Kasih dalam Tindakan
Bangladesh

Bantuan Kedua Bagi Para Korban Badai Tropis

Oleh Tim Bantuan dari Formosa (Asal bahasa China)

Badai Tropis Aila yang menghantam wilayah pesisir selatan Bangladesh pada tanggal 25 Mei tahun ini, telah mengakibatkan banyak kerusakan dan ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal, tim bantuan kami dari Formosa berangkat ke daerah bencana untuk menyampaikan bantuan. (Untuk info lebih lanjut, silakan mengacu ke Majalah Berita No. 204). Pada akhir bulan September, yang mendapat informasi bahwa ada banyak orang yang masih berjuang untuk mengatasi dampak bencana, Maha Guru Ching Hai segera menginstruksikan para rekan inisiat untuk kembali menyampaikan bantuan lanjutan.

Tim bantuan kemudian tiba di Bangladesh pada awal bulan Oktober dan menemukan bahwa memang masih ada sekitar 5 juta orang yang membutuhkan bantuan darurat di Divisi Khulna yang terletak di wilayah barat daya Bangladesh. Meskipun beberapa organisasi internasional telah datang memberikan bantuan, tapi masih ada banyak lagi kebutuhan yang diperlukan bagi orang-orang yang terkena musibah. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh staf Komite Pembangunan Daerah Pedesaan Bangladesh (BRAC) dan Program Air, Sanitasi dan Kebersihan (Program WASH), ternyata masih ada 1.500 keluarga di 5 daerah terpencil yang membutuhkan bantuan darurat. Dengan berkat Tuhan, tim bantuan berhasil membeli barang-barang keperluan bantuan dengan harga yang murah, termasuk beras, minyak sayur, garam dan kacang lentil. Pada tanggal 7 Oktober, mereka kemudian mengirimkan barang-barang itu ke 5 wilayah yang terkena dampak bencana, dengan didampingi oleh beberapa anggota BRAC. Di perjalanan, mereka menyaksikan pemandangan yang memilukan dan menyedihkan. Rumah-rumah dan sawah-sawah semuanya tergenang air. Di kedua sisi jalan, orang-orang membangun tempat berteduh sederhana dari bambu, anyaman dan terpal plastik. Banyak keluarga masih tetap tinggal di rumah mereka yang terendam air dengan membuat alas tempat tidur mereka menjadi lebih tinggi di atas permukaan air dengan bambu, dan keluar masuk dengan perahu kecil. Para anggota BRAC memberi tahu kepada tim bantuan bahwa air belum juga surut sejak bulan Mei.

Hari berikutnya, setelah kembali dari Dhaka, penerjemah dari tim bantuan, Bapak Forhadul Babu, dengan penuh kasih membantu mereka untuk membeli lebih banyak lagi barang-barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah dari toko keluarganya, sehingga ini memungkinkan adanya tambahan 600 buah paket bantuan dan akan didistribusikan kepada lebih banyak wanita dan anak-anak di daerah-daerah yang rusak parah.

 

Daftar Pengeluaran Tim Bantuan Maha Guru Ching Hai untuk Aksi Bantuan Badai Tropis di Bangladesh

Keterangan

Jumlah (Bhat)

Tanda terima

Bahan Makanan (garam, lentil, minyak dan beras)

309.000

B1

600 buah paket bantuan yang berisi garam, gula, kacang lentil, dan cokelat vegan

330.000

B2

Biaya tenaga kerja dan transportasi

50.000

B3

Total

BDT 689.000
(US$10.000)

 

* Selama aksi bantuan, para rekan inisiat membayar sendiri ongkos transportasi, makanan dan akomodasi mereka



 

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)