Guru Bercerita

Kita tIdak Akan Pernah Tahu Siapa adalah Siapa
Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Los Angeles, Kalifornia,
31 Agustus 1997 (Asal dalam bahasa Inggris)  Videotape #589

Suatu waktu, Buddha pergi berkeliling untuk mencari sedekah. Tetapi kemudian seorang pria kaya mengejar Sang Buddha dan memarahinya. Setelah itu Sang Buddha menjawabnya, “Kamu adalah ‘Buddha’ yang sangat tolol! Kamu menikah dengan ibu kandungmu, dan kamu memakan ayahmu, dan di sini kamu berdiri sambil mengata-ngatai saya.” Orang kaya itu menjadi sangat bingung dan meminta penjelasan-Nya. 

Sang Buddha kemudian menjawab, “Istri yang kamu nikahi sekarang adalah ibumu di masa lalu. Babi yang sedang kamu makan adalah ayahmu di masa lalu, dan anjingmu adalah nenekmu di masa lalu. Kamu menendang anjingmu, memakan ayahmu, dan tidur dengan ibumu. Jadi, bagaimana menurutmu?” Pada saat Sang Buddha mengatakan semua itu, dan seketika itu juga si pemilik rumah menyadari bahwa itu benar. Dia sangat menyesal lalu menjadi pengikut Sang Buddha.

Jadi kita tidak pernah tau siapa adalah ‘siapa.’ Tetapi lebih baik jika kita tidak mengenali atau tidak mengetahui terlalu banyak tentang kehidupan kita di masa lampau. Karena itu sebenarnya hanyalah energi yang tertinggal, dengan tubuh yang berbeda. Energi medan magnet yang tertinggal, energi dari keinginan dan harapan yang belum terselesaikan dari masa lampau seseorang yang tersisa, akan tetapi berada di tubuh yang lain. Jadi sebenarnya, dia dulu adalah ibu kita, tetapi setelah itu tidak lagi, karena saat dia lahir kembali, dia berpadu dengan jenis energi yang lain. Ada sesuatu yang tertinggal, tetapi ada sesuatu yang baru. Dan tubuh yang berbeda pula.

Jadi, jangan menyulitkan hidup dan mengacaukannya dengan masa lalu atau masa depan. Biarkanlah! Apapun yang kita miliki sekarang adalah apa yang kita miliki.