Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang Dunia

 

Kosta Rika-
Sebuah Negara yang Damai
♥♥♥♥♥♥

 

Disusun dari Supreme Master Televisi, Episode 212

 

Pada tanggal 10 April, Tahun Emas 4 (2007), Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mempersembahkan Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang Dunia kepada Presiden Oscar Arias Sanchez. Upacara tersebut diselenggarakan di auditorium Rumah Kediaman Presiden, karena Beliau telah menghapus militer di negara itu, mempromosikan perdamaian, dan memberi contoh yang mulia untuk pemerintah yang lain. Anggota staf kepresidenan, Ibu Salome Casorla, menerima kehormatan itu atas nama Presiden Arias, yang sedang pergi ke Meksiko. Ibu Casorla menyampaikan pesan Presiden:

Selamat sore para anggota, staf Kepresidenan, tamu-tamu istimewa, dan para anggota pers:

Bagi saya ini merupakan suatu kehormatan yang besar. Atas nama Presiden Republik, Doktor Arias Sanchez ingin mengucapkan terima kasih atas plakat Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang Dunia yang diberikan oleh Maha Guru Ching Hai atas kebijakan tanpa militer di negara kami.

Kosta Rika adalah negara yang damai dalam pengertian yang luas. Pada tanggal 1 Desember 1948, mantan Presiden Jose Figueres Ferrer menghancurkan Barak Bellavista dengan sebuah palu besar. Ini adalah  simbol penghapusan tentara di Kosta Rika. Kita adalah negara pertama di dunia yang mengambil langkah ini, dan kami berharap agar negara lain segera mengikuti langkah kita dan sepakat untuk menciptakan perdamaian, mengejar keadilan, menjamin hak asasi  manusia, serta perlindungan umat manusia.

Kekuatan penghancuran umat manusia telah mencapai batas-batas yang tidak terbayangkan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, hari ini kita menyatukan aspirasi akan perdamaian. Karena hanya ada satu kekuatan di dunia ini yang lebih kuat daripada energi atom, bom, tank, dan granat, dan itu adalah keinginan kita.

Presiden Republik, pemenang Hadiah Perdamaian Nobel, adalah seorang simbol internasional yang berjuang untuk demiliterisasi. Ini bukan sebuah kejadian kecil atau hanya dalam lingkup nasional kami saja; hal ini adalah ungkapan rakyat Kosta Rika kepada dunia dimana kita dapat hidup dengan aman tanpa senjata dan sebaliknya. Kita dapat menciptakan dunia yang lebih aman saat kita melucuti senjata.

Setelah menerima penghargaan, Ibu Casorla membuka sebuah plakat marmer sebagai pengakuan dari Maha Guru Ching Hai. Pada bagian bawah plakat tertulis dalam bahasa Spanyol: “Pada tanggal 1 Desember 1948, Presiden Kosta Rika Jose Figueres Ferrer menghapus tentara nasional setelah kemenangan dalam perang rakyat di negara tersebut. Sejak saat itu, selanjutnya dana dalam anggaran federal yang sebelumnya dipersembahkan untuk militer dapat digunakan untuk pendidikan, kesehatan, dan kebudayaan. Pada tahun 1986, untuk memperingati peristiwa ini, Presiden Oscar Arias Sanchez mendeklarasikan tanggal 1 Desember sebagai Hari Penghapusan Militer di Kosta Rika.”

Plakat tersebut akan diletakkan di Kota San Jose agar seluruh rakyat dapat melihat. Dalam suratnya kepada Maha Guru Ching Hai, Presiden Arias menulis, “Kami berharap agar Plakat Pengakuan ini akan dilihat dan dilihat lagi, sehingga bahkan walaupun plakat ini telah rusak, akan tetapi pesan perdamaian yang terkandung di dalamnya tidak akan pernah hilang ditiup angin.”

Semoga Tuhan memberkahi rakyat Kosta Rika yang indah dan penuh perdamaian dan semoga perdamaian tercipta di seluruh dunia.

Keterangan:
1. Presiden Kosta Rika Oscar Arias Sanchez
2. Ibu Salome Casorla (di tengah), anggota staf Kepresidenan, menerima penghargaan atas nama Presiden Arias
3. Ibu Casorla dan plakat pengakuan marmer dari Maha Guru Ching Hai
4. Surat dari Presiden Oscar Arias Sanchez kepada Maha Guru Ching Hai dan Asosiasinya
5. Televisi setempat saluran 7, 11, 13 dan beberapa surat kabar Al Dia, Diario Costa Rica, Tico Times, Diario Extra, dan sebagainya, telah meliput kejadian ini.

The Tico Times, Kosta Rika, 13 April 2007 (Asal dalam bahasa Inggris)
Surat kabar “Diario Extra”, Kosta Rika, 10 April 2007 (Asal dalam bahasa Spanyol)
Surat kabar “Al Dia”, Kosta Rika, 10 April 2007 (Asal dalam bahasa Spanyol)
Surat kabar “Diario Costa Rica”, 6 Mei 2007 (Asal dalam bahasa Spanyol)
Saluran TV “TeleTica 7”, Kosta Rika, 10 April 2007 (Asal dalam bahasa Spanyol)