Menciptakan Perkampungan Global yang Vegetarian dan Welas Asih
 
Belanda

Menggunakan Kebijaksanaan untuk Berbagi Berita Baik tentang ‘Cara Hidup Alternatif’

Oleh Grup Berita Amsterdam (Asal dalam bahasa Belanda)

“Jika Anda menggunakan kepala Anda, maka Anda tidak perlu menggunakan kaki!” Ini adalah pepatah kuno yang kami gunakan di Belanda. Arti pepatah tersebut adalah jika Anda menggunakan akal sehat untuk mengerjakan sesuatu, maka Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Rekan-rekan sepelatihan ingin mendistribusikan selebaran ‘Cara Hidup Alternatif’ di lingkungan sekitar dan juga ingin menjangkau orang-orang di seluruh negeri kami serta tempat-tempat yang terpencil. Untuk melakukan hal itu, biayanya sangatlah mahal serta membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Maka, kami harus memperhitungkan cara pendistribusian selebaran tersebut secara saksama. Itulah sebabnya kami senantiasa mencari cara dan kesempatan untuk pergi ke tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh orang-orang dari seluruh pelosok negeri. Dengan cara demikian, selebaran-selebaran Guru juga menjangkau tempat-tempat yang terpencil, dan kita tidak perlu pergi sendiri ke sana.

Suatu kegiatan acara yang dikunjungi oleh orang-orang dari seluruh pelosok negeri Belanda adalah Household Fair (Pekan Raya Rumah Tangga), yang diselenggarakan di RAI Convention and Exhibition Center. (Lokasi ini juga adalah tempat di mana Guru memberikan ceramah saat Dia mengunjungi Negeri Belanda di tahun 1999). Household Fair ini biasanya berlangsung selama seminggu dan menarik ribuan pengunjung yang datang untuk melihat berbagai produk baru. Karena itu, kami pergi ke sana pada akhir minggu dan berdiri di lokasi pintu masuk untuk membagikan selebaran ‘Cara Hidup Alternatif’ kepada setiap orang yang lewat. Ketika bus-bus yang penuh berisi penumpang tiba, situasinya sangat ramai sehingga kami cukup kewalahan dalam membagikan selebaran, dan orang-orang yang mengelilingi kami harus menanti untuk mendapatkan selebaran.

Tempat lainnya yang menarik perhatian banyak orang adalah tempat parkir di Lapangan Udara Internasional Schiphol. Setiap orang yang mengantar atau menjemput sanak saudara, teman, atau keluarga dari lapangan udara tersebut harus memarkirkan kendaraan mereka di sana. Tempat parkir tersebut memiliki 2 tingkat yang tertutup yang dapat menampung ribuan mobil. Kami menyisipkan selebaran ‘Cara Hidup Alternatif’ di balik wiper (penyeka kaca) dari setiap mobil. Setelah selesai, kami berjalan kembali melalui tempat parkir tersebut. Sangatlah menakjubkan melihat setiap mobil dengan sebuah selebaran pada jendela mobil-mobil tersebut! Kami melakukan hal yang sama di tempat parkir sebuah toko makanan grosir yang besar untuk restoran, hotel-hotel, dan kedai-kedai minum di Amsterdam.

Selain itu, dua orang rekan inisiat memiliki toko di sebuah kota pantai yang bernama Egmond aan Zee. Di musim semi dan terutama selama musim panas, kota tersebut dibanjiri oleh turis dari Negeri Belanda dan Jerman. Setiap kali rekan-rekan inisiat tersebut menjual produk dagangan mereka, mereka menaruh selebaran ‘Cara Hidup Alternatif’ di dalam tas belanjaan. Dengan cara demikian, selebaran-selebaran itu juga tersebar luas ke seluruh pelosok negeri.

 

  <<
Beritahu teman tentang artikel ini