Kasih dalam Tindakan

 

Laporan dari Amerika Serikat

California

Keriaan dan Damai Hari Libur Menghampiri Para Tunawisma

Oleh Grup Berita Los Angeles (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada bulan Desember 2005, rekan-rekan inisiat di Center Los Angeles berbagi kasih, berkah, dan ajaran mulia Guru dengan masyarakat setempat melalui pembagian 329 bingkisan hadiah hari libur kepada warga dari empat perlindungan tunawisma di kota Anaheim-Fullerton dan Santa Ana di daerah Orange-California.

Bingkisan hadiah berisi selimut, tas jinjing, selendang, keperluan pribadi, dan makanan vegetarian yang bergizi berupa ayam goreng vegetarian, mi, nasi goreng, selada segar, sayur-sayuran, dan makanan pencuci mulut.  Dan setelah upaya pembagian hadiah di tiap-tiap tempat, para penerima mengungkapkan perasaan mereka dengan penuh keriangan. Seorang tunawisma berkomentar, “Saya sudah lama mengharapkan barang-barang ini, terutama tas jinjingnya.  Saya kira Tuhan mengetahui apa yang saya butuhkan. Itulah sebabnya Tuhan mengirimkan kelompok Anda kepada kami. Anda semua adalah kelompok yang menakjubkan dan memiliki seorang Guru yang luar biasa.”

Selain itu, hidangan yang enak, alami, dan sehat mendapatkan banyak pujian.  Tim kerja dapur mendapat pujian seperti, “Saya tidak percaya bahwa ini adalah ayam vegetarian! Rasanya benar-benar seperti ayam.”  Para penerima juga sering meminta keterangan tentang Metode Quan Yin dan gaya hidup vegetarian. Banyak dari mereka yang meminta untuk menerima makanan vegetarian lagi di waktu mendatang.

Sepanjang kegiatan berbagi hadiah tahun 2005, saudara dan saudari di Los Angeles semuanya mengalami kasih Guru yang tak terhingga yang mengalir ke dalam hati mereka. Para inisiat merupakan jembatan penghubung yang membawakan belas kasih dan berkah Guru kepada mereka yang kurang beruntung. Mereka berjanji untuk terus menjadi alat-Nya yang siap bekerja di setiap sudut dunia!

Catatan: Karena respons yang sangat positif dari kegiatan berbagi makanan dan hadiah liburan 2005 dengan para tuna wisma yang menyadari bahwa makanan vegetarian itu sehat dan nikmat, maka para inisiat Center LA saat ini melanjutkan upaya mereka dengan menyediakan makanan vegetarian bulanan di sejumlah fasilitas tunawisma di sekitar Los Angeles dan Orange di California bagian Selatan.


Texas

Hadiah Harapan dan Keyakinan dari Tuhan Menyentuh Para Tunawisma

Oleh Diana Nguyen, Houston (Asal dalam bahasa Inggris)

Di tengah cahaya kemuliaan Natal dan semangat keriangan, rekan-rekan inisiat dari Center Houston mengetahui bahwa banyak orang yang menderita selama musim liburan. Juga, bencana alam yang terjadi baru-baru ini di sepanjang Pantai Teluk Amerika Serikat telah menyebabkan gelombang pengungsi ke Houston. Banyak dari mereka yang menjadi tunawisma. Bagi mereka, musim Natal 2005 merupakan masa yang sulit.

Oleh karena itu, para praktisi memutuskan untuk memberi keceriaan kepada mereka yang kurang beruntung dengan membuat 200 bingkisan hadiah yang berisi handuk, kaus oblong, kaus kaki, dan inspirasi spiritual dalam bentuk pamflet dan buku contoh Guru. Saudari dan saudara inisiat juga membeli bahan-bahan untuk mendirikan sebuah stan untuk pembagian hadiah serta penyajian kopi panas dan donat.

Kemudian, pada malam hari tanggal 24 Desember, para inisiat berkumpul untuk meditasi kelompok dan menyiapkan sebuah upaya pembagian hadiah di hari berikutnya. Pada hari Natal mereka menuju tempat berkumpulnya para tunawisma di kota Houston. Dalam hitungan menit, anggota tim telah mendirikan stan dan memenuhinya dengan hadiah-hadiah, kopi panas, dan donat. Setelah memasang buku dan foto-foto Guru di sekeliling stan, mereka siap untuk berbagi kasih-Nya.

Satu demi satu, teman tunawisma mendekat, dan para inisiat menyalami mereka dengan kopi, donat, dan hadiah-hadiah. Banyak yang mengungkapkan terima kasih atas kejutan ini dan mereka juga mengajukan banyak pertanyaan tentang Guru dan ajaran-Nya. Aktivitas ini merupakan hadiah Natal terbaik bagi para inisiat, karena mereka melihat harapan dan keyakinan yang muncul di wajah-wajah para penerima.


Setelah proyek pembagian hadiah Natal 2005 selesai, para inisiat merasa bersyukur atas kesempatan untuk melayani sesama ini. Mereka memutuskan untuk meneruskan usaha ini di waktu yang akan datang.


New Jersey

Menyampaikan Kemurahan Hati Tuhan Melalui Melodi Surgawi Guru

Oleh Grup Berita New Jersey (Asal dalam bahasa Inggris)

Baru-baru ini, melalui berkah Guru, para inisiat New Jersey mendapat kesempatan untuk menerapkan ajaran-Nya ke dalam tindakan. Mereka setiap bulannya secara teratur mengunjungi tempat perlindungan tunawisma untuk memasak makanan vegetarian.

Saudara dan saudari inisiat memulai upaya tersebut pada tanggal 25 November 2005, satu hari setelah Hari Thanksgiving. Mereka menyediakan makan malam tradisional yang nikmat yang meliputi kentang tumbuk, kuah, dan kalkun vegetarian di Leavenhouse di Camden, New Jersey.  Pertama-tama para inisiat memutar DVD Lagu dan Gubahan Maha Guru Ching Hai.  Saat para tamu menonton dan mendengarkan suara Guru, mereka juga menyantap makanan yang dihidangkan. Banyak di antara mereka yang duduk dan melihat video dengan penuh perhatian. Salah satu dari mereka sangat menyukai lagu-lagu Guru sehingga ia dengan seketika dapat mengingat syair lagu “Go! Go! Go!” dan menyanyikannya dengan gembira.

Di samping makanan hangat, para inisiat juga menyediakan 150 bingkisan hadiah yang membuat para penghuni merasa sangat gembira. Bingkisan telah dipersiapkan dengan hati-hati oleh tim kerja. Bingkisan itu berisi kaus kaki, pasta gigi, sabun mandi, handuk, kue-kue, permen, dan kue keberuntungan yang berisi kata-kata mutiara Guru yang menambah arti spiritual terhadap hadiah tersebut.

Kemudian, pada tanggal 17 Desember, para inisiat kembali ke perlindungan dengan hadiah Natal dan makanan hangat, seperti goulash vegetarian Hongaria.  Karena cuaca sangat dingin, setiap orang sangat menikmati sup hangat yang disajikan bersama dengan roti Prancis dan sepotong kue sebagai makanan penutup.

Segera setelah para inisiat mulai mempertunjukkan DVD ceramah Guru, suasana di dalam perlindungan terlihat berbeda. Hadirin sangat menikmati acara yang penuh arti dan indah ini seraya mengungkapkan rasa terima kasih mereka dan mengatakan bahwa mereka belum pernah menerima perlakuan seperti itu sebelumnya.  Sangatlah jelas bahwa kasih Tuhan telah menyentuh hati para peserta, bagaikan sinar matahari yang mengusir kemalangan mereka.

Manajer perlindungan juga mengirimkan sepucuk surat (lihat di bawah) untuk mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai atas dukungan dan perhatiannya terhadap para tunawisma.

Melalui upaya mereka di Leavenhouse, para praktisi New Jersey belajar banyak tentang kerja sama, dan dapat melihat betapa sempurnanya Tuhan dalam mengatur segalanya. Mereka juga menghargai kesempatan yang Tuhan berikan kepada mereka untuk belajar melayani sesama dengan kasih yang tanpa pamrih.

 

Surat Penghargaan                  

(Asal dalam bahasa Inggris)

Tanggal: 11 Januari 2006

Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai
P.O. Box 730247
San Jose, CA 95173-0247

Yth. Para Pengikut Ajaran Maha Guru Ching Hai:

Nama saya adalah Tom Knoche. Saya adalah bagian dari komunitas yang mengelola Leavenhouse, sebuah pusat pelayanan yang menyediakan makanan dan tempat tinggal bagi orang-orang yang membutuhkan di Camden, New Jersey. Selama beberapa bulan terakhir, para pengikut Maha Guru Ching Hai berkunjung ke Leavenhouse sebulan sekali pada hari Sabtu untuk menyediakan makanan kepada tamu-tamu kami. Kami biasanya melayani 75-100 orang pada hari Sabtu. Kelompok Anda membawa makanan yang bergizi dan menyajikannya dengan cara yang tenang dan bermartabat. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kemurahan Anda.

Leavenhouse adalah fasilitas kemanusiaan nirlaba yang tidak berafiliasi dengan salah satu agama. Kami semua adalah pekerja sukarelawan yang percaya bahwa setiap manusia berhak atas makanan, tempat berlindung, pendidikan, perawatan kesehatan dan pekerjaan yang layak. Kami merasa sedih karena masyarakat kita tidak memberikan dukungan dan kesempatan yang diperlukan oleh anggota-anggotanya, dan kami menentang perang.

Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian Anda bagi orang-orang yang sangat membutuhkan.

Hormat kami,
Tom Knoche,

Dari komunitas Leavenhouse, New Jersey, Amerika Serikat

 

 <<