Laporan menurut kriteria dan penilaian Guru

Amerika Serikat: Padamkan Rokok
Atau Denda 500 Dolar

Oleh Saudara-inisiat Leron Rabinowiz,
Los Angeles, California, Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

 

Seorang pelajar sekolah menengah atas yang baru lulus, Margo Arnold ♥♥♥ meminta kepada pihak yang membuat undang-undang di Calabasas untuk meluluskan hukum perlindungan bagi perokok pasif.

Pada hari Jumat, 17 Maret Tahun Emas 3 (2006), merokok telah dilarang di semua area umum di Kota Calabasas, Los Angeles. Calabasas merupakan kota satelit yang makmur di barat Lembah San Fernando. Daerah ini telah menarik perhatian internasional karena merupakan daerah yang telah melarang orang merokok di ruang terbuka umum. Mereka yang melanggar akan dikenakan denda 500 dolar atau tuntutan hukum bila tertangkap merokok di wilayah larangan merokok.

Merokok telah dilarang di dalam ruangan untuk beberapa waktu, tapi sekarang juga telah berkembang ke daerah terbuka seperti trotoar, jalan, teras restoran, pusat perbelanjaan, serta tempat parkir.

Sebuah artikel di harian New York Sun memberikan saran agar larangan yang sama dapat diikuti oleh lebih banyak kota yang lain. Artikel ini menunjukkan hasil pengumpulan suara dimana 75% penduduk New York berharap agar larangan merokok di pintu masuk gedung-gedung dan ruang terbuka umum diberlakukan.

Kampanye larangan merokok terus berjalan dengan sukses. Riset menunjukkan bahwa orang Amerika telah kehilangan toleransinya terhadap rokok yang pernah menjadi simbol budaya negara itu. Negara bagian lain yang ekonominya tergantung dari tembakau sekarang bahkan telah menyarankan warganya untuk berhenti merokok. Hilang sudah ikon iklan Joe Camel dan Pria Marlboro dari papan iklan utama di Amerika Serikat. Iklan tersebut digantikan oleh maklumat antirokok. Di samping itu, merokok telah dilarang di semua penerbangan domestik Amerika Serikat, serta kebanyakan penerbangan dari dan ke Amerika Serikat, karena tekanan dari berbagai kelompok seperti Action on Smoking and Health (ASH), yang didirikan oleh Profesor John F. Banzhaf ♥♥♥.

Dalam sebuah wawancara dengan Washington File, Profesor Banzhaf yang mengajar hukum di Sekolah Hukum George Washington di Washington, mengatakan bahwa masyarakat umum di Amerika telah berubah sikapnya terhadap rokok dan tembakau. Dia meneruskan, “Toleransi kita terhadap rokok telah berkurang. Sekarang kita telah mulai melarang rokok dan perubahan besar telah terjadi dibanding beberapa tahun yang lalu.”

Untuk daftar lengkap mengenai larangan merokok di seluruh dunia, kunjungi situs: http://www.suprememasterchinghai.tv/no_smoking.htm (Hanya dalam bahasa Inggris)

Referensi:
Daftar larangan merokok http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_smoking_bans

Bacalah peraturan perlindugan bagi perokok pasif di Calabasas
 http://www.cityofcalabasas.com/pdf/agendas/council/2006/021506/item2-O2006-217.pdf
http://www.smokinghurts.com/News.htm