Kasih dalam Tindakan

Guru selalu memperhatikan bencana yang terjadi di seluruh dunia. Kapan saja menerima berita tentang bencana di mana pun, Beliau dengan segera menyumbangkan pertolongan dengan memberikan bantuan keuangan serta mengirim tim penyelamat untuk menolong korban yang tertimpa. Melalui usaha pertolongan tersebut, kita dapat menyampaikan kasih Guru kepada para korban bencana. Kasih dan berkah Guru yang tanpa pamrih serta bantuan-Nya yang diberikan secara diam-diam telah mengurangi dampak bencana sekecil mungkin. Sebagai penghargaan atas tindakan tanpa pamrih dari semua pemerintahan, organisasi, dan para pekerja bantuan dari seluruh pelosok dunia, Guru ingin menyampaikan pesan terima kasih ini:

“Terima kasih atas semua bantuan internasional yang membawa perhatian dan kebutuhan kepada para korban yang menderita. Terima kasih kepada semua pekerja bantuan yang telah mengorbankan waktu dan kenyamanan diri sendiri, bahkan menempuh jarak yang sangat jauh di atas jalan dan keadaan yang tidak menyenangkan untuk membawa kasih dan bantuan kepada orang-orang pada saat yang dibutuhkan. Semoga Surga memberkati Anda dengan berlimpah ruah atas kebaikan dan pengorbanan mulia kalian."

 


Pakistan

Kasih Guru Menghibur Para Korban Perang dan Banjir di Pakistan

Laporan Gabungan oleh Tim Bantuan Indonesia, Formosa dan Singapura
(Asal bahasa Indonesia, China dan Inggris)

Kepedulian Penuh Kasih bagi Para Pengungsi di Mardan

Pada bulan Mei 2009, Asosiasi Kesejahteraan Masyarakat Mulia (NAWA), yaitu sebuah ORMAS di daerah setempat, meminta Maha Guru Ching Hai untuk mengirimkan tim bantuan darurat bagi para pengungsi Pakistan akibat konflik dan banjir yang terjadi baru-baru ini. Segera setelah Guru menerima aplikasi permintaan tersebut, Guru dengan penuh keprihatinan menyumbangkan dana sebesar US$70.000 untuk membantu mereka yang tertimpa musibah ini.

Sebuah tim yang terdiri dari para anggota Asosiasi kami dari Formosa, Indonesia dan Singapura segera berangkat ke Pakistan untuk membagikan barang-barang bantuan dan menyediakan pelayanan kesehatan. Pada tanggal 5 Juni, Pimpinan NAWA,  Bapak Ali Imran berangkat bersama dengan anggota tim menuju ke Kamp Pengungsi Mardan, dimana ada lebih dari seribu orang keluarga yang membutuhkan bantuan darurat. Tim bantuan segera membeli bahan makanan dan barang-barang keperluan sehari-hari yang dibutuhkan. Mereka kemudian membagikan barang bantuan tersebut beserta selebaran SOS kepada para pengungsi yang menerimanya dengan penuh rasa syukur dan membaca selebaran tersebut dengan penuh perhatian.

Sejak tanggal 18 sampai 21, tim medis kami telah merawat sejumlah besar anak-anak dan pasien lainnya yang terluka dalam sebuah klinik darurat di bangunan sekolah setempat. Selama waktu perawatan, bantuan lainnya sebanyak 1,024 paket juga turut habis dibagikan. Atas pengaturan Tuhan yang penuh kasih, tim bantuan darurat dan Bapak Imran dapat mengunjungi tempat-tempat pengungsian lainnya untuk memberikan pelayanan kesehatan. Para pasien amat bersyukur atas bantuan darurat yang penuh kasih dari Guru.

Tim Bantuan Bencana Banjir di Karachi

Setelah tugas bantuan bencana di Mardan selesai, tiba-tiba saja banjir terburuk yang belum pernah terjadi selama 30 tahun ini, melanda daerah Karachi dan menghancurkan hampir 80% pemukiman di sana. Maha Guru Ching Hai dengan segera memberikan tambahan dana bantuan sebesar US$15.000 dan tim bantuan darurat kami berangkat ke kota itu pada tanggal 23 Juli untuk bekerja sama dengan Lembaga Palang Merah Pakistan dan Sekretaris Provinsi Sindh, Bapak Kanwar Waseem. Tim bantuan segera membeli barang-barang bantuan yang dibutuhkan oleh para penduduk setempat. Selama beberapa hari kemudian, mereka mendistribusikan barang-barang tersebut beserta dengan uang tunai bagi anak-anak yang membutuhkan perawatan medis. Mereka telah membawa kegembiraan besar dan bantuan yang amat diperlukan oleh para korban. Setelah menyaksikan Supreme Master TV, Bapak Kambar menyatakan bahwa berita-berita dan informasi-informasi yang disampaikan sungguh menginspirasi, dan ia tergerak untuk menginformasikan tentang pemanasan global dan solusinya kepada masyarakat di sekitarnya.

Pada tanggal 3 September, daerah Karachi sekali lagi dilanda hujan lebat yang mengakibatkan banjir beserta beberapa kerusakan dan banyak kesulitan pada kehidupan ribuan orang. Teluk Korangi, Desa Rehri Goth dan 17 desa lainnya yang terletak di pesisir Pantai Soneri adalah daerah-daerah yang paling parah kondisinya. Dengan penuh perhatian dan belas kasih yang tak terhingga, Maha Guru Ching Hai segera mengirimkan dan bantuan lagi sebesar US$20.000, dan para anggota tim bantuan kami yang sudah berada di lokasi bencana, dengan segera mengatur sebuah kelompok kerja untuk membeli bahan makanan serta barang-barang bantuan yang diperlukan, kemudian mendistribusikannya dengan selebaran SOS kepada masyarakat setempat. Bapak Z. A. Shah, Manager Penanggulangan Bencana dari Kelompok Palang Merah Pakistan di Pusat Provinsi Sindh, memperkenalkan Guru kepada para penduduk desa, dan berterima kasih kepada Guru atas kasih-Nya yang tak terhingga.

Para anggota tim bantuan amat bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk membawakan kasih Guru dan info-info tentang solusi pemanasan global kepada masyarakat setempat. Semoga mereka segera dapat beralih ke gaya hidup yang penuh kasih, dan yang dapat menyelamatkan bumi ini.

 

Untuk menyaksikan Kegiatan Bantuan Kemanusiaan dari Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional-Nya, silakan kunjungi:
http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar ini dapat ditinjau berdasarkan tahun, negara/wilayah dan jenis kegiatan.)

 

Daftar Pengeluaran Tim Bantuan Maha Guru Ching Hai bagi Para Pengungsi Pakistan Akibat Konflik dan Bencana Banjir Baru-Baru ini  

Keterangan

Jumlah (Rupee)

Tanda Terima

Bahan Makanan (beras, kacang merah, garam, minyak sayur, tepung, gula, teh, permen untuk anak-anak, dll.)

Barang-barang bantuan (sabun, deterjen, korek api, kelambu, dll.)

8.199.135

P1

Ongkos transpor, kemasan, dan pekerja

554.700

P2

Keperluan Medis

93.907

P3

Dana Sumbangan bagi Palang Merah untuk biaya perawatan medis anak-anak

45.000

P4

Total

Rupees 8.892.742

(US$104.442,70)

 

* Selama aksi bantuan, para rekan inisiat membayar sendiri ongkos transportasi dan makanan dan akomodasi mereka.

 

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)