Tanya Jawab Pilihan

 

Tugas Mulia Media Massa

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Panama (Graha Jurnalistik),
29 November 1989, Kaset Video #106

T: Saya tertarik untuk mengetahui kesan atau pandangan pribadi Anda tentang peran pers, radio, dan televisi. Apakah dalam hal tertentu memperbesar permusuhan umat manusia?

G: Ya, benar. Saya setuju. Sistem komunikasi pers, televisi, atau radio diharapkan memberi pelayanan yang terbaik bagi umat manusia, untuk mencerahkan pikiran dan menghibur banyak orang. Dan mereka telah memenuhi tugasnya dalam bagian tertentu.

Tetapi di sisi lain, ada sedikit kecerobohan dari kekuatan komunikasi ini. Maka, kadang kala terjadi pemutarbalikan berita yang salah, dan salah paham, serta semacam gambar-gambar kekerasan maupun perilaku jahat yang ditunjukkan di dalam pers, televisi, radio, atau teater. Kesalahan ini seharusnya dikoreksi karena memperdalam permusuhan antar bangsa, kelompok, dan sekte. Dan itu tidak mendukung perdamaian.

Maka, saya setuju dengannya sehubungan dengan masalah ini. Kita juga seharusnya berusaha sesuai kapasitas kita untuk mengingatkan pers, radio, dan sistem komunikasi agar mereka mengingat tugas mulia mereka, serta tidak memberi jalan bagi perasaan pilih kasih, ketenaran, atau reputasi di dunia ini. Mereka harus memilih apa yang sehat dan tercerahkan untuk ditunjukkan kepada masyarakat. Mereka harus mengabaikan apa yang berbahaya, merusak atau berpengaruh buruk, serta seharusnya tidak menunjukkan ini ke masyarakat luas.

Saya tidak bermaksud bahwa mereka tidak harus memberitakan kisah yang sebenarnya. Tetapi maksud saya, mereka seharusnya tidak menambahi sifat keras dunia dengan lebih banyak kekerasan dan tidak menampilkan kekerasan, dan semua jenis kejahatan dalam banyak film, berita, serta kepustakaan. Itu buruk, dan ini dapat memberi pengaruh yang buruk kepada anak-anak.