Teknologi Zaman Keemasan
 

Tesla Roadster, Harapan Baru
untuk Mobil Bertenaga Listrik

Oleh Saudara-inisiat Thomas Ngo, Florida, Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

Selama bertahun-tahun, industri otomotif telah menginvestasikan ratusan juta dolar untuk riset dan pengembangan mobil bebas polusi yang digerakkan sepenuhnya oleh tenaga listrik. Tesla Motors, yang mengambil nama insinyur listrik serta ilmuwan terkenal Nikola Tesla, mencapai keberhasilan dalam hal ini, dengan menciptakan mobil yang mempunyai 2 tempat duduk serta mempunyai kecepatan maksimum 130 mil (209 km) per jam. Mobil ini tidak mempunyai pipa knalpot dan tidak mengeluarkan emisi.


Bagian depan desain eksterior Tesla Roadster yang mengkilap dan licin.

Mobil Roadster buatan Tesla Motors yang super menarik ini adalah kendaraan yang dilengkapi dengan alat penambah tenaga listrik. Tampilan, sentuhan, dan cara mengendarainya sama seperti mobil sport mutakhir lainnya, tetapi tidak berisik. Dengan menggunakan transmisi dua kecepatan yang unik dan digerakkan oleh motor induksi arus bolak-balik 4-elektrode, 3-fase. Dalam waktu sekitar 4 detik mobil ini dapat berjalan hingga 60 mph (mil per jam) dengan kecepatan maksimum 130 mph. Mobil tersebut dapat menempuh jarak sejauh 250 mil (402 km) dengan sekali pengisian. Kemampuan menempuh jarak sejauh itu disebabkan oleh Sistem Penyimpanan Energi ion-litium teknologi mutakhir yang memakan waktu kira-kira 3,5 jam untuk pengisian penuh.

Tesla akan mengapalkan mobil pertamanya pada tahun 2007 dari Inggris. Seratus unit produksi yang pertama telah dibeli oleh orang seperti George Clooney dan investor mobil tersebut, Sergery Brin. Para desainer dan insinyur Tesla telah berusaha keras untuk memastikan bahwa mobil Tesla Roadster aman untuk dikendarai. Tujuan mereka adalah untuk melampaui standar keras Federal Motor Safety Standards (Standar Keamanan Federal Motor), atau FMVSS, seperti yang diberlakukan oleh NHTSA National Highway Traffic Safety Administration (Administrasi Keamanan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional). Mereka juga berupaya memberikan para pembeli sebuah panel fotovoltaik (pembangkit tegangan listrik oleh sinar matahari) untuk mendayagunakan energi surya.


Bagian belakang Tesla Roadster dengan mesin dan komponen-komponennya
http://www.positivenews.org.uk/artman/publish/article_923.shtml