Laporan menurut kriteria dan penilaian Guru

 

Zaman Keemasan yang Bebas Rokok
Telah Dimulai

Oleh Grup Berita Inggris (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada tahun 1987, negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui sebuah resolusi yang mencanangkan Hari Bebas Tembakau Sedunia, yang bertujuan untuk mengurangi 3,5 juta kematian setiap tahun akibat masalah kesehatan yang berhubungan dengan rokok. Sejak tahun 1988, tanggal 31 Mei dijadikan hari peringatan di seluruh dunia untuk menarik perhatian dunia atas wabah tembakau serta kematian yang dapat dicegah maupun penyakit yang diakibatkannya.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran terhadap risiko merokok, banyak negara yang memberlakukan larangan merokok. Amerika Serikat, dengan industri tembakau terbesar di dunia dan berbagai kasus pengadilan yang sangat menarik perhatian, telah menunjukkan jalan. Pada tahun 1990, San Luis Obispo, California, telah menjadi kota pertama di dunia yang memberlakukan undang-undang yang melarang merokok di dalam ruangan pada bangunan publik. Sejak itu, sejumlah kota dan negara telah mengikuti jejaknya. Beberapa yang baru bergabung disoroti di bawah ini.

Setelah melakukan usaha yang terkoordinasi selama empat tahun, kesepakatan dicapai pada bulan Mei 2003 di antara negara anggota WHO dalam perjanjian global “Peraturan Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC)”. Sejak itu, banyak negara anggota WHO menandatangani dan mengesahkan perjanjian tersebut. Setelah pengesahan yang ke-40 (oleh Peru), perjanjian tersebut diberlakukan pada bulan Februari 2005. Sampai hari ini, 168 negara telah menandatangani perjanjian tersebut, dan 141 telah mengesahkannya, sehingga menjadi bagian yang secara hukum terikat oleh peraturan dan perjanjian FCTC.

Perjanjian kesehatan publik yang bersejarah ini telah memberikan panduan untuk mengendalikan penggunaan tembakau, dan ini merupakan langkah maju bagi kesehatan penduduk semua bangsa serta merupakan peristiwa penting bagi kerja sama internasional.

Eropa sebelumnya terkenal dengan kebiasaan merokok yang sudah mendarah daging, tetapi baru-baru ini telah menjadi pemimpin dalam undang-undang yang melarang rokok. Sejak tahun 2004, Irlandia, Norwegia, Italia, Malta, Swedia, dan Skotlandia telah melarang orang untuk merokok di tempat umum; banyak negara lain yang telah berencana untuk memperkenalkan undang-undang yang sama. Pada tahun 2003, UE mengesahkan peraturan yang mengharuskan semua negara anggota untuk melarang iklan tembakau pada semua penerbitan, di radio dan di Internet, terhitung dari tanggal 31 Juli 2005.

Hal yang sama juga terjadi di berbagai tempat di dunia. Negara-negara Islam seperti Iran dan Suriah baru-baru ini mengesahkan undang-undang anti rokok yang menyeluruh. Semakin banyak cendekiawan Islam mengategorikan tembakau sebagai “haram” – dilarang dalam agama Islam, yang memicu pengusulan undang-undang baru oleh para pemimpin pemerintahan. Oleh sebab itu, hampir semua negara Islam sekarang mungusulkan larangan merokok.

Ringkasan berikut ini memberikan gambaran sekilas mengenai gerakan global yang fenomenal ini.

Nepal adalah negara terakhir yang bergabung ke dalam FCTC, dengan melakukan pengesahan pada tanggal 7 November 2006. Pada bulan Juni, seorang pejabat pemerintah mengumumkan bahwa negara tersebut berencana untuk melarang merokok di tempat-tempat umum, dan juga melarang pemasangan iklan tembakau di media cetak, sesuai peraturan dari Pengadilan Tinggi Negara.

Finlandia merevisi Undang-undang Pengendalian Tembakau pada bulan Maret 1995 untuk melarang merokok di semua tempat umum, termasuk perkantoran. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini telah mengakibatkan terjadinya penurunan penjualan rokok yang tajam. Pada bulan Juni 2006, Parlemen Finlandia dengan suara bulat menyetujui rancangan undang-undang yang lebih lanjut yang melarang merokok di bar dan restoran yang berlaku mulai bulan Juni 2007.

Di Amerika Serikat, 14 negara bagian dan lebih dari 2.000 kota, termasuk New York, Los Angeles, dan Chicago telah memberlakukan undang-undang anti rokok di tempat-tempat umum yang tertutup. Baru-baru ini menyusul: Calabasas dan California yang melarang merokok pada hampir semua tempat-tempat umum, baik di dalam maupun luar bangunan. Ini dipercaya sebagai larangan yang paling luas di Amerika Serikat. Negara bagian San Diego telah melarang merokok di taman, pantai, dan tempat-tempat terbuka yang terkenal pada bulan September 2006. Ashland, Kentucky, telah melarang merokok di semua tempat umum yang tertutup dan kantor-kantor termasuk juga lapangan luar, tempat pertemuan, emperan, serta geladak restoran yang telah berlaku pada bulan Oktober 2006; dan Hawai menjadi negara bagian ke-14 yang bebas-rokok pada tanggal 16 November ketika undang-undang anti merokoknya yang keras mulai berlaku. Washington DC, ibu kota Amerika Serikat bergabung dalam daftar pada bulan Januari 2007.

Mulai bulan Oktober 2006, merokok dilarang sama sekali di semua tempat di Luksemburg, bahkan di kedai jalanan yang beratap di pasar swalayan yang terbuka. Sedangkan restoran sama sekali bebas-rokok.

Di Australia, negara bagian Tasmania adalah yang pertama dalam memperkenalkan larangan merokok di dalam ruangan secara keseluruhan pada bulan Januari 2006, sedangkan larangan di semua tempat tertutup seperti pub, bar, dan klub di Australia bagian Barat diberlakukan sejak bulan Agustus 2006. Daerah Ibu Kota Australia akan menikmati bebas-rokok pada tempat-tempat umum mulai bulan Desember 2006. Undang-undang antirokok Queensland diperkenalkan pada bulan Juli 2006 dan diyakini sebagai peraturan yang paling keras di Australia dengan melarang merokok di semua pub, klub, restoran, tempat kerja, termasuk tempat jajanan makanan maupun minuman yang terbuka, serta tempat umum yang terbuka seperti pantai-pantai yang diawasi, tempat bermain anak-anak, gelanggang olah raga utama, dan dalam jarak 4 meter (13 kaki) dari pintu masuk bangunan non-residensial.

Korea melarang merokok di rumah sakit, pusat penitipan anak, taman kanak-kanak, termasuk tempat pendidikan. Kawasan bebas-rokok diwajibkan pada pusat permainan elektronik, kafe Internet, perpustakaan buku komik, arena bisbol dan sepak bola, restoran besar, kereta api, dan podium luar dari stasiun kereta api bawah tanah. Selain itu, semua pusat kesehatan umum di negara itu menyediakan klinik gratis bagi yang ingin berhenti merokok.

Untuk rincian daftar kebijaksanaan tanpa rokok di seluruh dunia, silakan mengunjungi:
 http://www.suprememasterchinghai.tv/no_smoking.htm (Hanya dalam bahasa Inggris)

Referensi:

http://www.fctc.org/treaty/index.php

http://www.tobacco.org/

http://www.smokefreeworld.com/index.html

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_smoking_bans