Teknologi Zaman Keemasan

Proyek BioSUB –  
Suatu Petualangan Terhadap Kehidupan Hijau  
yang Berkesinambungan, di Bawah Air!

Oleh Grup Berita Australia (Asal dalam bahasa Inggris) )

Selama tiga belas hari, dari 5 – 18 April, Tahun Emas 4 (2007), ahli biologi laut Australia Lloyd Godson tinggal di habitat pertama di dunia yang mandiri serta berkesinambungan di bawah air dengan menggunakan sistem penunjang hidup berdasar pada tumbuh-tumbuhan.  Proyek BioSUB terdiri dari satu kapsul berukuran kontainer kecil.  Ia bernafas dengan udara dari ganggang yang mengeluarkan oksigen melalui pertukaran gas Biocoil, yang disirami dengan air seni yang di daur ulang.  Biocoil adalah lengkungan, tube plastik yang berisi air yang mempunyai jutaan sel tunggal ganggang yang disebut Chlorella. Ganggang  mengeluarkan oksigen dari karbondioksida nafas yang dikeluarkan Lloyd dalam proses yang disebut fotosintesis. Ini adalah pertama kalinya manusia bernafas dari oksigen yang dihasilkan tumbuhan.

Cahaya buatan dipergunakan sebagai katalis dalam proses ini, digerakkan dengan energi yang dapat diperbaharui.  Ia juga menanam makanannya dengan menggunakan sumber cahaya. Lloyd mengendarai sepeda untuk menghasilkan listrik untuk mensirkulasi ganggang, mengisi baterai laptop, berolah raga dengan energi listrik yang disediakan oleh sel surya di luar kontainer selama 13 hari ia tinggal dalam lingkungan mandiri dan asing.

Lloyd berkata, “Sebagian yang saya lakukan adalah untuk pendidikan, bagian lain mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan menggunakan teknologi baru, serta melihat bagaimana orang bertahan hidup dalam lingkungan asing dan terisolasi secara psikologis, dan bagian terakhir adalah murni petualangan.”  Proyek ini bertujuan untuk menyemangati orang untuk berpikir mengenai kesinambungan hidup, memperlihatkan prinsip ilmu pengetahuan sehubungan dengan kesinambungan dan mencari tahu hal bagaimana manusia dapat hidup dalam lingkungan asing.

Walaupun NASA dan biro ruang angkasa lainnya memiliki banyak teknologi untuk bertahan hidup pada lingkungan tersebut, keberhasilan proyek ini terletak pada kesederhanaan dan biaya rendah.  Suatu proses yang dapat ditiru orang biasa yang tertarik terhadap kehidupan hijau mandiri dan dapat diperbaharui.  Ganggang yang rendah hati adalah sumber utama keberhasilan, dan juga dengan makanan hebat seperti spirulina dan juga berguna untuk membersihkan saluran air.

Sehubungan dengan peningkatan kesadaran manusia dan perkembangan teknologi, kami percaya kita akan mampu mengeksplorasi secara bebas kehebatan dunia-dunia lain, apakah itu dibawah tanah, dibawah air atau diluar angkasa; untuk menemukan keindahan tersembunyi dari ciptaan Tuhan.  Petualangan praktis ini akan membuktikan bahwa kita mampu bertahan hidup dengan energi hijau dan sistem penunjang berdasarkan tumbuh-tumbuhan.  Lebih lanjut proyek BioSUB Lloyd Godson bukan hanya sebagai inspirasi gerakan energi hijau tapi juga saksi yang menyemangati dimana seorang manusia dapat berhasil menggapai mimpinya bagaimanapun juga. Seperti lirik pada Biosong, “Lakukan, Hidupi Mimpimu.” (www.biosub.com.au/the_biosong.htm).

 

Referensi: http://www.biosub.com.au/

Keterangan:
1. Ahli biologi laut Australia Lloyd Godson dan habitat bawah airnya
2. Photobioreakto tubular Biocoil
3. Alga