Guru Bercerita

Cintailah Musuhmu

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret International 5 hari ,
Hsihu, Formosa,  24 Februari 2007 (Asal dalam bahasa Inggris)  

Jadi, tak peduli apapun agama kita, kita seharusnya menjadi contoh dari kasih Ilahi dan pengorbanan. Lalu, setiap orang akan terkesan, bahkan musuh-musuh kita. Berbicara tentang musuh, kita benar-benar harus mengasihi musuh-musuh kita,  apakah kalian tahu itu?  Karena mereka akan kembali, lalu kalian harus mengasihi mereka. Mereka kembali sebagai suami, anak lelaki, atau anak perempuan kalian. Itulah caranya agar kalian harus mencintai musuh-musuh kalian! Kalian melakukannya sekarang atau kalian harus kembali lagi dan melakukannya nanti. Kalian dapat melakukannya secara sukarela atau kalian harus melakukannya atas perintah Raja Karma.

Seorang lelaki meninggal dunia dan ia pergi ke neraka. Lalu Raja Hades menyambut lelaki itu di depan takhtanya bersama dengan satu orang lainnya, dan ia berkata. “ Anda, Tuan Johnson, berhutang uang kepada Nyonya Smith dalam jumlah yang sangat banyak, akan tetapi Anda belum membayarnya. Karena itu, ia menuntut Anda karena Anda belum membayarnya. Tetapi saya pikir, Anda tidak akan pernah bisa membayarnya kembali pada kehidupan yang akan datang jika Anda menitis kembali sebagai manusia, karena Anda tidak mempunyai pahala dalam rekening pahala Anda dan Anda tidak akan memiliki uang sama sekali dalam kehidupan yang berikutnya. Karena itu, saya akan membuat Anda menjadi seekor kuda atau mungkin seekor kerbau sehingga Anda dapat bekerja selama hidup Anda. Anda bisa menarik gerobak dan terus membawa dia berkeliling ke mana-mana selama hidup Anda sampai Anda membayar kembali hutang Anda. Keadaan ini mungkin akan berlanjut hingga ke kehidupan Anda yang berikutnya.”

Lelaki itu, orang yang berhutang uang itu, berkata: “ Oh, Raja, mungkin itu bukanlah ide yang bagus. Meski saya menjadi seekor kuda atau kerbau atau seekor anjing atau apapun, saya tak akan pernah bisa membayar habis utang saya kepadanya. Jadi, mengapa Anda tidak membuat saya  menjadi ayahnya saja dan saya akan membayar dia sepanjang hidup saya?” (Gelak tawa) Dari saat kelahirannya, saya akan terus membayar, membayar, dan membayar. Dalam kasus ini, ia akan membayarnya dengan sangat senang hati, penuh kasih dan bahkan dengan bangga: “Ya, itu adalah anak perempuan saya. Saya membayar seratus ribu dolar untuk kuliahnya. Lihatlah bagaimana ia sekarang. Saya masih membayar uang sewa apartemennya. Dia ingin sebuah helikopter dan saya akan berusaha membelikannya. Jadi, hal itu benar-benar mirip dengan “Cintailah musuhmu!” Kalian harus mencintai mereka sekarang, jika tidak maka kalian harus kembali dan bahkan harus lebih mencintai mereka.