Kasih dalam Tindakan

India

Kasih Tuhan kepada Anak-anak Himalaya

Dihimpun dari Supreme Master Televisi, Episode 105

Lama Tenzin (Onchung Rinpoche) adalah pendiri Anak-anak Himalaya (Himalayan Kids), yang merupakan sebuah proyek Pengembangan Pendidikan Anak-anak (Children’s Education Development, CED), sebuah organisasi nirlaba yang melestarikan kebudayaan Tibet kuno dengan memberi bantuan kesehatan serta pendidikan kepada anak-anak muda dari Dolpo dan desa-desa Himalaya lainnya. Misi mereka adalah memberikan perhatian, lingkungan positif, dan pendidikan modern kepada anak yatim piatu, kaum papa, dan anak-anak kurang beruntung di perbatasan wilayah Himalaya tanpa memperdulikan ras, agama, maupun kasta.

Lama Tenzin adalah seorang vegetarian dan anak-anak di panti asuhannya di India Utara semuanya bervegetarian murni dan juga bermeditasi. Mereka menanam makanan organik mereka sendiri dan sangat menikmati hidup mereka. Semua anak di sana mengalami perubahan yang sangat besar; banyak dari mereka yang sebelumnya bahkan tidak mengetahui hal-hal mendasar seperti bagaimana meminum air dari gelas, juga sangat baik saat mengejar pendidikan di sekolah, belajar bahasa Inggris dan hal-hal lainnya.

Untuk mendukung pekerjaan mulia dan dermawan dari Lama Tenzin, Maha Guru Ching Hai dengan murah hati menyumbangkan US$10.000 untuk membantu  anak-anak di panti asuhan itu. Pada bulan Februari, Tahun Emas 4 (2007), Lama Tenzin menulis sebuah surat yang mengungkapkan penghargaannya atas sumbangan tepat waktu dari Guru saat mereka sangat membutuhkannya untuk membayar uang sekolah bagi 19 orang anak. Beliau menulis, ”Salah satu dari pengalaman yang paling menyentuh adalah ketika semua anak mendapatkan berita bahwa mereka dapat pergi ke sekolah untuk tahun ajaran baru di bulan April 2007 dan ketika kami memandang ke mata mereka dan melihat bagaimana hidup mereka telah berubah dan impian mereka untuk melanjutkan pendidikan dapat menjadi kenyataan, hati kami pun sangat gembira.”

Dia berkata bahwa pertolongan Guru sangat penting terhadap kehidupan anak-anak dan berdampak positif terhadap hidup di generasi mendatang di daerah perbatasan Himalaya.

Keterangan:
1. Lama Tenzin (Onchung Rinpoche)
2. Surat penghargaan dari Lama Tenzin atas sumbangan Guru sebesar 10.000 dolar Amerika Serikat