Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang Dunia

Seorang Menteri Negara yang Berani

♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Oleh Grup Berita Korea (Asal bahasa Inggris)

Pada bulan Mei Tahun Emas 5 (2008), pemerintah Zambia mengeluarkan hukum larangan merokok di tempat-tempat umum dan jika melanggar akan dikenakan hukuman penjara selama dua tahun atau didenda sebesar  K400.000 (US$121). Dalam pernyataannya kepada wartawan, Menteri Negara urusan Pemerintahan Daerah dan Perumahan, Ibu Sylvia Masebo berkata, “Saya terpaksa harus mengeluarkan instruksi hukuman penjara bagi mereka yang merokok di tempat-tempat umum dan tidak mempedulikan kenyamanan orang lain, dan larangan merokok di tempat-tempat umum ini penting sekali karena dampak-dampak berbahaya yang perokok berikan kepada yang bukan perokok dan terpaksa harus menjadi perokok pasif. Masyarakat harus yakin bahwa program “Membuat Zambia Bersih” ini bertujuan lebih luas dan tidak hanya dimulai dari kalangan pemerintah saja tapi juga dari kebersihan masyarakat dan itu termasuk menghentikan kegiatan merokok di tempat-tempat umum.”

Atas aksi tegasnya yang penuh kasih dan bijaksana, para perwakilan dari Maha Guru Ching Hai memberikan Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang Dunia kepada Ibu Masebo pada tanggal 19 Mei 2009 di gedung Parlemen yang kemudian disiarkan oleh sebuah stasiun televisi setempat MUVI TV dan juga di koran The Post. Ketika menerima plakat kristal yang indah ini, Ibu Masebo dengan gembira berkata, “Terima kasih banyak atas Penghargaan yang amat mulia ini. Saya menerima penghargaan ini atas nama pemerintah Zambia dan rakyat Zambia. Saya juga tidak menyangka bahwa beberapa kebijakan pemerintah Zambia ini sebenarnya berdampak positif tidak hanya kepada rakyat Zambia saja tetapi juga di seluruh dunia. Saya akan sampaikan penghargaan ini kepada pemerintah dan tentu saja kepada rakyat Zambia. Jika Anda memberlakukan larangan merokok di tempat-tempat umum, maka akan lebih banyak lagi rakyat Anda yang sehat. Mereka yang tidak merokok akan terlindungi.”

Negara-negara lain di Afrika seperti Kenya, Tanzania, dan Uganda juga telah memberlakukan larangan ini. Kami berterima kasih kepada Ibu Masebo atas keberanian dan kemimpinannya yang penuh kasih, bijaksana, dan mulia dalam membantu mencipkan sebuah dunia yang lebih sehat dan lebih baik bagi semua kehidupan.

 

Referensi: http://www.znbc.co.zm/media/news/viewnews.cgi?category=9&id=1211996213


Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang hal-hal indah yang terjadi di dunia kita, silakan kunjungi arsip penghargaan kami yang diberikan sepanjang tahun, termasuk Penghargaan Bulanan, pada situs web berikut:
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gv/