Lintasan Peristiwa

Formosa

 

Menanam Benih Hidup Bersih
di Kampus Sekolah

 

Oleh Grup Berita Taoyuan (Asal dalam bahasa Cina)

[Taoyuan] Sebagai tanggapan atas ceramah Guru tentang anak remaja dan narkoba, maka pada masa liburan Tahun Baru, rekan-rekan inisiat dari Center Taoyuan – Formosa berpartisipasi dalam Pekan Raya Anti Narkoba yang diadakan di Sekolah Menengah Atas Jhongli di Provinsi Taoyuan. Di sini, mereka membagikan informasi mengenai perlindungan lingkungan, kesehatan, dan cinta kasih kepada para pengunjung, orang tua murid, guru, dan murid.

Pada tanggal 20 Mei Tahun Emas 3 (Tahun 2006), rekan-rekan inisiat Taoyuan merencanakan serangkaian aktivitas untuk pekan raya ini, di antaranya adalah bazar makanan vegetarian, kuis berhadiah, pasar murah, dan pembagian brosur “Cara Hidup Alternatif”. Di arena pekan raya, mereka juga menyiapkan dan memasang banyak poster untuk mempromosikan vegetarisme yang sehat dan kampanye anti rokok.

Untuk memperkuat usaha dalam membagikan konsep vegetarisme, Center setempat pertama-tama mengatur rekan-rekan inisiat yang terampil memasak vegetarian untuk mengajarkan keahlian mereka kepada inisiat yang lebih muda dan kurang berpengalaman. Untuk pekan raya ini, mereka menyiapkan bermacam-macam variasi makanan, di antaranya adalah agar-agar, kue dadar, sup jagung manis, mi dingin organik, makanan rebus, dan tahu kacang. Di stan, sejumlah guru berbelanja sangat banyak. Beberapa guru kembali lagi beberapa kali untuk membeli, mengatakan: “Makanan ini nampaknya bersih dan lezat!” Para siswa juga terus berdatangan untuk berbelanja. Mereka merasa bahwa makanannya amat lezat, lalu mengundang teman sekelas mereka untuk mencicipinya.

Untuk perlombaan kuis, beberapa pertanyaan telah disiapkan berdasarkan laporan ilmiah terbaru. Hadiahnya termasuk map dan tas belanja yang tercetak pesan "Cara Hidup Alternatif", mainan dan klip magnetik dengan gambar sayur-sayuran dan buah-buahan. Rekan-rekan sepelatihan sangat terkesan oleh seorang gadis Sekolah Menengah Atas yang menghabiskan waktu beberapa jam dengan tenang dan teliti membaca isi poster di stan. Ketika kuis dimulai, dia mampu menjawab pertanyaan dengan tepat dan memenangkan beberapa hadiah. Sebagai tambahan, rekan-rekan inisiat membagikan brosur “Cara Hidup Alternatif” di sekitar kampus dan menemukan bahwa setiap orang yang menerima brosur membacanya dengan penuh perhatian.

Rekan-rekan inisiat juga membawa buku-buku bagus, mainan yang mendidik, dan peralatan sederhana dari rumah untuk bazar amal. Karena barang-barang ini dijual dengan harga murah, para siswa dengan gembira mencari buku yang disukai. Barang-barang itu dianggap sebagai harta yang tak ternilai. Seorang bapak membawa tiga orang anak perempuan yang mampu menemukan mainan yang diinginkan. Pemandangan gadis-gadis kecil dengan wajah ceria memeluk boneka kesayangan tersimpan di dalam pikiran rekan-rekan inisiat. Walaupun bazar amal menghasilkan sedikit pendapatan, aktivitas yang penuh arti ini membawa banyak kesenangan dan kegembiraan di dalam pekan raya ini.

Keterangan gambar: Direktur Lin dari Sekolah Menengah Atas Jhongli (kiri) menerima sumbangan yang merupakan pendapatan dari bazar amal.

Sebelum aktivitas berakhir, Center Taoyuan menyumbangkan pendapatan bazar kepada Sekolah Menengah Atas Jhongli untuk menambahkan dana bantuan bagi murid-murid yang berasal dari keluarga yang membutuhkan. Sumbangan ini diterima oleh Direktur Pendidikan yang pada mulanya menerima dan menyambut rekan-rekan sepelatihan untuk berpartisipasi dalam pekan raya ini. Meskipun sibuk, Direktur Lin menyempatkan diri untuk mengunjungi stan pameran pada hari itu. Dia menghadiahkan buku terlaris kepada tiap rekan inisiat. Ketulusannya telah menyentuh hati mereka. Ketika dia mendengar bahwa inisiat-inisiat berasal dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, dia segera berkata: “Ini persis seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini!” Direktur Lin mengatakan, lebih kurang dua puluh murid di sekolah ini menerima dana bantuan secara teratur. Karena itu, sumbangan dana dari para inisiat akan sangat membantu mereka. Dia merasa sangat tersentuh dan berterima kasih atas bakti dan kasih sayang dari para inisiat. Di sisi lain, rekan-rekan sepelatihan setempat juga terinspirasi oleh pertemuan dengan seorang pengajar yang cita-citanya begitu mulia. Mereka mengakhiri hari itu dengan harapan agar generasi baru dapat berkembang di dalam lingkungan masyarakat yang bersih “tanpa polusi”.

Beritahu teman tentang artikel ini

 

Agenda Kegiatan

Untuk mengimbangi peningkatan rohani yang terus berlangsung di planet ini, center setempat dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengadakan lebih banyak dan semakin banyak seminar video dan kegiatan berbagi Kebenaran lainnya. Anda dipersilakan untuk bergabung dalam kegiatan ini bersama teman dan sanak keluarga Anda. Untuk jadwal terbaru dari kegiatan kami, silakan kunjungi situs berikut ini:
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/latest_news/events-datebook.htm