Lintasan Peristiwa

Formosa

Hasil yang Melimpah dalam Menganjurkan Diet Vegetarian dalam Negara

Combined Reports by Formosa News Groups (Originally in Chinese)

[Formosa] Pada malam Hari Bumi, 22 April, Tahun Emas 5 (2008), Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai membentuk “Persatuan Tanpa Daging Tanpa Panas” dengan lebih dari lima puluh kelompok hijau untuk meluncurkan “Jadilah Vegetarian untuk Mendinginkan Bumi – Kampanye Tanda Tangan Jutaan Orang di Hari Bumi 2008” dan kemudian mempublikasikan deklarasi yang dipersatukan. Dengan pengabdian dan usaha keras dari setiap orang, target pengumpulan tanda tangan tercapai sebelum Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni. Lebih dari 1,19 juta orang menandatangani Deklarasi dan bergabung dengan kekuatan “Tanpa Daging Tanpa Panas”. Pada tanggal 3 Juni, perwakilan dari Asosiasi kita bersama dengan Anggota DPR Lin Hong-chi, Tian Qiu-jin, dan individu lain mengadakan Konferensi Laporan Hasil di Rumah Organisasi Non-Pemerintah Internasional di Taipei. Banyak anggota media termasuk jaringan televisi, stasiun radio, surat kabar, dan Internet membuat laporan menyeluruh. Pada tanggal 28 Mei, Menteri Shen Shu-hong dari Administrasi Perlindungan Lingkungan Hidup mengumumkan “10 Tindakan Utama Bagi Pengurangan Karbon” yang termasuk “Makan lebih banyak makanan vegetarian atau sayuran, makan lebih sedikit daging, dan berusaha keras untuk menggunakan makanan yang ditanam secara lokal.” Ia memproklamasikan bahwa Presiden Ma Ying-jeou secara pribadi telah mempraktikkan ikrar penghematan energi ini.

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

Taipei] Pada tanggal 15 Juni, Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai diundang untuk berpartisipasi dalam Karnaval Hewan Peliharaan yang diadakan oleh Organisasi Penyelamat Satwa dan Pemerhati Kehidupan Taiwan. Di tempat acara, rekan inisiat membagikan brosur SOS dan menunjukkan video pemanasan global. Mereka juga mempersembahkan buku-buku Guru kepada Anggota Dewan Kota Taipei, Chen Jian-ming, dan Perwakilan Kota Tu-cheng, Nyonya Zheng Zhao-ci, yang keduanya sangat mendukung usaha keras Guru dalam menganjurkan diet vegetarian dan kasih bagi para satwa. Mereka berkata bahwa mereka akan mengikuti pengukuran penghematan energi dan memotivasi publik serta organisasi pemerintahan untuk melawan pemanasan global bersama-sama.

Pada tanggal 18 Juni, rekan inisiat mengunjungi Pusat Tahanan Shilin untuk mempromosikan kampanye “Tanpa Daging Tanpa Panas”. Sebagai tambahan, mereka menyiapkan 20 hidangan vegetarian yang lezat dan menarik untuk para tahanan, mereka juga memutar video pemanasan global yang informatif di tempat acara dan memberikan penjelasan yang tepat waktu kepada pada hadirin. Direktur Chen dari pusat tahanan sangat berterima kasih atas pesta yang direncanakan dengan seksama ini, yang memberikan para tahanan kesempatan untuk melakukan bagian mereka untuk menyelamatkan Bumi melalui diet vegetarian. Ia kemudian mempersembahkan sebuah surat penghargaan kepada Asosiasi kami, sementara perwakilan kami memberikannya buku Guru, Hewan-hewan Liar yang Mulia, dan Deklarasi Tanpa Daging Tanpa Panas sebagai balasan.

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Taoyuan] Taman Kanak-Kanak yang bergabung dengan Sekolah Dasar Datong di Kota Yan Mei mengadakan upacara tamat sekolah pada tanggal 21 Juni. Anggota Asosiasi kami diundang oleh Kepala Sekolah mereka, Bapak Wu Fo-deng untuk mengadakan kegiatan pendidikan yang menginspirasi anak-anak kecil untuk menghargai kehidupan, mencintai hewan, dan memahami krisis global yang disebabkan pemeliharaan ternak. Walikota Bapak Peng Sheng-fu juga datang dan mengajak semua orang untuk menjalani diet vegetarian, karena inilah diet terbaik untuk kesehatan kita dan cara yang paling efektif dan cepat untuk mengatasi pemanasan global.

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Hsinchu] Pada tanggal 5 Juni, di Taman Ilmu Hsinchu Asosiasi kami mengadakan konferensi pers yang mengumumkan bahwa target mengumpulkan satu juta tanda tangan yang mendukung Deklarasi Tanpa Daging Tanpa Panas telah terlampaui. Tamu yang hadir termasuk pegawai pemerintah, wakil masyarakat, kalangan akademis, wakil tata usaha, dan CEO dari seratus perusahaan lebih. Wakil walikota Chen Chuan-gui, Hakim Perwakilan Daerah Hsinchu Peng Guang-zheng, Direktur Umum Yen Tsong-meng dari Administrasi Taman Ilmu, dan pegawai lainnya yang mewakili pemerintah, semuanya menyerukan kepada masyarakat untuk menjalani diet vegetarian dan memulai gaya hidup baru yang ramah lingkungan dan hemat energi. Setelah menandatangani Deklarasi, semua orang menikmati pesta mewah makanan vegetarian murni yang lezat yang disiapkan dengan hati-hati oleh anggota Asosiasi kami.  

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Taichung] Pemerintah Taichung dengan penuh semangat mempublikasikan aturan pengurangan karbon dan meluncurkan proyek “Kamis Hijau” yang dimulai pada tanggal 14 Juni. Selain meminta warganya untuk mengurangi daging setiap hari dan pantang daging pada hari Kamis, pemerintah juga menasihati agar mereka mematikan lampu, menggunakan tangga, beralih ke transportasi umum atau naik sepeda, dan tindakan konkret lainnya untuk mengurangi emisi CO2. Bersama dengan para penasihat dan pegawai pemerintah, Wakil Walikota Xiao Jia-qi dari Kota Taichung dan istrinya menjadi teladan vegetarian dengan menyantap makanan vegetarian beberapa hari dalam seminggu agar hal ini dapat dicontoh orang lain. 

Di kota dan wilayah Taichung, banyak guru dan murid dari sekolah menengah pertama dan sekolah dasar yang jumlahnya lebih dari 300 orang telah menjalani diet vegetarian setelah menerima informasi perubahan iklim yang terakhir yang disediakan oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai. Lebih dari setengah jumlah sekolah tersebut akan mulai, terutama sekolah yang baru untuk menyediakan makanan vegetarian murni paling sedikit sekali seminggu. Para pejabat sekolah juga meminta untuk menyediakan lebih banyak perlengkapan audio dan visual untuk dipertontonkan kepada para guru dan siswa. 

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Changhua] Beberapa organisasi dari Universitas Pendidikan Nasional Changhua, termasuk Klub Peduli Lingkungan, Klub Jinde, Klub Ci-Tsing, dan Klub Won-Won, yang bekerja sama dengan Persatuan Tanpa Daging Tanpa Panas dan Biro Perlindungan Lingkungan Wilayah Changhua, melakukan kampanye sejuta tanda tangan di Stadion Wilayah Changhua dan Stadion Universitas Pendidikan Changhua dari tanggal 9 hingga 13 Mei. Kampanye tersebut dilakukan selama Pertandingan Olah Raga Antar Perguruan Tinggi Nasional dan mendapatkan dukungan yang hangat dari para pendidik serta pelajar dari perguruan tinggi di seluruh negeri. Selama pertandingan olah raga, sekitar 2.000 orang menandatangani deklarasi tersebut dan mengakui faktor yang sangat penting dari diet vegetarian untuk menghentikan pemanasan global.

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Chiayi] Pada tanggal 3 Juni, anggota Asosiasi kami dari Pusat Chiayi diundang untuk berbagi informasi dalam menangani pemanasan global demi menyelamatkan Bumi di Sekolah Dasar Tai Xing di Kotapraja Kouhu, Wilayah Yunlin. Pada hari itu, mereka menyediakan makan siang untuk semua guru dan murid di sekolah, memutar video “Devour the Earth”, dan melakukan kegiatan pengumpulan tanda tangan “Tanpa Daging Tanpa Panas” yang mendapat tanggapan yang sangat baik dari para guru dan murid.   

Bapak Kepala, Hong Jian-de terus memuji Asosiasi kami karena telah mengadakan kegiatan pendidikan yang berarti ini. Beliau yakin bahwa para guru dan murid yang ikut berpartisipasi telah memahami gawatnya pemanasan global dan buruknya dampak dari diet daging bagi lingkungan. Beliau mendorong setiap orang untuk mulai mendapatkan dukungan dengan melibatkan lebih banyak guru dan murid untuk mempengaruhi masyarakat umum.

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Tainan] Untuk membantu generasi muda memahami dan menaruh lebih banyak perhatian terhadap krisis pemanasan global, rekan inisiat dari Tainan secara aktif melakukan kegiatan peduli di berbagai sekolah. Pada bulan Mei dan Juni, mereka berbagi pesan di kampus-kampus dari sekolah dasar hingga universitas dan menerima tanggapan yang sangat positif. Para pendidik dan siswa benar-benar mendukung “Kampanye Sejuta Tanda Tangan Tanpa Daging Tanpa Panas,” dan berjanji mengikuti kegiatan pengurangan karbon dengan tindakan nyata untuk menyelamatkan Bumi! Kepala Sekolah Shi-Xiu-jin dari sekolah menengah pertama Yu Zheng secara pribadi menyampaikan Piagam Penghargaan kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai atas usahanya yang tekun.    

Kegiatan pendidikan termasuk mempertontonkan kepada pelajar video perubahan iklim yang ditayangkan di Supreme Master Television, laporan lengkap yang informatif, dan “Hidden Tears behind the Iron Wall” (Air Mata Tersembunyi di balik Tirai Besi) agar benar-benar menggambarkan kekejaman yang dialami hewan. Sebuah kuis dengan hadiah telah memperkuat kenyataan dan menciptakan kesan yang lebih dalam di kalangan pelajar. Para pemimpin mengatakan bahwa informasi yang dikumpulkan oleh rekan inisiat kami sudah cukup menunjukkan krisis-krisis yang dialami manusia yang disebabkan oleh pemanasan global. Hal ini benar-benar merupakan pelajaran berharga bagi para pelajar. Setelah presentasi, makanan lezat vegetarian yang sangat menarik disajikan kepada semua orang untuk dinikmati. Banyak kepala sekolah yang mendorong para pelajar untuk lebih banyak konsumsi makanan vegetarian untuk memperkecil dampak bagi Bumi dan membawa pulang informasi yang disediakan untuk dibagikan kepada keluarga, sehingga mereka juga bisa melihat keuntungan diet yang menyehatkan dan ramah lingkungan, serta mulai mengikutinya. 

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Hualien] Untuk mendukung Hari Lingkungan Dunia pada tanggal 5 Juni, anggota Asosiasi kami dari Hualien menyediakan makanan vegetarian murni untuk semua anggota staf Kantor Kehutanan Stasiun Namhua dan Departemen Pendidikan dari Pemerintah Wilayah Hualien pada hari tersebut. 

~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~☆~~

[Penghu] Pada tanggal 8 Juni, saat Perayaan Perahu Naga, Center Penghu  berpartisipasi dalam Pesta Kebun Makanan yang diadakan oleh Pemerintah Wilayah Penghu untuk berbagi berita penting tentang pemanasan global dan cara-cara menyelamatkan Bumi. Selain membagikan selebaran SOS dan brosur Mengatasi Pemanasan Global, para inisiat juga menyajikan makanan kecil vegetarian murni yang lezat dan menyehatkan, makanan ini mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat.   

Pada tanggal 19 Juni, dalam kunjungan ke Televisi Kabel Penghu, rekan inisiat bertemu dengan presiden dari jaringan tersebut, Bapak Huang Ji-xiang untuk mengucapkan terima kasih dan menyajikan kepadanya beberapa buku Guru, Piagam Penghargaan, dan hadiah lainnya atas dukungannya yang sungguh-sungguh dalam menyiarkan acara-acara Supreme Master Television setiap hari pada Public Channel  3. (Silakan lihat laporan terkait dalam majalah #196)

Ketika bertemu dengan Walikota Wilayah Penghu, Bapak Wang Qian-fa pada tanggal 24 Juni, rekan inisiat menjelaskan kepadanya betapa mendesak dan kritisnya situasi dari pemanasan global, dengan menekankan efek buruk peternakan hewan terhadap lingkungan. Walikota wilayah tersebut mengambil langkah secepatnya. Beliau menginstruksikan sekretarisnya untuk mengumpulkan dan menyusun informasi yang berhubungan. Beliau juga menghubungi departemen-departemen terkait dan media, lalu mulai memikirkan berbagai strategi untuk mendorong warga Penghu untuk bergabung dalam kampanye “Selamatkan Energi, Kurangi Emisi Karbon, dan Atasi Pemanasan Global melalui Diet Vegetarian”. Pada tanggal 1 Juli, pada papan elektronik di perempatan yang paling ramai di Kota Magong, ada pesan: “Bapak Walikota Huang Qian-fa menyerukan kepada semua warga untuk menghemat energi demi mengurangi emisi karbon, mendorong setiap orang untuk menyantap makanan vegetarian untuk mengatasi pemanasan global, mengurangi berkendaraan dan lebih banyak berjalan, meminimalkan penggunaan pendingin udara, menanam lebih banyak pohon;... Mari kita lakukan yang terbaik untuk menyelamatkan Bumi...” Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Walikota Huang atas kebijaksanaannya, langkah yang efisien dan cepat, dan kami mengharapkan agar warga Penghu bergabung dalam gerakan hijau dan vegetarian secepatnya. 

Seminar untuk Mendorong Tindakan Tepat Dalam Mengurangi Emisi Karbon

Oleh Grup Berita Nantou (Asal bahasa China)

   
 
Media lokal membawa laporan lengkap seminar pengurangan karbon kepada pemirsa di seluruh negara
   

[Nantou] Untuk mendukung Hari Lingkungan Dunia dan menjamin kelanjutan hidup seluruh makhluk hidup di Bumi, Center Nantou dan Taichung dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengadakan seminar pemanasan global dan pameran yang bekerja sama dengan Universitas Asia dan Departemen Pendidikan pada tanggal 4 Juni. Tema dari kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Asia adalah “Bertindak Sekarang untuk Mengurangi Emisi Karbon Global.” Tamu-tamu istimewa termasuk Presiden Universitas Asia Chang Horng-jinh, Lin Chien-yih; Dekan Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan, Chen Ting-ko; Dekan Perguruan Tinggi Management, juga ada banyak pembuat undang-undang, pegawai pemerintah, dan pengusaha. Para ahli dan pelajar mendiskusikan berbagai hal dalam topik pemanasan global dengan menyelidiki bukti-bukti dari survei luar angkasa, dampak pemeliharaan ternak, pertanian organik, dan energi berkelanjutan. Diskusi dilengkapi dengan pertunjukan mobil energi surya dan contoh-contoh turbin angin yang disediakan oleh beberapa organisasi.   

Dalam seminar tersebut, anggota Asosiasi mengumumkan berita baik berikut ini: “Lebih dari 1,19 juta orang telah menandatangani petisi ‘Tanpa Daging Tanpa Panas’, dan Kantor Kepresidenan secara resmi menambahkan aturan ‘makanlah lebih banyak vegetarian dan kurangi daging’ pada Hari Lingkungan Hidup Dunia dengan Deklarasi Pengurangan Karbon.” Lebih dari 400 tamu dan hadirin menaikkan tangan kanan mereka dan berikrar dengan keras “Jadilah Vegetarian, Bertindak Hijau, Selamatkan Bumi!” Hal ini menunjukkan keputusan mereka untuk bertindak dalam menyelamatkan kehidupan di planet kita. Rekan inisiat dari Center Nantou menyediakan 500 suguhan gratis makanan dan minuman vegetarian untuk semua tamu. Banyak yang mengacungkan jempolnya dan memuji: “Makanan vegan tidak hanya lezat, tapi juga bisa menyelamatkan Bumi!” 

Kami berterima kasih atas liputan yang mendetil dalam kegiatan ini yang dilakukan oleh berbagai media termasuk Commercial Times, Liberty Times, United Daily News, Central Life Cable Network, Super FM99.1, National Education Radio, dan website vegan www.suiis.com. Dengan berkat Tuhan serta dukungan pemerintah dan media, kami berharap setiap orang akan bekerja sama untuk mencapai sesuatu yang bisa diraih “Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi!”