Laporan Khusus
Memasuki Zaman Keemasan - Kota Santiago di Filipina Menetapkan Hari Vegetarian

Oleh Grup Berita Formosa (Asal bahasa Inggris)

 

Kasih dan usaha yang telah ditunjukkan Maha Guru Ching Hai dalam membimbing orang-orang dan Pemerintah terhadap gaya hidup yang welas asih telah menumbuhkan rasa tanggung jawab di berbagai belahan dunia. Kurang dari dua minggu setelah Kota Ghent di Belgia menyatakan hari Kamis sebagai "hari vegetarian," Kota Santiago di Filipina mengikutinya dengan mengeluarkan sebuah resolusi pada tanggal 25 Mei, Tahun Emas 6 (2009) dalam rapat khusus Dewan Kota untuk mempromosikan gaya hidup welas asih yang bebas hewani dalam rangka menyelamatkan Bumi kita. Wali Kota Amelita S Navarro kemudian memilih hari Jumat sebagai "Hari Vegetarian" untuk melaksanakan undang-undang yang mulia tersebut.

Pada pertemuan khusus Dewan Kota, resolusi tersebut ditandatangani dan diikuti dengan presentasi visual oleh Wali Kota Navarro atas dampak dari topan yang terjadi baru-baru ini dan seminar singkat SOS yang diselenggarakan oleh para anggota Asosiasi kami. Wali kota mengatakan bahwa hari yang ditetapkan itu sesuai dengan tradisi Kristen Jumat Tanpa Daging. Beliau menyatakan komitmennya untuk menerapkan pola makan vegetarian dan mengundang anggota Dewan Kota untuk bergabung dengannya untuk menjadi teladan bagi warga mereka dengan pemahaman bahwa pola makan vegan dapat menyelesaikan 80% dari krisis pemanasan global.

 
   
  Piala Penghargaan APMA diberikan kepada Guru

Rapat dewan dan seminar SOS terlaksana setelah Wali Kota Navarro mengundang Guru untuk menjadi pembicara utama di Konvensi Auxiliary Tahunan ke-102 yang diselenggarakan pada tanggal 21 Mei di Manila. Karena jadwal-Nya yang padat, Guru mengirimkan para wakil termasuk para dokter yang membahas perihal pemanasan global dan manfaat pola makan nabati dengan atas nama Beliau dalam konvensi tersebut. Walikota Navarro, yang juga Presiden dari Pembantu Asosiasi Medis Filipina (APMA), menganugerahi Guru dengan Trophy Penghargaan atas usaha Beliau dalam menyebarkan pesan vegetarian untuk menyelamatkan Bumi kita. Wali kota juga menyampaikan keprihatinannya yang mendalam bagi para korban tanah longsor dan banjir di kotanya akibat topan yang terjadi baru-baru ini dan mengundang para anggota kami untuk menyelenggarakan seminar SOS bagi warga Kota Santiago.

 
   
Nyonya Cruz dan Cecile Alvarez, Direktur Eksekutif NCCA (paling kanan) menerima buku Burung-burung dalam Hidupku atas nama Perpustakaan Nasional Filipina  

Begitu mendengar penderitaan para korban topan Santiago, Guru dengan penuh Kasih memberikan sumbangan sebesar US$10.000 dan meminta para anggota kami untuk menyampaikan rasa simpati dan doa-Nya untuk pemulihan mereka yang cepat. Dana diserahkan kepada Wali Kota Navarro di seminar SOS pertama yang diselenggarakan oleh para anggota Asosiasi kami bagi para pejabat kota dan para pemimpin barangay di Museum Kota Santiago. Kemurahan hati Guru mendapatkan Puji Syukur yang hangat dari seluruh pengunjung. Pemerintah kota kemudian menyelenggarakan makan malam vegetarian yang pertama kali untuk acara ini. Seminar kedua berhasil mencapai lebih dari 1.000 pegawai kota dan menarik banyak perhatian media. Wali kota Navarro menunjukkan penghormatan yang besar bagi Guru, dengan menggantungkan sebuah spanduk besar bertuliskan "Selamat Datang Maha Guru Ching Hai." Pada seminar terakhir, lebih dari 150 akademisi muda membaca keras-keras, Manifesto bertandatangan dengan judul "Kami berkomitmen pada Vegetarisme."

 
   
  Surat ucapan terima kasih dari Kota Santiago atas sumbangan Guru senilai US$10.000 untuk para korban topan

Sebelum kembali ke Formosa, para anggota Asosiasi kami mengunjungi Presiden Komisi Nasional Budaya dan Seni (NCCA), Nona Cecile Alvarez, dan menyumbangkan 2.000 salinan buku terlaris Guru Burung-burung dalam Hidupku pada tanggal 26 Mei kepada Direktur Perpustakaan Nasional, Nyonya. Prudenciana C. Cruz, yang mengungkapkan penghargaannya atas hadiah yang bermanfaat dan kasih Guru dan berkata ia akan mendistribusikan buku-buku tersebut kepada semua afiliasi perpustakaan umum di Filipina.

Marilah kita ucapkan selamat kepada Wali Kota Navarro, Pemerintah Santiago, dan semua warganya untuk bergabung dalam upaya dunia untuk menciptakan planet yang penuh kasih, damai, dan harmonis melalui pola makan yang penuh welas asih.

Untuk menyaksikan wawancara dan liputan Walikota Santiago, Filipina mempromosikan vegetarisme di Supreme Master TV, silakan kunjungi: http://video.Godsdirectcontact.net/VIP/Santiago.php