Seri Kepemimpinan Cemerlang di Dunia

Pemerintahan yang Tercerahkan
Menciptakan Masa Depan yang Gemilang
♥♥♥♥♥♥

Laporan menurut kriteria dan penilaian Guru

Arnold Schwarzenegger – Gubenur Penghijauan

Oleh Grup Berita Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

Sebelum terpilih menjadi gubenur California di tahun 2003, Arnold Schwarzenegger adalah seorang binaragawan terkenal, lima kali memenangkan gelar Mr.Universe  dan tujuh kali memenangkan Mr. Olympia. Ia juga adalah seorang bintang film laga dengan bayaran tertinggi di Hollywood dan seorang pengusaha yang sangat sukses.

Setelah menduduki jabatan, Arnold  mengumumkan sebuah rencana tindakan yang berani untuk memperbaiki mutu udara, air, taman, dan iklim negara bagian tersebut. Yang termasuk dalam rencana ini adalah pembentukan 25 juta hektar tanah Cagar Alam Sierra Nevada yang terbesar di California, untuk melindungi dan memperbaiki kualitas air dan udara serta sejarah, kebudayaan, dan sumber daya alam, dan untuk mengurangi resiko bencana alam seperti kebakaran yang menyebar dengan cepat dan sulit untuk dipadamkan. Gubenur Schwarzenegger juga mendirikan ribuan hektar tanah  untuk taman laut.

Di bulan September Tahun Emas 3 (2006), ia menandatangani perundang-undangan mengenai  Tindakan Pemecahan Masalah Pemanasan Global, mengurangi 25 persen emisi gas rumah kaca  di negara bagian tersebut sebelum berakhirnya tahun 2020. Ini adalah kebijaksanaan pengurangan gas rumah kaca  yang paling agresif di dunia dan menjadikan California sebagai negara bagian pertama di negara itu yang mengharuskan penurunan emisi gas rumah kaca. Ia juga menyetujui perundang-undangan bagi pemerintah negara bagian untuk mengurangi penggunaan energi sebanyak 20% dan mengalokasikan 3,2 milyar dollar untuk menunjang pemasangan panel surya di rumah-rumah dan perusahaan kecil.

Di bulan Januari Tahun Emas 4 (2007), ia juga menandatangani sebuah Executive Order, yang merupakan standar gas rumah kaca pertama di dunia untuk bahan bakar  transportasi. Standar ini akan mengurangi pengeluaran karbon dari kendaraan penumpang di California paling sedikit 10 persen sebelum berakhirnya tahun 2020. Karena standar tersebut menyokong target emisi dalam Tindakan Pemecahan Masalah Pemanasan Global, maka standar ini menjadi bagian dari strategi  California secara menyeluruh dalam memerangi pemanasan global. Hal itu Juga bermanfaat bagi perekonomian dengan memberikan dorongan untuk memperbanyak industri teknologi bersih di California, termasuk  pengembangan bahan bakar hidrogen.

Gubenur Schwarzenegger mengejawantahkan nilai-nilai penghijauan yang ia bicarakan; ia telah mengubah salah satu kendaraannya untuk dijalankan dengan hidrogen dan kendaraan lainnya memakai  bahan bakar bio. Ia juga memasang panel surya di rumahnya sendiri.  

Banyak orang mendapat kejutan karena seorang gubenur dari partai Republik telah mengambil sikap sedemikian tegas terhadap pemanasan global. Tetapi, menurut penasihat pemanasan global, Terry Tamminen, Gubenur Schwarzenegger dibesarkan dalam situasi paska perang Austria. Di saat itu kota-kota di Autria dipenuhi oleh puing-puing dan polusi. Setelah datang ke California, ia melihat sampah di pantai-pantai, dan ia merasakan pengaruh polusi udara pada paru-paru dan matanya. Sehingga ia selalu ingin memperbaiki lingkungan.

Schwarzenegger berkata, "Saya adalah seorang yang optimis. Saya tidak melihatnya sebagai suatu dunia yang akan berakhir. Saya melihatnya sebagai sebuah kesempatan besar untuk membersihkan kotoran kita. Kita adalah orang-orang dewasa; kita bukanlah anak-anak, dan kita dapat melakukannya. Itu sebabnya kita ingin menjadi yang terdepan di Kalifornia.”

Di bulan Mei 2007, ia terpilih oleh Majalah Time sebagai salah satu dari 100 orang yang  paling berpengaruh yang membantu  pembentukan dunia.

Referensi:
http://www.time.com/time/specials/2007/time100/article/0,28804,1595326_1615513_1615451,00.html http://www.cnn.com/2007/POLITICS/04/12/arnold.green/index.html http://money.cnn.com/magazines/fortune/fortune_archive/2007/04/02/8403410/index.htm http://www.madison.com/archives/read.php?ref=/tct/2007/05/07/0705070308.php
http://gov.ca.gov/index.php?/press-release/5074/