Love in Action

Nikaragua

Membawa Kenyamanan Materi dan Pesan Penuh Harapan

Oleh Tim Bantuan Kosta Rika (Asal bahasa Spanyol)

 

Pada tanggal 2 Juni 2009, seminggu setelah banjir di Nikaragua yang terjadi baru-baru ini, tim bantuan yang dibentuk oleh para anggota Asosiasi kami di Kosta Rika pergi ke Palang Merah setempat di Managua untuk mengumpulkan informasi tentang keluarga-keluarga yang tertimpa bencana yang mungkin memerlukan bantuan. Mereka senang mengetahui tidak ada korban dari bencana banjir ini. Akan tetapi, mereka diberitahu bahwa ada sebuah komunitas yang terdiri dari 236 keluarga (sekitar 1.000 orang dewasa dan 500 anak-anak)  yang dipindahkan dari lingkungan mereka di Manchester karena banjir di Danau Nikaragua pada bulan November 2008 yang sangat membutuhkan bantuan. Kolonel Rafael Ramirez dari Sistem Nasional untuk Pencegahan, Pengurangan, dan Perhatian terhadap Bencana (SINAPRED) memberitahukan kepada mereka bahwa keluarga-keluarga ini sekarang tinggal di Kota Tipitapa, 35 km dari Managua. Selama berkunjung ke kota ini, tim bantuan mengamati bahwa semua keluarga tinggal di bangunan yang sangat sederhana, yang terbuat dari seng dan kertas karton, yang tidak ada listrik atau air. Truk air datang setiap dua atau tiga hari, dan setiap keluarga harus mengisi ke tong air mereka masing-masing. Selain itu kebanyakan kepala rumah tangga adalah penganggur, sehingga mereka sangat membutuhkan bantuan makanan.

Dengan sumbangan Guru yang penuh kasih sebesar US$12.000, tim bantuan membeli 130  kakus dan 278 pipa plastik untuk mengalirkan air dari sumur yang baru dibangun ke rumah mereka yang kecil. Masing-masing keluarga menerima ember, lentera gas, dan makanan dalam jumlah besar termasuk beras, tepung, kacang polong, minyak, dan sedikit benih buah serta benih sayur yang bisa mereka tanam di sekitar penampungan mereka agar dapat memenuhi kebutuhan sendiri. Para warga sangat gembira saat menerima hadiah ini. Mereka menyanyikan lagu rohani dan puisi di bawah sinar rembulan dan beberapa di antara mereka berkata bahwa mereka adalah kaum miskin yang bahagia! Mereka mengirimkan salam mereka kepada Guru dan bersyukur atas apa yang mereka terima. Seorang anak perempuan ingin mengirimkan kepada Guru sebuah batu berbentuk kaki yang dilukis dengan indah, yang merupakan milik dia satu-satunya. Para warga memahami ajaran spiritual dari Guru dan ingin memajang spanduk Asosiasi kami di komunitas mereka.

Tim bantuan juga mengambil kesempatan untuk menyebarkan pesan tentang pemanasan global beserta solusinya di Managua. Selain mendistribusikan 10.000 lembar selebaran SOS, mereka juga memberikan presentasi yang berjudul “Mari Bersama-sama Hentikan Pemanasan Global” kepada sekitar 80 murid dan profesor dari Universitas Nikaragua (Universidad Nacional Autonoma de Nicaragua). Mereka diundang untuk berbicara kepada lebih banyak pendengar pada bulan depan dan sekalian menyediakan makanan vegetarian sebagai dorongan agar orang-orang beralih ke gaya hidup yang penuh kasih. Universitas ini juga akan memasang parabola di kampus mereka dan di universitas negara lainnya untuk mengakses Supreme Master TV. Direktur Departemen Lingkungan di Universitas Central Amerika (Universidad Centroamericana) berencana untuk bekerja sama dengan Asosiasi kami dalam proyek Pemanasan Global mendatang. Palang Merah setempat juga mengundang para inisiat untuk memberikan tiga seminar perubahan iklim pada bulan Juli dan mengajarkan cara memasak vegetarian kepada para pegawai dan peminpin mereka dari 16 komunitas.

Tim bantuan sangat terkesan oleh kemurnian warga setempat dan keterbukaan mereka untuk berubah. Dengan semakin banyak orang yang segera bergabung dalam lingkaran vegan yang welas asih, planet kita akan benar-benar terselamatkan.

Pengeluaran Maha Guru Ching Hai
untuk Bantuan Bencana Banjir di Nikaragua

 

Deskripsi

Jumlah (US$)

Tana terima

Makanan (beras, kacang merah, minyak, tepung jagung, bawang, garam)

2.682

N1

Toilet beton semen (130 sets). Pipa PVC dan transportasi.

5.920

N2

Perbekalan bantuan (lampu topan, ember air, mangkuk plastik, dan tas)

1.010

N3

Biaya lain-lain

165

N4

Jumlah

US$9.777

 

· Selama operasi bantuan tersebut, rekan-rekan inisiat membiayai sendiri biaya transportasi, makanan dan akomodasi.

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)