Guru Berkata

 

 

 

Marilah Kita Saling Memahami dan Berubah

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai selama Seminar Internasional SOS! dalam Konferensi video tentang Pemanasan Global, Seoul, Korea, 22 Mei 2008
(Asal bahasa Inggris)

Mengubah Diri Sendiri untuk Menyelamatkan Bumi

Bapak Roland Jung, Penasihat Partai Demokrat AS Urusan Asia: Kita sangat menyadari bahwa kebiasaan manusia dan perubahan matahari mempengaruhi iklim bumi dalam berbagai cara. Menurut ramalan, pada tahun 2010 iklim Bumi akan mengalami perubahan besar karena ledakan hebat titik matahari. Juga telah diramalkan bahwa iklim akan menyebabkan krisis minyak, atau sejenis guncangan minyak. Karena itu, tampaknya kesadaran seluruh dunia tentang pemanasan global sangat dibutuhkan. Saya ingin bertanya tentang pendapat dan pesan Anda secara spesifik menyangkut hal ini. Menurut Anda, apa yang perlu kita lakukan sebagai persiapan?

G:  Terima kasih, Bapak Jung. Untuk mengatasi pergolakan malapetaka yang hebat ini, perlindungan satu-satunya yang dapat kita harapkan adalah berkah Surga, melalui tindakan kita yang berbudi tinggi, penuh kasih, sungguh mempercayai Tuhan, dan berdoa untuk berkah Tuhan; dengan demikian kita dapat diselamatkan. Kita seharusnya mulai mengubah cara hidup kita sekarang. Kita harus berubah. Kita harus. Itulah satu-satunya cara agar kita dapat menyelamatkan diri kita, planet ini, seluruh dunia, dan seluruh makhluk di dalamnya; karena seperti pepatah India kuno yang mengatakan, “Negara manapun yang mempunyai 10 orang agung di mata Surga, maka ia tidak akan dihancurkan.”

Jadi, apa artinya dengan 10 orang agung? Itu berarti orang yang menjadi manusia seutuhnya: Ia berwelas asih, ia terangkat secara spiritual, ia tanpa pamrih dan tidak mementingkan diri sendiri. Ia melayani orang lain dan mengingat Tuhan. Untuk melakukan hal tersebut, kita agak jauh. Jadi, jika kita sungguh ingin menyelamatkan dunia, itulah satu-satunya cara yang dapat kita lakukan. Kalau tidak, bahkan jika kita menggali lubang di gunung atau di bawah tanah untuk menghindari panas matahari, atau jika kita naik ke atas gunung untuk menghindari kenaikan permukaan laut, tetapi tetap ada malapetaka lainnya yang akan datang ke arah kita. Siapa pun yang memiliki kepercayaan suatu agama seharusnya mempelajari kembali kitab suci mereka dan melakukan dengan tepat apa yang diperintahkan di dalamnya karena “Apa yang kau tabur, itulah yang kau tuai.” Semua agama telah mengatakan hal tersebut kepada kita.

Jadi, sekarang kita kembali ke pepatah kuno di India bahwa 10 orang yang berbudi tinggi dapat menyelamatkan sebuah negara. Bagaimana kita melakukan ini? Di masa lampau, suatu negara lebih kecil dari yang ada sekarang dan 10 orang di tiap negara seharusnya sudah cukup. Tetapi untuk komunitas kita yang meluas saat ini, kita memerlukan lebih dari 10 orang dalam sebuah komunitas. Saya sebutkan itu tergantung juga pada populasinya. New York, sebagai contoh, kita sebut sebagai sebuah negara di masa lampau. Di New York, kita mungkin membutuhkan sejuta orang yang berbudi tinggi, jujur, dan terangkat secara spiritual, untuk menyelamatkan New York.

Jadi, saya rasa kita harus melakukannya lebih cepat daripada yang kita lakukan sekarang. Saya senang para pemerintah melakukan sesuatu dan semua selebriti, orang-orang terkemuka, dan organisasi-organisasi seperti Anda hari ini, menaruh perhatian dan mencoba untuk mendesaknya dengan semua tindakan yang penting untuk menyelamatkan planet dan menghentikan pemanasan global. Saya sangat bahagia tentang hal itu, tetapi mungkin kita seharusnya lebih cepat dan mengambil tindakan yang lebih banyak: Diet vegetarian adalah nomor satu. Energi hijau adalah nomor dua. Setiap orang harus bekerja sama untuk menghemat dan melindungi lingkungan serta para satwa. Itu tidak begitu sulit. Itu hanya kebiasaan-kebiasaan yang harus kita ubah, itu saja.

Penyebab Bencana Alam

Bapak Kim Jung-Gi, wartawan berita untuk Future & Vision Desk SBS TV: Jika Anda melihat pada tahun-tahun belakangan ini, banyak terjadi bencana-bencana alam. Sebagai contoh, minggu lalu terjadi bencana di China dan terjadi angin topan di Myanmar dan gelombang panas yang hebat di Spanyol. Pertanyaan saya adalah, dalam pandangan pribadi Anda, apakah semua ini disebabkan oleh pemanasan global? Jika demikian, mengapa bencana-bencana tersebut bertambah dibandingkan dengan masa lalu? Saya ingin mendengar pemikiran Anda. Terima kasih.

G: Ya, Bapak Kim. Menurut PBB, hasil penelitian, dan laporan-laporan para ilmuan, 9 dari 10 bencana saat ini disebabkan oleh pemanasan global. Tentunya Anda tahu tentang hal ini karena Anda adalah wartawan, tetapi saya tahu Anda bertanya pertanyaan ini demi kepentingan publik. Kita mengalami lebih banyak bencana saat ini, dan itu sangat menyedihkan hati saya. Saya terus mencoba memberitahu setiap orang untuk meminimalkannya. Dari sudut pandang individu, hindarilah produk-produk hewani; menanam pohon, dan menggunakan energi yang berkelanjutan. Itu hanya tiga langkah, sebenarnya, hanya langkah-langkah bayi. Saya berharap setiap orang mau mendengarkan dan mau melakukannya. Dan terima kasih atas perhatian Anda, Bapak Kim.

Jika Umat Manusia Memutuskan untuk Berubah Sekarang, Tidak Ada Lagi Bencana

Bapak Acarya Shubhacintaananda Avadhuta, Ketua Urusan Asia Timur, Lembaga Lingkungan Anandamarga dari India: Saya ingin tahu tentang masa depan umat manusia setelah perubahan iklim. Apakah perubahan iklim akan memberikan dampak pada psikologi umat manusia, atau pemahaman umat manusia akan membaik dan meningkat dengan perubahan ini?

G:  Tentu saja pak, itulah yang saya harapkan. Setelah semua bencana besar...... itu tergantung pada apa yang mereka putuskan saat ini. Sebenarnya, saya berharap tidak ada bencana lagi. Saya berharap bahwa tidak ada “setelahnya.” Saya berharap bahwa umat manusia memutuskan saat ini untuk menghentikan kebiasaan yang tidak perlu dan berubah menuju yang lebih baik, gaya hidup yang lebih mulia. Lalu, kita tidak perlu khawatir tentang akibatnya. Iklim akan berubah lebih baik, kita akan terus hidup, kita akan terus memiliki planet ini, dan mereka akan menjadi lebih bijaksana, lebih  baik, lebih berbudi, lebih diberkahi, dan damai akan menguasai Bumi untuk waktu yang lama, lama sekali.

Pedoman Cinta dan Kasih untuk Membalikkan Kehidupan Sekitar Kita

Bapak Gwon Tae-Hyung, Direktur Departemen Lingkungan dan Lahan Hijau di Kota Daegu, Korea: Saya sangat bahagia memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Saya bekerja pada pemerintahan lokal Korea, dan sebagai penduduk global, saya menghargai usaha-usaha Anda untuk menyelamatkan planet kita. Orang-orang yang mengetahui mendesaknya pemanasan global akan sibuk mencoba menyelesaikan masalah, seperti hari ini. Bagaimanapun, banyak orang yang memiliki pengetahuan tentang pemanasan global yang sedikit. Meskipun mereka mengetahui situasinya, tetapi mereka memiliki banyak halangan untuk melaksanakan kebenaran ke dalam praktik. Sebagai contoh, para pemerintah seharusnya mencoba mengurangi hewan ternak untuk mengurangi gas-gas rumah kaca, tetapi sebaliknya para pemerintah memberikan subsidi kepada rumah tangga untuk meningkatkan pendapatan mereka. Dan para pemerintah juga menegosiasikan impor daging. Dalam konteks ini, apakah kebijaksanaan pemerintah yang pertama dan terbaik untuk menghindari pemanasan global? Terima kasih kembali.

G:  Anda lihat, dari semua pertimbangan dan semua bukti nyata yang telah diberikan laporan Perserikatan Bangsa Bangsa dan bukti ilmiah dari para ilmuan, kita belum berbicara tentang kewajiban moral, saya pikir, Nomor 1: Kita harus menghentikan semua pembunuhan, menghentikan untuk melukai umat manusia dan juga para satwa. Nomor 2: Menghentikan semua konsumsi produk-produk hewani. Nomor 3: Mendorong gaya hidup yang penuh kebaikan, mulai dari para pemimpin sendiri. Saya tahu saya meminta bulan, tetapi karena Anda menanyakan saya, saya harus mengatakan satu-satunya penyelesaian yang harus kita ikuti. Nomor 4: Mengubah orang untuk lebih beriman, berarti mereka harus lebih mengingat Tuhan. Para pemerintah harus terlibat dan tidak berkata bahwa politik terpisah dari kerohanian. Mereka harus mendorong orang untuk lebih sering ke gereja, atau lebih banyak berdoa di rumah bersama-sama, membaca Alkitab, mempelajari sungguh-sungguh apa yang Yesus katakan kepada mereka, melaksanakan sungguh-sungguh apa yang Buddha katakan kepada kita, melaksanakan sungguh-sungguh apa yang Guru Nanak katakan kepada kita atau apa yang Nabi Muhammad ingin agar kita lakukan. Kita harus sungguh-sungguh mempelajari kitab suci agama kita dan melaksanakan apa yang diajarkan di dalamnya, bukan hanya membacanya. Dan nomor 5: Kita harus bertobat dan berdoa untuk berkah surga. Kita harus meminta ampunan dari Surga dan dari semua makhluk hidup atas semua luka yang telah kita perbuat kepada mereka. Dan kekuatan kolektif, kekuatan positif, serta kekuatan cinta kasih dari seluruh dunia akan menghalau kegelapan yang datang menuju kita, yang berada di hadapan kita sekarang.

Itulah satu-satunya penyelesaian yang saya miliki. Saya berharap ucapan-ucapan saya terdengar oleh beberapa telinga yang bijaksana dan saya berharap agar orang-orang melakukannya. Saya tidak duduk di sini sebagai pemimpin religius atau sebagai orang yang bermoral. Saya duduk di sini sebagai sesama warga seperti Anda, dan saya mengatakan kepada Anda yang sejujurnya dari hati saya bahwa itulah satu-satunya penyelesaian yang harus kita ambil. Bahkan meskipun semua perkembangan ilmiah, meskipun semua alat-alat fisik yang kita coba, teknik pertanian atau adaptasi terhadap perubahan iklim berhasil, itu tidak akan berjalan untuk jangka waktu yang lama jika nilai spiritual kita tidak naik sampai pada nilai manusia yang seharusnya, yaitu, jika ia tidak sampai naik kepada standar Surga. Kita harus mengubah kehidupan kita. Kita harus. Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus mengikuti saya: tidak, tidak perlu! Hanya pelajari kitab suci Anda dan bertindak sesuai dengan itu. Semua kitab dan ayat-ayat agama di dunia telah mengatakan kepada kita bahwa kita harus saling mencintai; kita harus berwelas asih kepada semua makhluk hidup, termasuk para hewan. Itu saja, saling mencintai dan mengasihi. Itu sangat mudah, sayang. Sayangilah tetangga Anda; sayangilah setiap orang; sayangilah para satwa. Ketika kita mengasihi, kita tidak melukai. Ketika kita mencintai, kita tidak membunuh. Satu-satunya agama adalah Cinta Kasih. Satu penyelesaian yang mudah adalah Cinta Kasih, itu saja. Kita harus mengikuti hati kita.

Penyebab Pemanasan Global adalah Sifat Kejam Kita

Jeon Chang Ryul, presiden perkumpulan mahasiswa di Universitas Nasional Seoul: Saya merasa bahwa kita berada pada titik dimana kita akan menghadapi masa depan yang suram jika kita tidak berubah. Untuk menyelesaikan masalah, setiap sektor dalam masyarakat telah membuat banyak usaha. Apa yang ingin saya tanyakan pada Anda adalah tentang strategi untuk mengatasinya. Tampaknya organisasi masyarakat dan institut akademik yang mempelopori inisiatif untuk menghentikan pemanasan global. Dan pemerintah tampaknya tertinggal di belakang. Sebagai contoh, Universitas Nasional Seoul, yang merupakan institusi negara yang mengonsumsi jumlah listrik tertinggi. Tingkat konsumsi energi institusi pemerintah yang lain juga tinggi. Bagaimanapun saya berpikir untuk menurunkan tingkat konsumsi kita bukan hanya satu-satunya penyelesaian. Saya ingin bertanya pendapat Anda tentang yang seharusnya diperjuangkan di sektor publik, terutama para pemerintah dalam hal kebijakan.

G:  Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, kita harus menyelesaikan dari akar permasalahnya. Akar permasalahnya adalah penyebab pemanasan global, dan akar permasalahannya adalah sifat kejam kita terhadap sesama penghuni bumi kita. Setiap tindakan menghasilkan reaksi; ini sangat ilmiah. Jika kita menabur biji apel, kita akan mendapatkan pohon apel, dan setelah beberapa waktu pohon apel itu akan berbuah apel untuk kita. Ini adalah siklus kehidupan. Jika kita membunuh, kita tidak dapat mengharapkan kehidupan dari hal tersebut. Setiap tindakan menghasilkan buah yang sama sesudahnya. Ini bukan agama yang berbicara; ini adalah hukum alam. Jadi sekarang, akar permasalahnya adalah kita telah berbuat kejam terhadap sesama penghuni bumi: yang hidup, punya perasaan, dapat berjalan, dapat bergerak, makhluk yang penuh kasih seperti para hewan dari semua ukuran dan bentuk. Dan kita juga telah bertindak buruk terhadap lingkungan kita. Kita telah menyiksa para hewan sesama penghuni bumi ini, dan kita telah merusak lingkungan kita seperti penggundulan hutan, merusak air, dan merusak udara. Dari semua tindakan ini, kita tidak dapat mengharapkan hasil yang baik.

Jadi, untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi saat ini, kita harus membalikkan tindakan-tindakan kita. Kita harus berbuat baik terhadap sesama penghuni bumi. Daripada membunuh, menyembelih, dan mengorbankan mereka secara besar-besaran; kita seharusnya memperhatikan mereka, berbuat baik kepada mereka, dan memelihara mereka. Dan daripada menebang pohon; kita seharusnya menanam pohon kembali, memelihara lingkungan apapun yang kita miliki. Dan daripada memberi polusi pada planet dan udara, kita harus beralih ke energi yang ramah lingkungan dan energi yang berkelanjutan. Hanya membalikkan tindakan-tindakan kita. Saya rasa kita sebagai penduduk bumi harus bersama-sama memberitahu pemerintah apa yang kita inginkan. Menulis kepada pemerintah, Anda semua, semua orang. Kita harus memahami bahwa pemerintah juga mempunyai masalahnya sendiri. Tapi tidak ada masalah yang lebih besar daripada menyelamatkan hidup kita dan generasi yang akan datang. Jika setiap orang menyadari hal ini, maka kita akan melepaskan hal lainnya. Semuanya yang tidak berguna bagi kita, semuanya yang tidak baik dan tidak kondusif bagi kehidupan kita di sini dan kehidupan generasi yang akan datang, kita harus mengubahnya. Kita harus menghentikannya, jatuhkanlah seperti kue yang panas, seperti kentang yang panas – karena ia dapat membakar Anda. Tidak masalah apa yang dikatakan orang lain, tidak masalah berapa banyak Anda kalah, Anda harus jatuhkan piring yang panas, karena itu menyakiti Anda.

Hentikan Pembunuhan dan Hentikan Pemanasan Global

Pemanasan global seperti lempengan panas, lempeng mendidih di atas besi panas! Kita harus mengurusnya. Jika pemerintah tidak peduli, rakyat harus peduli.  Jadilah vegetarian dan tolak semua produk hewani.  Setelah itu tidak ada orang yang akan beternak lagi dan tidak ada orang yang akan membunuh mereka lagi.  Lalu kita akan menghentikan efek merusak secara fisik dari peternakan hewan yang merupakan penyebab nomor satu dari perubahan iklim. Inilah cara yang dapat dikontribusikan oleh kita sebagai individu dengan segera. Kita dapat mengubah itu, tidak perlu menunggu pemerintah. Rakyat harus mengambil tindakan, lalu pemerintah mungkin akan mengikutinya. Jika pemerintah tidak memimpin Anda, Anda yang memimpin pemerintah! Tidak perlu hanya duduk dan saling menyalahkan.

Tapi itu tergantung pada setiap orang untuk memilih apa yang mereka kehendaki.  Tuhan memberi kita kehendak bebas. Saya menghargai itu juga. Jadi, saya hanya bisa memberitahu, saya hanya bisa memberikan opini saya, tetapi semua orang yang harus melakukannya, karena mereka mempunyai Tuhan di dalam diri mereka, mereka memiliki kebijaksanaan, mereka memiliki pemahaman. Hanya saja mereka harus memilih untuk mempergunakannya. Sekarang, kita harus melakukan lebih dari itu.  Saat ini masih kurang cepat. Ini mendesak. Pembunuhan terhadap hewan-hewan akan menjadi pembunuhan diri kita sendiri dan generasi kita berikutnya. Itulah faktanya. Hal yang sejenis menarik yang sejenis; apa yang kita tabur, itulah yang kita tuai. Bahkan tidak perlu membicarakan tentang kitab suci agama; itu hanyalah fakta. Terima kasih. Pertanyaan Anda sangat cerdas. Saya berharap Anda menyebarkan berita konstruktif ini kepada anak sekolah dan orang lainnya. Kami membutuhkan Anda. Terima kasih, Bp. Jeon.

Melindungi Anak-anak dengan Menginformasikan Mereka tentang Mendesaknya Waktu Kita

Bp. Lee Byung-Woo, Direktur Departemen Hubungan Masyarakat Serikat Guru dan Pekerja  Korea: Beberapa guru dalam Serikat Guru dan Pekerja Korea bergabung bersama untuk menerapkan satu set kurikulum pengajaran yang meningkatkan kualitas kehidupan para murid.  Sebagai contoh, kami pergi ke alam dan merawat kebun-kebun sekolah selama satu atau dua bulan sekali.  Namun, di negara kami atau mungkin juga di negara-negara lain, karena reputasi akademik, tes masuk, dan kompetisi berlebihan di lingkungan sekolah, sangat sulit untuk mengadakan mata pelajaran utama tentang pemanasan global dan kegiatan-kegiatan hijau di dalam sistem pendidikan kami. Dalam masyarakat, orang-orang tidak mempedulikan hal itu. Saya ingin meminta saran Anda, melalui pengalaman dan contoh para guru dalam sistem pendidikan tentang isu ini; bagaimana agar masyarakat lokal, sekolah, dan guru dapat bekerja sama. Terima kasih.

G: Bapak Lee, Anda adalah seorang guru, Anda pasti tahu jawabannya. Apa yang lebih penting di waktu yang mendesak ini adalah melindungi anak-anak kita terlebih dahulu. Melindungi hidup mereka di atas hal lainnya, karena jika mereka tidak memiliki hidup mereka, bahkan jika mereka berpendidikan tinggi, itu akan memboroskan waktu para guru. Jadi, sebagai guru, Anda harus bijaksana, dan semua guru harus bijaksana dan menjadi pemimpin dari anak muda yang bergantung kepada para guru. Jadi para guru harus memberitahu para murid apa yang harus dilakukan, harus lebih memberitahu mereka, dan harus mendorong mereka menjalani hidup yang lebih baik, agar mengetahui apa yang penting bagi mereka, bukan hanya kurikulum standar saja, karena kita tidak berada dalam situasi normal lagi. Situasi telah berubah dan memerlukan penerapan yang berbeda. Sangatlah baik jika Anda membawa para murid keluar ke alam. Tetapi bawa mereka juga ke rumah jagal. Biarkan mereka melihat kekejaman terhadap hewan dimana mereka diperlakukan secara tak manusiawi; secara kejam. Bawa mereka ke area lingkungan yang tercemar. Biarkan mereka mengetahui akibat dari itu. Biarkan mereka tahu tentang fakta-fakta pemanasan global.

Biarkan mereka menyadari semua itu. Ajak semuanya, mereka harus tahu. Mereka adalah murid-murid Anda. Anda harus mengajar mereka apa yang penting. Misalkan saat berjalan di alam dengan murid-murid Anda, lalu mendadak ada bahaya yang terjadi. Situasi di jalan sudah tidak normal lagi. Situasinya bukan santai lagi, mendadak terjadi bahaya. Jadi, apa yang akan Anda lakukan? Anda harus langsung beritahu mereka bagaimana bereaksi. Anda tidak boleh terus berjalan seperti yang biasa Anda lakukan bersama anak murid Anda. Jadi hal yang sama terjadi saat ini. Rumah kita sedang kebakaran. Planet kita sedang dalam bahaya. Anda harus memberitahu mereka. Anda harus mengambil tindakan segera. Beritahu mereka apa yang harus dilakukan. Tuntun mereka menuju hidup yang lebih baik. Anda adalah panutan mereka dan mereka akan berterima kasih. Saya juga akan berterima kasih kepada Anda. Terima kasih atas pertanyaan Anda, dan terima kasih atas perhatian Anda. Tolong lakukan sesuatu.

Kembali ke Sifat Asal Kita yang Penuh Damai

Dr. Kim Sung-Jang, Dekan Universitas Wonkwang dan the Direktur Studi  Oriental: Semua masalah polusi dan lingkungan telah diciptakan oleh manusia.  Saya rasa ini karena manusia tidak hidup sebagai pemelihara dari semua makhluk hidup; sebaliknya kita hidup menurut hukum rimba. Dapatkah Anda memberitahu kami bagaimana kita dapat mengembalikan sifat asal kita yang penuh perdamaian dan hidup dengan harmonis bersama semua makhluk hidup?

G:  Pertanyaan Anda menunjukkan kebaikan hati Anda dan saya sangat menghargai itu.  Semua Guru di masa lampau telah menyebutkan bagaimana kita harus menjalani hidup kita. Jadi, seperti saya telah sebutkan tadi, kita harus kembali ke ajaran religius kita. Mendalami maksud dari kitab-kitab suci dan agama kita sendiri. Bahkan jika kita tidak merasa bahwa semua agama adalah sama, paling tidak, cukup mendalami kitab-kitab suci kita dan melihat apa yang diperintahkan oleh pemimpin agama kita. Semuanya ada di sana. Semuanya tentang cinta, tentang kasih, tentang kepedulian.  Yang terpenting adalah kita harus hidup menurut itu. Jadi, saya akan ringkas dengan singkat apa yang mulia dan baik, kita harus segera melakukannya. Apa yang jelek dan buruk, langsung dihentikan. Apa yang baik, lakukan itu; apa yang jelek, hentikan.

Jadi, saat ini, apa yang baik untuk planet kita adalah – diet vegetarian, teknologi baru, energi baru – kita lakukan itu. Kita usahakan yang terbaik. Apa yang jelek bagi planet kita – kekerasan, perang, pembunuhan, dan semua isu tak bermoral – kita hentikan.  Itu sangat mudah. Tetapi itu adalah pilihan individu. Mereka perlu kekuatan; mereka perlu keberanian untuk melakukan itu. Cukup mengubah kebiasaan, apa susahnya itu?  Cukup mengubahnya. Itu tidak akan mencelakai Anda; itu hanya akan berakibat baik pada Anda. Jadi apa yang baik harus kita lakukan; apa yang buruk harus kita hentikan.  Jika setiap orang tidak menyadari mendesaknya pemanasan global maka mereka harus mempelajarinya. Mereka harus lakukan riset lewat internet. Mereka harus mencari di SuperemeMaster TV.com.  Kita telah mengumpulkan semua informasi terkini dan bukti dari pemanasan global dan bagaimana solusinya, dari sudut pandang individu, dengan menghindari produk hewani kita dapat memangkas hingga 80%. Saya katakan 80% karena saya ingin lebih objektif. Saya akan katakan 100% jika Anda mempercayai kata-kata saya.

Walaupun demikian, bahkan jika kita tidak cukup cepat mengembangkan teknologi, kita bisa memiliki semua mobil dan bahkan CO2.  Itu masih tidak seburuk makan daging yang dapat membunuh orang dan hewan, karena ini mengakibatkan polusi paling hebat, dan itu adalah akibat buruk yang kita lakukan. Sangatlah buruk membunuh siapa pun atau membunuh hewan apapun, sesama penghuni bumi ini; hal ini dapat menghasilkan akibat yang sangat buruk yang kelak akan kembali ke diri kita.  Itulah keadaannya. Karena CO2 bukan hanya dari mobil; itu ada di laut. Dan begitu laut menjadi panas, gas itu akan dikeluarkan. Dan juga gas metana, semua ini adalah bukti ilmiah. Saya berbicara sebagai warga negara yang diinformasikan dengan baik dari apa yang terjadi di dunia dan setelah itu saya memberitahu Anda. Carilah pada semua sumber informasi. Jika Anda tidak bisa menemukan itu, SupremeMasterTV akan menyediakan bukti itu untuk Anda. Ada cukup bukti di sana.

Di samping itu, Pak, sangalah baik dimana Anda khawatir tentang hal ini, karena itu bukan hanya pemanasan global yang sedang kita hadapi. Akan ada hal lainnya seperti bapak penasihat Partai Demokrat AS untuk Asia telah sebutkan, bahwa ada noda-noda hitam matahari yang meledak dan kali ini akan lebih besar, dan juga ada komet yang mungkin menabrak Bumi, dan bahkan mungkin ada letusan seperti gunung berapi dari tengah samudra yang akan meledakkan semuanya. Jadi, itu bukan masalah teknis atau mesin teknis yang harus kita konsentrasikan. Itu adalah akibat dan retribusi yang harus kita perhatikan. Biaya dari pembunuhan atau kekerasan jauh lebih buruk dari meledaknya matahari atau laut apapun digabungkan bersama-sama, karena kita harus bertanggung jawab atas tindakan-tindakan kita. Setiap tindakan menimbulkan reaksi balasan. Kita harus menghentikan pembunuhan. Kita harus menghentikan pembunuhan hewan dan manusia. Kita harus menghentikan itu. Lalu segalanya akan menjadi sangat jelas dengan seketika. Kita akan menemukan mesin teknis yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah iklim, dan bahkan matahari akan berhenti meledak. Ledakan di lautan mungkin akan berhenti. Badai akan berhenti. Angin topan akan tenang. Gempa bumi akan hilang. Semuanya akan berubah menjadi hidup yang damai karena kita menciptakan perdamaian lalu kita akan memiliki perdamaian, bukan saja di antara manusia tetapi di antara sesama penghuni bumi.

Itulah sebabnya saya terus menekankan diet vegetarian. Itu adalah kode moral menjadi seorang manusia. Itu adalah sifat seorang manusia agung. Ini sangat mudah untuk dilakukan, terutama sekarang ini. Ada segala jenis cara untuk melakukannya.  Diet daging tidak saja menyebabkan emisi gas beracun paling besar ke dalam atmosfer planet, tapi ada banyak biaya-biaya lainnya. Bukan hanya hewan yang mengeluarkan gas metana, karena jika kita terus melipatgandakan hewan maka mereka akan menghasilkan gas yang berlipat ganda ke dalam udara. Tapi gas metana dari hewan bukan hanya satu-satunya kerusakan yang ditimbulkan. Ada biaya lain dari konsumsi daging seperti biaya energi untuk transportasi, biaya energi listrik, biaya pemborosan air, biaya pemanfaatan sumber tanah, biaya pengundulan hutan, biaya medis sehubungan dengan penyakit, dan biaya belasungkawa serta kesedihan dari orang yang kehilangan yang dikasihinya karena panyakit-penyakit yang berhubungan dengan diet daging. Dan karena kita menggunakan panen untuk memberi makan hewan piaraan daripada memberi makan langsung kepada manusia, ada lagi biaya perang dan kelaparan dunia karena kekurangan makanan dan sumber daya lainnya.  Jumlahkan itu semua dan kita akan mengetahui jawaban yang sebenarnya.

Ada banyak penyebab yang membuat energi negatif ke dalam atmosfer planet kita, dan Anda tahu apa yang saya bicarakan. Saat Anda masuk ke suatu ruangan dan ada orang yang saling membenci atau ada orang yang membenci Anda, Anda dapat merasakan energinya seperti irisan pisau. Saat Anda berjalan masuk ke dalam pesta yang indah dan gembira, Anda akan merasakan energi yang hidup dan energi  bahagia. Itulah yang menyebabkan kebahagiaan atau kesedihan hidup, energi negatif atau energi positif.  Jadi diet vegetarian adalah murah hati, jadi itu akan memberi Anda energi gembira dan selanjutnya akan menghasilkan lebih banyak kebahagiaan yang akan menarik lebih banyak kebahagiaan, dan saat Anda bahagia, semuanya akan menjadi lebih baik. Anda berpikir lebih baik, Anda bereaksi lebih baik, dan hidup Anda menjadi lebih baik. Anak-anak Anda akan menjadi lebih baik, segalanya akan menjadi lebih baik. Sekarang Anda mengerti apa yang saya bicarakan. Terima kasih, bapak, atas pertanyaan Anda.

Hadiah Kreativitas yang Bangkit Kembali

Nona Hong, Hui-Yoon, penulis novel Korea: Saya seorang penulis dan saya sudah tidak menulis dalam waktu yang cukup lama. Akhir-akhir ini, saya membaca buku Anda, “Anjing-anjing dalam Hidupku.” Saat membaca buku tersebut, saya sering tertawa sendiri dan seolah-olah saya sedang bermain dengan anak-anak. Setelah membacanya beberapa kali, anehnya rasa kasih saya tertuju pada Hermit. Ketika saya melihat pada matanya, Hermit mengajukan sebuah pertanyaan kepada saya: “Sekarang, apakah Anda percaya, kami, hewan-hewan juga memiliki jiwa?” “Ya, saya percaya,” jawab saya dengan segera. Sejak hari itu, entah bagaimana, ada banyak inspirasi yang datang kepada saya. Suatu hari, dengan sendirinya saya mulai menulis lagi. Saya sungguh dilimpahi dengan banyak inspirasi dan dalam beberapa hari saya menghabiskan waktu seharian untuk menulis, walaupun demikian, saya tidak pernah merasa lelah. Menulis berubah menjadi hal yang sangat sederhana dan sangat menggembirakan. Dulu, menulis biasanya menjadi sebuah proses yang sangat menyulitkan saya, menulis baris demi baris. Tetapi sekarang, saya merasa sangat bahagia dan gembira. Kapan pun saya merasa lelah, saya akan membaca buku Maha Guru Ching Hai, Anjing-anjing dalam Hidupku. Saat membaca buku itu, sungguh membuat saya sangat bahagia, dan sekarang saya menyadari bahwa diri saya sendiri sangat suka menulis. Saya sungguh berterima kasih kepada Maha Guru Ching Hai karena menulis buku Anjing-anjing dalam Hidupku, yang telah memberi saya inspirasi artistik.

G: Terima kasih kembali, Nona Hong. Terima kasih kembali. Saya senang bahwa karir menulis Anda membumbung tinggi lagi. Saya berharap Anda sukses. Dan apakah Anda tahu? Para hewan akan membantu Anda; mereka akan memberi inspirasi lebih kepada Anda dari dalam hati. Seperti yang telah Anda lihat, mereka akan melakukan lebih banyak lagi untuk membantu Anda. Saya pernah memberitahu kalian, hewan adalah penolong kita. Hal tersebut dinyatakan dalam Alkitab orang Kristen bahwa hewan adalah penolong dan teman kita. Sekarang, apakah Anda percaya? (Ya.)

Saya sangat senang bahwa buku anjing saya dapat membantu Anda. Buku itu akan membantu lebih banyak orang lagi. Ia akan membantu semua orang yang membacanya. Itulah mengapa saya menulisnya, alasan saya menulis buku-buku tersebut adalah agar orang-orang lebih mengerti tentang sahabat satwa kita dan memanfaatkan pertolongan serta berkah dari mereka. Mereka adalah malaikat yang menyamar. Juga, agar orang-orang semakin memahami dan menghormati sesama penghuni Bumi, agar mereka tidak membunuh penolong dan temannya sendiri, karena tindakan ini tidak baik dan merugikan. Itulah tujuan dari buku saya. Saya senang bahwa paling tidak saya mendengar hasil yang sukses darinya. Terima kasih atas tanggapan Anda. Terima kasih banyak dan saya mempunyai buku yang lain, Anda tahu bukan? Burung-burung dalam Hidupku dan Hewan-hewan Liar yang Mulia, mungkin Anda juga harus membacanya. Tetapi baiklah, buku-buku tersebut masih belum diterjemahkan ke dalam bahasa Korea.

Pembaca acara: Guru, mungkin Anda ingin mengetahui bahwa: Anjing-anjing dalam Hidupku telah menjadi buku penjualan terlaris #1 di Korea.

G: Oh wow! Terima kasih banyak. Terima kasih kepada semua orang yang terlibat, yang membuat segalanya terjadi, dan terima kasih kepada semua pembaca atas dukungannya. Mereka akan membantu Anda; para hewan akan membantu Anda. Masuklah ke dalam, tenangkan pikiran dan masuklah ke dalam, lalu Anda akan tahu siapa sebenarnya hewan-hewan itu, mereka adalah malaikat. Terima kasih, terima kasih, saya senang.

Sifat Ilahi Para Hewan

Nona Park-So-Yeon, kepala CARE, kelompok pelindung hewan terbesar di Korea: saya adalah seorang pelindung hewan, jadi saya ingin bertanya tentang hewan. Sejak masih muda, saya sering bermimpi berkomunikasi dengan hewan, karena saya merasa bahwa saya mengerti atas apa yang dikatakan oleh hewan, dan itu memberi saya seluruh pengalaman yang baru. Sebagai seorang aktivis pelindung satwa, saya telah melihat banyak orang yang menyiksa hewan dan memperlakukan hewan tersebut dengan kejam. Banyak orang yang mengira bahwa hewan tidak memiliki emosi; jadi, mereka berpikir bahwa hewan boleh diperlakukan seperti mesin. Baru-baru ini saya telah membaca buku Maha Guru Ching Hai. Anjing-anjing dalam Hidupku. Saya menyadari bahwa ternyata hewan memiliki emosi yang lebih halus dari yang pernah saya pikirkan, dan memiliki keperluan yang sama seperti manusia. Saya ingin meminta nasihat dari Anda cara menyadarkan orang yang berpikir bahwa hewan tidak memiliki emosi, perasaan, dan penderitaan dan bahwa mereka dapat diperlakukan seperti sebuah mesin.

G: Nona Park, terima kasih atas belas kasih Anda terhadap hewan. Anda lihat, ada banyak orang yang tidak diajarkan bahwa hewan adalah makhluk yang sama seperti kita, karena setiap orang sibuk dan mereka dipenuhi oleh usaha untuk bertahan hidup di planet ini, yang merupakan hal yang sangat sulit bagi mereka, jadi, kelihatannya mereka tidak mempunyai waktu untuk mempelajari tentang perasaan makhluk hidup lain, yang hidup di samping kita setiap hari. Itulah kenapa saya menulis buku-buku ini – Anjing-anjing dalam Hidupku, Burung-Burung dalam Hidupku, dan juga Hewan-hewan Liar yang Mulia – supaya setiap orang mengetahui bahwa hewan-hewan yang jinak ini sungguh memiliki perasaan dan emosi, dan bahkan hewan-hewan liar memiliki emosi dan perasaan. Saya bukan satu-satunya orang yang mengetahui hal ini. Siapa pun yang peduli tentang perasaan hewan juga dapat  bertanya kepada beberapa orang yang dapat berbicara kepada hewan atau ahli batin hewan; mereka dapat belajar dari buku dan membuka internet untuk melihat banyak kisah nyata mengenai hewan-hewan yang menunjukkan emosi mereka dan bahkan ada yang menjadi pahlawan yang menyelamatkan jiwa manusia dan menolong mereka dalam banyak cara. Ada banyak kisah nyata tentang hal tersebut. Dan di Supreme Master Television, kita juga menayangkan hewan-hewan yang gagah berani, yang menyenangkan, yang lucu, dan juga yang berbelas kasih.

Siapa pun yang benar-benar ingin mengetahui apakah hewan memiliki perasaan atau tidak, cobalah luangkan beberapa menit untuk mengamati mereka yang saling mencintai satu sama lain, saling memperhatikan satu sama lain, dan bahwa mereka terkadang sungguh berkorban satu sama lainnya. Kemudian Anda akan tahu bahwa mereka benar-benar memiliki perasaan, mereka sungguh-sungguh berdarah. Jika kita mencubitnya, mereka berteriak, itu berarti bahwa mereka merasakan sakit. Jika kita memarahi mereka, mereka bersembunyi, itu berarti emosi mereka telah terluka. Jika kita mencintai mereka dan memanggil mereka, mereka datang dengan mengibas-ngibaskan ekor dan menunjukkan wajah yang bahagia atau suara yang bahagia atau bernyanyi. Mereka sungguh-sungguh memiliki emosi; tentu saja mereka memilikinya. Setiap orang mengetahuinya. Dan untuk memberitahu Anda sesuatu: setiap orang dapat berkomunikasi dengan hewan melalui telepati, setiap orang! Hanya saja, kita tidak meluangkan waktu untuk melakukannya. Jika kita meluangkan waktu dan kita tulus, kita dapat mendengar mereka berbicara.

Lihatlah contoh dari salah seorang penulis Anda. Ia mengatakan bahwa ia tiba-tiba mendengar anjing-anjing tersebut berbicara. Ia tidak mendengarnya sebelumnya. Mengapa? Itu bukan karena ia tiba-tiba mengembangkan kekuatan batin atau kemampuan telepati ini: tidak, tidak. Ia telah memilikinya sepanjang waktu, tetapi ia tidak pernah menggunakannya. Seperti setiap hal lainnya, jika kita tidak menggunakannya dan kita hanya meninggalkannya pada suatu sudut maka ia akan berkarat, berjamur, dan mungkin akan terlupakan dan tidak berfungsi sepenuhnya.

Jadi, cobalah untuk menggunakannya. Tenangkan pikiran Anda. Mintalah agar hewan-hewan tersebut membantu Anda untuk mendengar. Mereka akan berkomunikasi. Mereka akan senang berbicara kepada Anda setiap waktu. Mereka telah berbicara kepada kita selama jutaan tahun ini, hanya saja kita tidak mendengar mereka. Jadi, kadang mereka berhenti mencoba; tetapi jika kita mencoba lagi, itu akan bekerja lagi. Itulah bagaimana saya mencobanya. Saya tidak berbeda dengan Anda. Saya hanya mencoba. Saya hanya tulus, dan saya hanya sungguh-sungguh mencintai hewan. Saya berharap agar saya dapat melakukan lebih banyak lagi daripada hanya menangis dan menumpahkan air mata untuk mereka atau bahkan setidaknya di Supreme Master TV, saya mencoba sesuatu. Itu tidaklah cukup, tetapi jika setiap orang mencoba sedikit seperti saya, maka dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Kita akan memiliki kedamaian dan kita akan memiliki pertolongan serta berkah dari para hewan; hidup kita akan lebih diperkaya dan indah.

Silakan bergabung bersama kami untuk kelanjutan tanya jawab yang penuh wawasan dari Guru selama konferensi video pada terbitan majalah berikutnya, #199

Untuk menyaksikan Supreme Master Television yang membahas “Seminar Internasional SOS! Mengenai Pemanasan Global,” silakan kunjungi situs web berikut:
http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW624s.php