Kasih dalam Tindakan

Bolivia

Membawa Kasih Guru kepada Para Korban Banjir

Oleh Tim Penyelamatan Bolivia (Asal dalam bahasa Spanyol)

Hujan deras, luapan sungai, dan tanah longsor yang terjadi di Bolivia akibat fenomena “El nino” baru-baru ini telah membawa begitu banyak penderitaan bagi penduduk di sana. Sehubungan dengan derasnya hujan dan banjir, penduduk juga terkena serangkaian penyakit seperti demam kuning, demam tulang, malaria, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan, kulit, penyakit usus, dan lain-lain. Karena keadaan darurat yang terjadi di Bolivia dan atas instruksi dari Guru, maka pada tanggal 14 April, Tahun Emas 4 (2007), dibentuk sebuah tim penyelamatan. Dua anggota tim yang berasal dari Florida, Amerika Serikat, dan satu anggota tim lainnya yang berasal dari Kosta Rika berangkat ke negara Amerika Selatan ini.

Pertama-tama, kami pergi ke beberapa daerah bencana yang terpencil di wilayah Santa Cruz dan menemukan bahwa situasi terburuk telah berlalu dan tempat itu sekarang berada dalam tahap pemulihan. Maka, kami terbang dengan menggunakan “Air Express” menuju kabupaten Beni dan dari sana pergi ke Kota San Ramón dan San Joaquín. Sementara terbang, kami menyaksikan sekitar 15 juta hektar dari keseluruhan 23 juta hektar tanah daerah itu diliputi oleh banjir. Seakan-akan kami terbang melintasi karpet hijau kotor yang basah. Selain itu, ada banyak rumah yang roboh, pohon yang tumbang, dan orang-orang yang tinggal dalam tenda plastik. Stadion olah raga juga ditempati oleh para korban akibat meluapnya Sungai Marmore, karena mereka telah kehilangan rumah.

Guru memberi sumbangan sebesar US$10.000 untuk membeli obat-obatan dan kelambu bagi daerah bencana. Kelambu sangatlah penting karena ada banyak nyamuk di daerah itu, dan dengan cara ini maka akan menghindari banyak pembunuhan.

Atas bantuan wakil Palang Merah, Dr. Cesar Ligeron, kami mendapatkan daftar obat-obatan yang sangat dibutuhkan untuk mengobati penyakit yang paling berbahaya dan umum, serta vitamin untuk perawatan terhadap korban yang kekurangan gizi. Kira-kira dalam seminggu, kami telah berjumpa dengan walikota dan penduduk di setiap kota. 150 kg obat dan 350 buah kelambu telah kami bagikan kepada para korban di San Ramón dan San Joaquín.

Di Guayaramerin, sebuah kota yang terletak di perbatasan antara Bolivia dan Brazil kami membagikan 300 kelambu dan 188 kg obat. Kami juga diwawancarai oleh beberapa saluran TV dan wartawan pers serta media komunikasi yang berbeda. Mereka sangat terkesan pada Asosiasi kita dan rasa welas asih Guru.

Kantor Kotamadya dari setiap kawasan yang kami kunjungi menulis surat pernyataan terima kasih kepada Maha Guru Ching Hai; mereka menunjukkan keterbukaan dan rasa terima kasih yang besar. Mereka juga memberitahu kepada kami bahwa kami merupakan satu-satunya organisasi swasta yang pergi sedemikian jauh untuk membagikan bantuan yang sangat mereka butuhkan dan dalam waktu yang begitu singkat.

Perjalanan itu merupakan perjalanan yang penuh dengan petualangan dan kami bertemu dengan begitu banyak penduduk Bolivia yang murni dan baik hati, termasuk seorang supir taksi. Dia menarik ongkos yang sangat sedikit, tanpa meminta tambahan apapun selama menunggu. Bahkan suatu malam kira-kira pada pukul 11, supir itu datang ke hotel untuk memberikan kami sekantung kelapa dingin karena pada hari itu kami mencoba mencari air kelapa untuk memuaskan dahaga tetapi tidak beruntung untuk mendapatkannya. Kami tidak menduga akan mendapatkan perlakuan yang istimewa tanpa ongkos apapun.  Tetapi kami memberikan uang tip atas pertolongannya yang murah hati dan atas kebaikannya. Akhirnya, kami memberinya sebuah bros foto Guru sebagai hadiah dan dia segera memasang bros tersebut di bajunya.

Aspek indah lainnya dari perjalanan tersebut adalah membawa kasih Guru kepada saudara dan saudari inisiat di Bolivia lainnya yang tidak pernah melihat Guru secara langsung. Mereka begitu gembira bertemu dengan kami dan pada malam terakhir kami di Bolivia, kami bermeditasi bersama sampai matahari terbit. Kami merasakan persaudaraan sejati, kedekatan sebuah keluarga, karena kami terhubungkan oleh kasih yang sama dari Bunda kita yang murah hati.

pada akhirnya, kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kami kepada Guru terkasih karena selama perjalanan tersebut kami ditakjubkan oleh keajaiban yang tidak dapat dipahami, dimana hanya Tuhan sajalah yang dapat membuatnya mungkin dengan cara yang begitu sempurna sehingga kami dapat menyelesaikan misi seperti itu di negara yang sangat asing.

Keterangan: Surat penghargaan dari walikota  San Ramón, Guayaramerín, dan San Joaquín.

Pengeluaran Dana untuk Pekerjaan Bantuan terhadap Korban Banjir di Bolivia oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau
Keterangan Jumlah (Bolivianos)

Receipt No.

Obat-obatan

45.110,89

A

Kelambu

20.416,00

B

Transportasi

13.597,80

C

Total:

79.124,69

(US$10.066,75 )