Gaya Hidup Zaman Keemasan

Olympiade Beijing Menerapkan Konsep Hijau

Oleh rekan inisiat di China (Asal dalam bahasa China)

Seiring dengan meningkatnya kesadaran global terhadap perlindungan lingkungan, maka Beijing telah menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Pesta Olahraga Olympiade 2008 yang akan dilangsungkan di Beijing akan menerapkan semboyan Olimpiade Hijau, Olimpiade Berteknologi Tinggi, dan Olimpiade Rakyat. Pembangunan proyek Olimpiade mengikuti tuntutan zaman untuk ramah ekologi dalam hal konservasi energi, perlindungan lingkungan, serta penggunaan sumber air yang efisien.

Acara utama Olimpiade akan dilaksanakan di Stadion Nasional Beijing, yang juga dikenal sebagai Sarang Burung yang dirancang untuk pengolahan air hujan. Air hujan akan ditampung dan diolah untuk menyiram rumput, sistem ventilasi pendingin, dan untuk penggunaan kamar mandi, proyek penghijauan, serta persediaan air pemadam kebakaran. Hal ini diharapkan dapat menghemat kira-kira 60.000 ton air setiap tahunnya.

Pusat Air Nasional – atau Kubus Air – dilapisi dengan selaput kertas perak ETFE*. Cahaya matahari yang menembus selaput tersebut telah membuat pencahayaan buatan sehingga tidak diperlukan pencahayaan lagi di dalam bangunan pada siang hari serta dapat menjaga suhu air di kolam renang. Rancangan ini juga telah mengurangi pemakaian listrik sebesar 30 persen. Selain itu daur ulang air kolam renang melalui sistem penyaringan rangkap dua dan sistem pengolahan air hujan di bawah tanah menggambarkan rancangan yang cerdas dari konservasi air dan tanaga.

Gedung Stadion Nasional didirikan di atas pondasi yang dibangun dari ampas bijih, atau sisa peleburan baja. Tindakan pelopor dengan mendaur ulang bahan telah mengkonsumsi 80.000 ton ampas bijih lebih untuk menghasilkan dampak kedap air yang baik. Panel surya yang dipasang pada atap dapat menghasilan 100.000 kilowatt listrik setiap harinya.

Fasilitas ramah ekologi lainnya termasuk Gedung Olah Raga Gulat yang mengandalkan cahaya alam secara keseluruhan; Stadion Tenis Meja yang dipasang dengan saluran panas bawah tanah yang dapat menyediakan panas alam pada musim dingin, serta menyalurkan panas maupun dingin ke stadion pada musim panas. Sistem pemanas surya seluar 6000 meter persegi akan menyediakan air panas untuk kamar mandi di Perkampungan Olympiade, tempat dimana 16.800 atlet dari berbagai negara akan tinggal. Setelah Olympiade, sistem ini akan terus memasok air panas ke lebih dari 2.000 rumah tangga di daerah tersebut, dan hal ini merupakan contoh sempurna dari perlindungan lingkungan yang efisien serta pemanfaatan sumber alam yang sangat baik. Kami berharap agar ”Olympiade Hijau” akan berhasil dan menjadi sebuah contoh bagi belahan dunia lainnya.

* ETFE merupakan film plastik yang transparan, ringan, dan tipis yang dianggap sebagai salah satu bahan bangunan yang paling hemat energi dan ramah lingkungan. Ketika dua atau beberapa lapis ETFE bersama-sama dipasang dan ruang di antaranya mengembang, maka mereka akan membentuk bantal udara yang dapat bertahan lama yang dapat digunakan untuk melapisi tembok luar dan atap bangunan.