Lintasan Peristiwa

Umat manusia berada di persimpangan yang kritis karena terus dimanja oleh kebiasaan lamanya yang mempercepat pemanasan global. Dengan hati yang penuh kasih serta keadaan yang sangat mendesak, maka Maha Guru Ching Hai berbagi kebijaksanaan-Nya melalui selebaran yang baru untuk menyadarkan umat manusia tentang keharusan yang mendesak untuk mengadopsi gaya hidup alternatif demi membantu membalikkan pola perubahan iklim. Selebaran "SOS - Jadilah Vegetarian! Jadilah Hijau!" tidak hanya menampilkan fakta buruk, tetapi yang lebih penting lagi adalah agar kita beralih ke kehidupan yang berkelanjutan. Guru telah memberi pesan yang jelas: Diet Vegetarian, gunakan energi yang terbarukan, dan terapkan teknologi hijau adalah pilihan yang harus dilakukan oleh semua orang dan harus dimulai dari sekarang.

Selebaran dalam berbagai bahasa dapat diunduh di sini:
http://suprememasterchinghai.net/sos.htm


 

Selandia Baru

 

Gerak Jalan Vegetarian Pertama

Oleh Grup Berita Wellington (Asal bahasa Inggris)

[Wellington] Pada tanggal 31 Mei, Tahun Emas 5 (2008), lima hari sebelum Wellington menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Dunia, orang-orang dari seluruh lapisan masyarakat di Selandia Baru bergabung untuk pertama kalinya dengan satu pesan bersama: “Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi.” Mereka berbaris melalui pusat kota, memegang  plakat yang bertulisan pesan-pesan seperti “Diet Hijau = Bumi Hijau” dan “Vegetarisme Tidak Akan Membebani Bumi.” Gerak Jalan Vegetarian ini diadakan oleh rekan-rekan inisiat lokal yang bekerja sama dengan organisasi-organisasi lain dan persertanya dikoordinasi dari seluruh Center Selandia Baru.

Lebih dari 100 orang ikut bagian dalam pawai itu. Baik orang dewasa maupun anak-anak mengenakan kostum hewan atau sayur-sayuran, menyanyikan pesan-pesan SOS dan membagikan spanduk di sepanjang jalan. Para pengguna jalan berhenti sejenak untuk mengambil foto atau menunjukkan dukungannya. Dua penyanyi profesional vegetarian menyanyikan lagu-lagu indah mengenai Bumi. Sebuah himbauan masyarakat seribu kata dibacakan untuk mendesak masyarakat “kembali ke cara hidup yang mulia dan welas asih: mencintai sesama penhuni Bumi, apakah itu manusia atau hewan, menghormati ciptaan dan Planet Bumi kita.” Himbauan yang sama ini direncanakan akan segera dipublikasikan di sebuah surat kabar nasional.
Honorable Marian Hobbs (left), MP for Wellington City, receiving gifts from a representative of the Earth Walk Group.

Ketika pawai dilanjutkan ke The Beehive,  tempat kedudukan Parlemen, kamera TV dan para wartawan datang untuk meliput peristiwa itu. Yang Terhormat Marion Hobbs, MP Kota Wellington, menerima kelompok itu atas nama Perdana Menteri. Ibu Hobbs memberikan kata sambutan kepada para pejalan kaki dan mengatakan bahwa anak lelakinya juga seorang vegan yang ketat, dan setelah itu mendapatkan sorakan luar biasa dari kerumunan! Ia menerima hadiah dari pejalan kaki – sebuah pohon, sekeranjang buah-buahan dan sayur-sayuran organik yang menyimbolkan sebuah gaya hidup yang lebih berkelanjutan dan juga sepucuk surat untuk Perdana Menteri. Surat itu ditandatangani oleh Grup Pejalan Bumi, termasuk Masyarakat Vegetarian Selandia Baru, Gereja Advent Hari Ketujuh, Selamatkan Hewan dari Eksploitasi (SAFE), Pemuda Hijau (pemuda dari Partai Hijau), dan kelompok Hare Krishna yang meminta pemerintah untuk memberikan prioritas yang tinggi  dalam mempromosikan diet berbasis tumbuhan dan mendidik masyarakat tentang hubungan yang dekat antara diet daging dan pemanasan global. Jalan kaki yang ramai ini diakhiri dengan lagu “Berilah Veg sebuah Kesempatan” dengan mengikuti irama lagu “Berilah Damai Sebuah Kesempatan.” dari John Lennon.