Gaya Hidup Zaman Keemasan

Mengubah Sampah Menjadi Emas
- Pembangkit Tenaga Metana

Oleh rekan inisiat di China Daratan  (Asal dalam bahasa China)

China mempunyai penduduk agraris yang sangat besar. Dan ada banyak petani yang memotong pohon serta membabat rumput untuk memasak makanan atau menghangatkan rumah. Sebenarnya hal ini sangat menghamburkan tenaga dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang lebih parah. Dalam hal ini, pengembangan sumber energi yang dapat diperbaharui, seperti metana, tenaga surya, tenaga hidro-elektrik kecil*, dsb., tidak saja dapat memperbaiki gaya hidup petani, tetapi juga mengurangi menipisnya jumlah tumbuh-tumbuhan yang terus digunakan untuk menghasilkan energi.

Sejak tahun 2000, Kementerian Pertanian China sudah mengatur dan mengadakan Pengembangan Penyokong di Daerah Perdesaan melalui Pengenalan Teknologi Biologi Terpadu dengan tema untuk melindungi ekologi pedesaan, serta meningkatkan pendapatan petani. Produksi pertanian berkaitan erat dengan kehidupan petani, dan proyek tersebut sudah dijalankan dalam skala penuh di 1.000 daerah lebih di negara tersebut. Pelaksanaan dari proyek ini dimulai dari keluarga sebagai kelompok dasarnya. Pemerintah membimbing petani untuk mengubah hasil panen dan gaya hidup yang telah ketinggalan zaman ke arah penggunaan tanah, energi surya, dan sumber-sumber biologi secara efektif. Bagian terpenting dari proyek ini adalah pembangkit tenaga metana di pedesaan.

Tenaga metana di pedesaan dapat menghemat energi dan mendukung perlindungan lingkungan. Itulah sebabnya disebut Revolusi Energi di daerah pedesaan. Setelah selesai melakukan perbaikan struktur toilet dan kandang hewan; maka kotoran manusia dan hewan, jerami beras, serta sampah sehari-hari juga dapat dijadikan bahan baku untuk menghasilkan metana. Kompor metana dapat digunakan dengan mudah untuk memasak makanan dan tidak mengeluarkan asap atau debu, oleh karena itu tidak merusak kesehatan. Metana tidak saja dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak makanan, tetapi juga untuk daya penerangan serta memanaskan air untuk mandi. Metana yang masih padat dan cair dapat digunakan sebagai pupuk organik yang dapat mencegah penyakit maupun hama pada tanaman. Akibatnya, lingkungan dan kesehatan petani semakin membaik; pembakaran dari batang jerami serta batu bara berkurang, dan pada akhirnya dapat mengurangi polusi lingkungan. Karena itu proyek metana telah membawa manfaat yang penting bagi ekologi, masyarakat, dan ekonomi di daerah perdesaan.

Sementara itu, pembangkit tenaga metana telah meluas ke perkotaan. Baru-baru ini Kota Beijing telah sukses menghasilkan metana di Tempat Pembuangan Sampah Ansuwei di Daerah Changping untuk pembangkit energi. Ini adalah untuk pertama kalinya China memanfaatkan sampah dari tempat pembuangan sampah kota untuk menghasilkan metana untuk tenaga listrik di China bagian utara. Dengan demikian proyek ini telah mengatasi masalah bau dari tempat pembuangan sampah dan masalah keamanan dari emisi metana. Ia juga telah memperbaiki lingkungan di sekitarnya dan pada waktu bersamaan menghasilkan tenaga listrik untuk disalurkan ke tujuh belas ribu keluarga dalam satu tahun di Beijing.

* Tenaga hidroelektrik kecil menggunakan arus air dari sungai dekat perdesaan yang letaknya di bukit atau daerah pegunungan untuk menghasilkan listrik, dan biasanya kurang dari 10 KW. Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan langsung ke penduduk desa tanpa melalui transmisi tegangan volt.