Lintasan Peristiwa

Australia

 

Bekerja Bersama-sama Menyelamatkan Planet Kita

 

Oleh Grup Berita Australia (Asal bahasa Inggris)

[Australia] Untuk menyebarkan berita mendesak mengenai pemanasan global, rekan inisiat Australia bekerja bersama-sama untuk menyampaikan pesan kepada 75% dari 20 juta penduduk Australia termasuk mereka yang di kota-kota kecil di daerah perdesaan.

Cakupan media mereka yang dimulai pada akhir bulan Mei termasuk:

Peluncuran media nasional dengan pengumuman berita kepada ratusan saluran
Iklan TV selama 3 minggu di 3 saluran komersil dan 6 bulan di sebuah saluran khusus selama waktu-waktu sibuk dan tidak sibuk
Sebuah jaringan situs www.askMOREnow.com.au dengan informasi untuk mendukung daerah lokal
Wawancara di radio, TV, dan surat kabar
Iklan media cetak di surat kabar utama
Pemasangan poster bandara selama tiga bulan di ibukota politik, Canberra, dimana politikus sering terbang
Sebuah kampanye tertulis kepada para politikus, departemen pemerintah, dan ratusan dewan. Kepatuhan terhadap kaji ulang pemerintah untuk memastikan keputusan kebijakan yang akan datang adalah berdasarkan infomasi yang benar. Forum-forum online, melakukan percakapan timbal baik, dan banyak lagi
Ini adalah demonstrasi selama hari pengumuman berita nasional, menunjukan emisi metana (balon merah) dan karbon dioksida (balon kuning) dari sapi. Tongkat ukur mengindikasikan bagaimana kenaikan tingkat laut akan mempengaruhi beberapa real estate paling mahal di Australia

Banyak inisiat yang setia dan berdedikasi dari tiap negara bagian yang turut membantu dengan cara apapun yang memungkinkan. Sebuah konsultan media humas dipakai untuk menyiapkan peralatan informasi bagi semua jenis saluran media, termasuk pengumuman berita dan informasi pendukung. Para inisiat juga dilatih bagaimana menangani wawancara dan menyampaikan pesan-pesan SOS, Asosiasi, dan Guru kita dengan sesering mungkin dan dengan sikap profesional.

Sebagai hasil “lemparan bola” konsultan humas, banyak saluran media yang mewawancarai para inisiat dan mengudarakan berita-berita penting. Dengan memonitor forum dan pertunjukkan debat, mereka sangat gembira mengetahui bahwa kampanye itu berhasil; hal ini telah membuat orang berhenti dan berpikir. Sebuah wawancara diadakan dengan AAP, yang dikirim ke semua media dengan kabel berita, bahkan beberapa saluran internasional menayangan beritanya. Ini menjadi sebuah artikel surat kabar di halaman 3 Sun Herald, sebuah surat kabar Melbourne yang besar, dan di News.com online serta di berita-berita lain yang mendapatkan tanggapan cukup besar.

Tiga iklan TV nasional dibuat untuk kampanye. Mereka bisa dilihat di www.askMOREnow.com.au
Poster-poster diperlihatkan di bandara Canberra untuk mengingatkan semua orang, terutama politikus-politikus, mengenai kampanye ini. Australia akan hilang karena mencairnya es. Sebuah gambar berbicara seribu kata!! 

Sebagai tambahan, dua pengumuman 15 detik ditempatkan pada jam sibuk TV, yang pertama memberi sinyal pada masyarakat tentang daruratnya pemanasan global dan yang kedua menyoroti  hubungan antara diet daging dan gas rumah kaca. Keduanya bisa dilihat di halaman jaringan, askMOREnow.com.au, yang didukung oleh bukti ilmiah, tindakan-tindakan yang diambil, infromasi mengenai vegetarisme dan Guru, pernyataan tokoh-tokoh terkemuka, dan sebuah forum diskusi.

Sekarang ini, para inisiat sedang mempelajari bagaimana caranya mempengaruhi pemerintah agar memasukan emisi pertanian dalam usulan skema perdagangan karbon. Kegiatan mendatang mungkin melibatkan kelompok-kelompok iklim lain, demonstrasi, dan kegiatan penyebaran di internet seperti kartun dengan email. Mereka dengan teguh percaya bahwa tetap bersatu merupakan kesempatan untuk memenangkan pertarungan melawan pemanasan global.



Tiga buah iklan nasional dibuat untuk kampanye. Ia juga bisa dilihat di jaringan situs askMORTnow

Mendinginkan Planet Melalui Diet Vegie

Oleh Grup Berita Sydney (Asal bahasa Inggris)

[Sydney] Pada tanggal 15 Juni, Tahun Emas 5 (2008), Masyarakat Vegan NSW menyelenggarakan Pameran Vegan kedua di pusat Kota Sydney. Peristiwa yang dinamakan “Mendinginkan Planet Sedikit Demi Sedikit,” juga didukung oleh “Voiceless” – sebuah organisasi hak hewan Australia yang aktif. Suasana hari itu sangat hidup dan terdapat banyak hiburan dan makanan vegan yang lezat. Rekan inisiat Sydney mempunyai sebuah stan yang menampilkan pesan-pesan SOS Guru, spanduk Cara Hidup Alternatif dan Supreme Master TV, serta Buku Hewan-hewan Liar yang Mulia. Resep-resep vegan dan DVD Guru tentang daruratnya pemanasan global diputar selama pameran.




Sungguh  indah mendengar bahwa beberapa pengunjung sudah pernah melihat pesan perubahan iklim Guru melalui saluran TV nasional. Banyak anak-anak  berdiam di stan untuk waktu yang cukup lama untuk menyaksikan video SOS dan mereka tampaknya sangat peduli dengan dampak pemanasan global.  Ada seorang wanita yang berpikir untuk beralih ke diet yang lebih welas asih ini, khususnya ia ingin tahu apakah diet vegan itu sehat bagi bayi. Ia terheran-heran mengetahui bahwa anak perempuan seorang rekan inisiat yang berusia 1 ˝ tahun ternyata  kuat, sehat, enerjik, dan telah menjadi vegan sejak lahir. Hal iiu lebih  meyakinkannya untuk beralih ke diet vegan. Banyak pengunjung yang mendorong para inisiat untuk meneruskan pekerjaan baik tersebut dan mengatakan bahwa harus lebih banyak orang yang menyebarkan pesan-pesan kritis ini. Beberpa tamu di tempat itu ingin mengetahui di mana bisa membeli buku Hewan-hewan Liar yang Mulia. Mereka juga memperkenalkan dua buku Guru lainnya yang paling laris, Anjing-anjing dalam Hidupku dan Burung-burung dalam Hidupku.

Banyak terima kasih kepada Masyarakat Vegan NSW yang mengadakan peristiwa yang baik ini, yang memberi inspirasi kepada lebih banyak orang untuk menjalankan diet vegetarian atau vegan, dan menyoroti hubungan antara pemanasan global dan pilihan makanan kita.