Tokoh dan Peristiwa Indah

 

Senat Mobina Jaffer:
Fasih dalam Bahasa Perdamaian

Oleh saudari inisiat Florence Etienne, Vancouver, BC, Kanada (Asal dalam bahasa Inggris)

 

“Saya rasa kita harus berbicara dalam bahasa perdamaian,

dalam bahasa manusia.” ----------------- Mobina Jaffer

Bahasa dan perdamaian biasanya tidak disampaikan dalam kalimat yang sama; namun Senat Mobina Jaffer tidak ragu menggabungkan mereka dalam wawancara terus-terangnya dengan kami. Sebagai seorang jaksa yang penuh kharisma serta brilian, seorang wanita dengan welas asih serta kebaikan yang mendalam, Ny. Jaffer terkenal dalam dunia hukum, politik, penengah perdamaian, keadilan sosial, masyarakat serta penasehat hukum untuk pengungsi wanita. Semua ini mewakili sedikit dari banyak kasus yang diperjuangkannya tanpa lelah. 

Dilahirkan di Uganda, Senat Jaffer pernah mengalami langsung bagaimana menjadi pengungsi. Setelah menyelesaikan pendidikannya dalam bidang hukum di Inggris dan Kanada, dia memfokuskan diri dalam bidang hukum dan tata cara imigrasi Kanada dan mulai memberikan nasihat terhadap reformasi yudisial untuk meningkatkan keadaan para pengungsi. Dia telah bekerja secara ekstensif untuk memberikan pendidikan kepada orang-orang legislatif pada kasus-kasus tertentu yang menangani para pengungsi wanita atau kehidupan wanita di zona konflik. Usaha kerasnya telah menuntunnya ke berbagai tempat seperti Israel dan Darfur untuk mempromosikan perdamaian. 

Di Kanada, Senat ini membaktikan dirinya untuk keadilan dan perdamaian melalui keterlibatannya dalam jajaran organisasi-organisasi luas seperti: YWCA Kanada, Dewan Arbitrasi dan Perdamaian Nasional Aga Khan, Pembicara Kanada dalam Kekerasan Terhadap Wanita, Pintu Baru Rumah Transisi, Institut Hastings, promotor multikulturalisme, dan Wanita Minoritas Imigran dan Nyata dari Kolumbia-Inggris dan Yukon. 

Senat Jaffer menyampaikan bahwa pendidikan merupakan elemen kunci untuk memelihara keadilan dan pemahaman di antara orang-orang. Ketika ditanyai nasihat apa yang akan dia tawarkan untuk para pemuda sebagai pemimpin di masa depan, dia menyatakan: “Jangan pernah menyerah dalam pendidikan. Jika setiap anak muda mendengarkan saya, maka saya akan mengatakan dua hal kepada mereka. Satu: minta dan memohonlah untuk mendapatkan pendidikan maksimal. Dapatkan garansi; dapatkan sanak keluarga yang ingin membayar, karena setelah itu kamu akan dapat membayar kembali sepuluh kali lipat. Hal kedua adalah: Jangan berhenti belajar bahasa, karena lebih banyak bahasa yang kita ketahui, akan lebih baik pemahaman yang kita miliki satu sama lain. Saya percaya bahwa kita perlu berbicara bahasa perdamaian dengan orang-orang dalam bahasa orang tersebut. Dan jika saya dapat menjalani kehidupan saya lagi, maka saya akan belajar lebih banyak bahasa.” 

Kanada benar-benar terberkati karena memiliki pemimpin yang penuh welas asih serta patut ditiru yang meletakkan kebaikan yang lebih besar di atas semua jiwa pelayanan serta pengabdian kepada umat manusia.

Untuk lebih banyak informasi, silakan kunjungi situs web Senator Jaffer: http://www.parl.gc.ca/common/senmemb/senate/isenator_det.asp?senator_id=168&sortord