kampanye Umum Para Anggota Asosiasi tentang Solusi Vegan

Pada hari pertama acara tersebut, sepanjang perjalanan dari bandara sampai tempat-tempat resmi untuk COP16, para anggota Asosiasi kami mendirikan papan-papan pengumuman, spanduk-spanduk dan tampilan-tampilan lainnya dengan pesan “SOS! Yes VCan-cun” untuk menyambut ribuan tamu dan delegasi internasional. Aksi mereka ini mendapat perhatian media dan menjadi berita utama pada beberapa koran lokal. Meski menghabiskan banyak waktu di bawah terik matahari, kepedulian yang tulus demi dunia dan semangat yang ceria dari para rekan inisiat, tidak pernah berkurang hingga selama dua minggu kemudian. Mereka membagi-bagikan camilan vegan dan kantong SOS penuh informasi di depan CancunMesse kepada para tamu VIP, termasuk Dr. Rajendra Pachauri. Semangat mereka menyentuh hati para polisi yang mulai menghampiri anggota Asosiasi kami, menanyakan informasi lebih jauh dan mengutarakan dukungan mereka atas cita-cita mulia ini.

Melalui pengaturan Tuhan, beberapa orang anggota kami dapat menghadiri konferensi-konferensi resmi terbatas, dimana selama kesempatan itu mereka secara langsung membagi-bagikan kepada para peserta konferensi info-info SOS yang dipersiapkan secara khusus untuk mereka, termasuk buku terbaru Guru, Dari Krisis Menjadi Damai: Vegan Organik adalah Jawabannya, yang memberikan kesan mendalam kepada para delegasi dari seluruh dunia.

Di Desa Perubahan Iklim

Sambutan, respons yang hangat dari orang-orang Meksiko terhadap gaya hidup vegan tidak hanya memungkinkan bagi para anggota Asosiasi kami untuk mendirikan sebuah stan di Plaza Las Américas di Kota Cancún yang ramai untuk menjangkau ribuan orang, tetapi juga mengamankan sebuah stan permanen di Desa Perubahan Iklim. Acara sampingan ini diatur oleh Sekretariat Lingkungan dan Sumber Daya Alam Meksiko, dimana semua orang diundang untuk menghadirkan solusi-solusi lingkungan terhadap perubahan iklim.

Para anggota Asosiasi kami bekerja sepanjang hari untuk mempersiapkan dan membagikan suguhan vegan bersama kantong-kantong SOS yang berisikan banyak informasi tentang penyebab dan solusi perubahan iklim serta pesan Guru kepada 30.000 orang pengunjung. Mereka yang berkomitmen menjadi vegan sehari dalam seminggu juga diberikan kaus gratis. Banyak sekolah dan universitas memberikan undangan kepada orang-orang untuk mengikuti kelas memasak vegan dan berbagi resep-resep vegan.

Maha Guru Ching Hai membuat kunjungan kejutan ke stan Asosiasi kami. Beliau bergabung dengan para staf pekerja untuk membagi-bagikan makanan vegan sekaligus menyampaikan salam hormat kepada para inisiat, yang datang dari jauh, atas kerja keras mereka untuk menyebarkan pesan ini dan mendorong orang-orang untuk terus berkarya. Semuanya tersentuh secara mendalam atas kerendahan hati dan kasih tanpa pamrih Guru. Guru juga menghabiskan banyak waktu menandatangani cetakan publikasi bukunya, Dari Krisis Menjadi Damai: Vegan Organik adalah Jawabannya, yang diberikan secara gratis kepada para pengunjung. Selain itu, atas undangan, Guru menyampaikan ceramah kepada lebih dari 300 orang yang dengan tulus menunggunya di ruang forum, bersama lebih banyak orang lagi yang berkomitmen untuk mengikuti pola makan vegan.

Maha Guru Ching Hai Berbagi Perhatian Tulusnya bersama Para Pemimpin Dunia

Dengan dimulainya negosiasi iklim tingkat tinggi di Cancún, Meksiko, Guru diundang oleh Sekretariat Lingkungan dan Sumber Daya Alam negara tersebut untuk menghadiri sesi-sesi laporan pertemuan penting tersebut.

Beberapa orang terkemuka yang berkesempatan untuk berbicara dengan Guru termasuk Presiden Meksiko, Yang Mulia Felipe Calderón (foto 1); Utusan Khusus Deputi A.S. untuk Perubahan Iklim, Dr. Jonathan Pershing; Direktur Deputi untuk Badan Perubahan Iklim dan Departemen Negara Bagian A.S., Bapak Trigg Talley; dan Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Alam Moldova, Bapak Gheorghe Şalaru.

Menteri-menteri nasional dan perwakilan Titik Fokus Nasional UNFCCC menerima satu cetakan dari buku terbaru Guru, Dari Krisis Menjadi Damai: Vegan Organik adalah Jawabannya, yang ditandatangani dengan rahmat oleh Guru. Titik Fokus Togo untuk UNFCCC, Duta Besar Komi Tomyeba (foto 3); Kepala Departemen Perubahan Iklim Pusat di Badan Usaha Lingkungan, Dr. Ezzat Lewis Hannalla Agaiby (foto 4); dan Menteri Lingkungan Uganda Ibu Jesca Eriyo, adalah beberapa di antara mereka yang juga mengutarakan kegembiraan mereka dapat bertemu dengan Guru, yang menyampaikan dorongannya atas upaya-upaya mereka. 

Saat mengamati beberapa sesi pertemuan tingkat tinggi, Guru berbicara langsung dengan orang-orang terkemuka internasional, termasuk Ketua Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC), Dr. Rajendra Pachauri (foto 2); Ketua Persatuan Negara Pulau Kecil, Ibu Dessima Williams; Menteri Lingkungan Namibia, Ibu Netumbo Nandi-Ndaitwah (foto 5); Wakil Ketua salah satu Kelompok Kerja UNFCCC, Bapak Miroslav Spasojevic dari Serbia; Perwakilan Swiss dari Badan Pemerintah Lingkungan, Bapak José Romero; Penasihat Institut Perlindungan Lingkungan Nasional di Afghanistan, Bapak Abbas Basir; Titik Fokus Nasional UNFCCC Kamerun, Duta Besar Joseph Armathe Amougou; dan Menteri Lingkungan Peru, Dr. Antonio José Brack Egg (foto 6). Atas dorongan Guru kepada mereka untuk membantu menyelamatkan Bumi ini, banyak yang mengutarakan dukungan dan rasa hormat atas cita-cita Guru, dan meminta lebih banyak lagi buku Guru untuk dibawa pulang bagi para penduduk di tanah air mereka.

Beberapa orang, seperti Dr. Mark Wright, Kepala Peneliti di World Wildlife Fund (WWF), sudah akrab dengan upaya bantuan lingkungan Maha Guru Ching Hai, sementara yang lainnya ingin mengenal lebih banyak mengenai upaya-upaya Guru demi Bumi yang damai, seperti pengembangan Guru atas Supreme Master Television dan acara-acaranya yang membangun. Banyak yang meminta tanda tangan Guru dan berfoto bersama.

   
  <<Carrie Asheuer, Asisten Informasi Umum dan Media, UNFCCC

Bertemu Media

Bahkan sebelum dimulainya COP16, Radio Formula QR 92.3 FM, yang berbasis di Cancún, Meksiko, mengundang Guru untuk berbagi wawasannya mengenai solusi-solusi perubahan iklim. Wawancara ini disiarkan pada dua hari Sabtu berturut-turut, 27 November dan 4 Desember pukul 9:50 pagi, waktu Cancún. Guru membahas solusi vegan untuk menyelamatkan planet dari pemanasan global dan merekomendasikan agar semua orang di Meksiko menggunakan tenaga surya untuk memanfaatkan berkat besar mereka dari Surga—banyak cahaya matahari.

Meskipun banyak sekali aktivitas Guru di Cancún selain dari menghadiri sesi-sesi Rapat Perubahan Iklim PBB, Guru juga menyisihkan waktunya untuk wawancara media dan secara pribadi menyuguhkan makanan vegan yang lezat kepada beberapa wartawan di hotel tempat Guru tinggal. Diskusi Guru dengan jurnalis ternama Ibu María José Cadena Castro dari EncadenaTV Meksiko tanggal 9 Desember juga disiarkan di daerah semenanjung melalui TVCUN dan Kanal Mundo Maya. Guru juga menerima wawancara pada tanggal 11 sampai 13 Desember, bersama Bapak Luis Ballesteros dari koran El Quintanarroense; Bapak Millysent Bradley Crea dari Televisi Meksiko, stasiun TV terbesar kedua di Quintana Roo; dan Ibu Veronica Ocampo dari Agence France-Presse (AFP) Saluran Berita di Cancún. Semua anggota media ini sangat terkesan dengan kehadiran Guru, pendekatan alami Guru demi perlindungan Bumi kita yang indah, dan pemahaman Guru yang mendalam atas semua unsur-unsur ciptaan.

Pada tanggal 18 Desember, Guru diundang pada sebuah konferensi pers untuk bertemu dengan para jurnalis setempat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari lebih dari 10 kelompok media, termasuk dari media publikasi-publikasi seperti News of Quintana Roo (Novedades de Quintana Roo); La Verdad Editorial; De Peso; A New Quintana Roo (Un Nuevo Quintana Roo); The Voice of the Mayas Magazine (La Voz de los Mayas Revista); dan Por Esto! Quintana Roo, sekaligus juga Radio Turquesa, Radio Formula, Cancún Radio, dan stasiun televisi Canal 10.

Dalam suasana yang hangat dan bebas, para jurnalis mendengar dengan penuh perhatian pada wawasan-wawasan Guru yang logis dan bermoral saat Guru menjelaskan mengenai situasi perubahan iklim yang darurat. Dalam mengidentifikasi industri ternak sebagai penyebab utama dari pemanasan global dan krisis-krisis lingkungan lain di Bumi kita, Guru meminta bantuan para anggota media untuk membagikan fakta-fakta penting ini kepada publik.

Selama konferensi pers ini, makan siang vegan yang lezat disuguhkan kepada para jurnalis. Banyak yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai gaya hidup vegan, salah seorang wartawan mengatakan bahwa ia menjadi vegan baru 30 hari yang lalu, sementara yang lain mengatakan bahwa ia telah berkeinginan untuk membuka sebuah toko vegan. Guru juga menyampaikan fakta bukti-bukti yang lebih jauh kepada para jurnalis, termasuk data spesifik-Meksiko, sehingga mereka dapat menyampaikan kepada para pembaca, pendengar dan penonton mereka info-info yang terkini dan relevan mengenai perubahan iklim.

Gala Para Pahlawan Terhijau: Hadiah untuk Sang Jiwa

Di tengah-tengah diskusi penting yang sedang diadakan pada Konferensi Perubahan Iklim PBB COP16, sebuah acara khusus diadakan di Cancún pada hari Minggu, 5 Desember. Diadakan oleh Walikota Cancún, Yang Terhormat Jaime Hernández Zaragoza dan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, “Gala Pahlawan Terhijau” yang merayakan para juara lingkungan yang mengekang pemanasan global melalui pola makan vegan mereka.

Disiarkan langsung di Supreme Master Television, acara tersebut dibuka dengan salam hangat dari mantan Presiden Kosta Rika Presiden José María Figueres Olsen, diikuti dengan pidato sambutan dari Yang Terhormat Walikota Zaragoza, dan sebuah pidato utama oleh Presiden Irlandia ke-7, Yang Mulia Mary Robinson.

Merahmati perayaan langsung yang bermakna ini adalah tamu kehormatan istimewa Maha Guru Ching Hai, yang bersama Walikota Zaragoza mempersembahkan penghargaan Pahlawan Terhijau kepada delapan orang pemenang vegan dan vegetarian: atlet daya tahan ultra dan pengacara Rich Roll; pelatih komunikasi terkemuka Richard Greene; pengarang penjualan terbaik dan pembicara Dr. Will Tuttle; pembuat film pemenang beberapa Penghargaan Emmy Cary Brown; penyanyi opera soprano Kerry Walsh; produser film sukses Julie Bergman Sender; dan dua orang MC acara malam tersebut, pembuat film pemenang beberapa Penghargaan Emmy Lionel Friedberg dan aktris Mariana Tosca.

Serangkaian pertunjukkan-pertunjukkan musik yang indah bertaburan bintang dimulai dengan komposer pemenang Oscar dan Grammy, David Shire yang mengiringi penyanyi sopran Lynne Wintersteller; diikuti oleh yang lainnya termasuk anggota pendiri Beach Boys yang legendaris, Al Jardine; dan vokalis pemenang Penghargaan Tony, Melba Moore yang menyanyikan musik dari komposer pemenang Oscar dua kali Al Kasha—dimana semuanya menghadirkan lagu-lagu yang diinspirasi oleh puisi Maha Guru Ching Hai.

Selama acara gala, para hadirin merayakan peluncuran perdana buku, Dari Krisis Menjadi Damai: Vegan Organik adalah Jawabannya, buku kumpulan pesan-pesan Maha Guru Ching Hai mengenai lingkungan, yang memberikan pandangan jelas dari penyebab pemanasan global dan cara untuk menyelamatkan Bumi ini. Selain itu, para hadirin juga menikmati debut film Burung-Burung Surgawi, yaitu sebuah penampilan film animasi berdasarkan buku penjualan terbaik internasional #1 karya Maha Guru Ching Hai, Burung-burung dalam Hidupku.

Acara puncak di malam tersebut adalah sebuah pidato dari Maha Guru Ching Hai, dimana Guru berbicara mengenai betapa berharganya hidup manusia sekaligus juga tindakan untuk menyelamatkannya. Selain itu, Guru juga mengungkapkan informasi spiritual tertentu untuk pertama kalinya, yang menegaskan lagi pemahaman baru mengapa berpola makan vegan organik adalah yang terpenting demi masa depan yang bahagia untuk semua orang.


  Dalam menghormati kehadiran dukungan mereka di Cancún selama COP16, Guru dengan penuh kasih mengundang para seniman makan pagi bersama yang dipersiapkan secara pribadi oleh Guru. Jamuan vegan yang lezat ini dinikmati oleh semua orang dalam suasana yang hangat dan ramah

Kasih dalam Tindakan yang Terus Menerus dari Maha Guru Ching Hai

Tanggal 9 Desember, atas undangan dari Yang Terhormat Paty Meneses de Hernández, Ibu Walikota Cancún dan pimpinan badan kesejahteraan sosial untuk Kotamadya Benito Juarez, Maha Guru Ching Hai menghadiri acara pembukaan musim pastoran Natal di Colonia Avante, dan membagi-bagikan hadiah yang disiapkan oleh para anggota Asosiasi kami kepada semua anak-anak, termasuk pakaian, permen sekaligus juga donasi Guru sejumlah US$10.000 yang diberikan dalam amplop-amplop keberuntungan. Selain itu, untuk mendukung kampanye kesejahteraan “Lindungi sebuah Keluarga,” Guru dengan penuh kasih menyediakan 250 selimut ekologis kepada keluarga-keluarga yang kurang beruntung di Leona Vicario agar mereka dapat menikmati Malam Natal yang nyaman dan hangat.

Mari kita bergabung bersama dunia untuk berterima kasih kepada semua peserta Konferensi Perubahan Iklim atas upaya bersama mereka di Cancún, Meksiko, termasuk kepada para pemimpin pemerintah, para LSM, media dan para individu. Kami khususnya berterima kasih kepada Maha Guru Ching Hai atas kasih dan perhatian sejati Guru bagi negara-negara di seluruh dunia yang menghadapi tantangan bersama ini. Doa kami semoga para pemimpin dunia dapat membuat keputusan yang paling bijaksana untuk menyelamatkan planet ini, khususnya perubahan darurat menuju gaya hidup vegan organik. 

Untuk menyaksikan sorotan-sorotan utama dari kunjungan Guru di Cancún, Meksiko, selama Konferensi Perubahan Iklim PBB COP16, silakan kunjungi: http://video.godsdirectcontact.net/magazine/WOW1620j.php