Perkembangan Positif di Planet Bumi

Berita Positif untuk Dunia yang Lebih Baik

Oleh Tim Hiburan, Los Angeles, California, Amerika Serikat
(Asal dalam bahasa Inggris)
Nepal
Perdamaian di Masa Datang

Dari Berita SMTV, Episode 62

Peristiwa-peristiwa positif terus terjadi di Nepal, dan semua itu sebagai suatu pertanda yang memperlihatkan akan datangnya perdamaian abadi. Pada tanggal 21 November Tahun Emas 3 (2006), Perdana Menteri Nepal Girija Prasad Koirala dan Ketua Partai Maois menandatangani Persetujuan Perdamaian Nepal dan mengakhiri sebuah konflik selama satu dasawarsa lebih di negara tersebut. Pemerintah sementara Nepal dikenal sebagai Persekutuan Tujuh Partai. Dalam persetujuan itu juga ditetapkan gencatan senjata permanen.

Pemerintah sementara juga merencanakan sebuah Dewan Perwakilan Rakyat baru dengan perwakilan yang sama dari partai-partai yang berbeda. Dewan Perwakilan Rakyat akan berjumlah sekitar 300 anggota. Selama proses pemilihan, akan digunakan konstitusi persetujuan perdamaian yang telah disetujui.

http://www.telegraphindia.com/1061106/
asp/opinion/story_6962606.asp

http://en.wikipedia.org/wiki/Nepal

 

Latvia
Makanan Untuk Kesehatan Anak-Anak

Dari Berita SMTV, Episode 19

Pada tanggal 1 November, pemerintah Latvia mengambil suatu keputusan yang akan menjadikan Latvia sebagai negara Uni Eropa pertama yang melaksanakan suatu larangan sepenuhnya terhadap penjualan makanan yang tidak bergizi di sekolah-sekolah umum. Francesco Branca, seorang penasihat di Organisasi Kesehatan Dunia di Kopenhagen, sangat gembira dengan keputusan ini. Ia mengatakan bahwa program akan menyediakan bahan makanan alternatif dan menganjurkan anak-anak untuk makan dengan sehat. Sebagai bagian dari rencana untuk memperbaiki diet anak-anak secara keseluruhan, Departemen Kesehatan Latvia ♥♥♥♥♥ mengatakan bahwa ini juga termasuk memperkenalkan program konsumsi jus, buah beri, dan kacang tanpa garam di semua sekolah umum.

China Daratan
Mempererat Pertalian antara China dan Afrika

Dari Berita SMTV, Episode 57

Pada Mimbar Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama antara China – Afrika 2006 yang diadakan di Beijing dan belum pernah terjadi sebelumnya, Presiden China Hu Jintao ♥♥♥♥ berjanji untuk melipatgandakan bantuan China ke Afrika dalam tiga tahun mendatang. Ia juga berkata bahwa China bersedia memberi bantuan kepada bangsa Afrika sebesar 3 miliar dolar AS dalam bentuk pinjaman, 2 miliar dolar AS dalam piutang ekspor, dan 5 miliar dolar AS untuk memperkenalkan investasi China di Afrika. China juga berjanji akan melatih 5.000 tenaga ahli Afrika dan membangun rumah sakit serta klinik.

Dengan komitmen yang berkelanjutan China berharap untuk mengangkat standar hidup rakyat Afrika melalui perdagangan, pinjaman, termasuk bantuan pengiriman dokter, guru, dan insinyur. Perdana Menteri Etiopia Meles Zenawi menyambut bantuan China dan berterima kasih kepada Presiden Hu. Ia menegaskan bahwa Afrika membutuhkan bantuan untuk berjuang melawan kemiskinan. Perdana Menteri Zenawi berkata, ”Pada zaman baru ini, China dan Afrika mempunyai tujuan pembangunan dan kepentingan bersama.” Bilamana ada satu bangsa yang membantu kemajuan bangsa lain, itu sungguh merupakan suatu langkah yang menggembirakan bagi planet kita!

http://www.viewswire.com/index.asp

http://www.en.civilg8.ru/index.php

http://www.chinaconfidential.blogspot.com

http://www.cbc.ca/world/story/2006/11/05/china-africa.html

 
Swedia
Tempat Berlindung bagi Pengungsi Irak

Dari Berita SMTV, Episode 52

Perang di Irak berpengaruh terhadap banyak warganya yang tidak berdosa. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk pindah ke suatu tempat yang aman dan benar-benar mengharapkan perdamaian. Swedia menjadi pilihan baru bagi banyak imigran Irak. Peraturan imigrasi di Swedia membuatnya lebih mudah daripada negara lain untuk mendapatkan izin tinggal. Kenyataannya, banyak imigran baru di Irak yang datang ke Swedia sehingga negara itu harus mendirikan sebuah kesatuan khusus imigrasi untuk menghadapi situasi yang membludak ini. Kebanyakan imigran baru [LM1] sekarang bisa mendapatkan izin untuk tinggal bersama dengan keluarga-keluarga yang sudah terlebih dahulu menyingkir dari perang. Terima kasih Swedia ♥♥♥♥♥♥atas keterbukaan hatimu dan melindungi para saudara-saudari yang lain pada saat mereka sedang membutuhkannya.

 

http://www.theglobeandmail.com/servlet/story/
LAC.20061025.IRAQSIDE25/TPStory/TPInternational/Africa/

 

Uni Eropa
Mendahulukan Kesehatan Warga Negara

Dari Berita SMTV, Episode 54

Uni Eropa ♥♥♥♥♥ menyetujui sebuah strategi baru untuk secara aktif mendukung negara anggota dalam mengurangi pengaruh alkohol yang membahayakan. Diperkirakan bahwa 195.000 orang meninggal setiap tahun karena penyalahgunaan alkohol di Uni Eropa. Komisi Eropa akan mencari penyelesaian terhadap pengaruh yang merugikan dari konsumsi alkohol bagi kesehatan warga Eropa.

Menurut siaran pers dari Komisi Eropa: “Diperkirakan ada 55 juta orang dewasa di Uni Eropa yang berisiko. Konsumsi alkohol yang merusak dan membahayakan menyumbang sebesar 7,4% sebagai penyebab utama dari kesehatan yang buruk dan mati muda di Uni Eropa. Absen kerja sehubungan dengan penggunaan alkohol, minum alkohol selama jam kerja, atau bekerja dengan kondisi ‘mabuk’ mempunyai pengaruh negatif terhadap hasil kerja, daya saing, dan daya produksi. Pada kelompok umur 15 – 29 tahun, lebih dari 10% kematian pada wanita dan 25% kematian pada pria berhubungan dengan konsumsi alkohol.

Dokumen resmi dari Komisi Eropa menyatakan, ”Ini juga penyebab 16% kasus perlakuan kejam dan penelantaran anak-anak. Wanita yang mengonsumsi alkohol pada masa hamilnya dapat merusak perkembangan otak dan mempunyai kaitan terhadap menurunnya kecerdasan anak. Kira-kira satu dari empat kecelakaan berhubungan dengan konsumsi alkohol, dan sekitar 10.000 orang terbunuh setiap tahunnya dalam kecelakaan jalan raya di Uni Eropa karena alkohol.

Dengan kepemimpinan Komisi Eropa yang memperlihatkan kesungguhan hati mereka akan persoalan kesehatan umum serta berbagai program dan kebijaksanaan yang positif akan membantu meningkatkan gaya hidup aman dan sehat bagi semua.

http://europa.eu/rapid/pressReleasesAction.do?reference=IP
/06/1455&format=HTML&aged=0&language=EN&guiLanguage=en

 

Moldova
Program Makanan 2006 di Moldova

Dari Berita SMTV, Episode 56

Program Makanan 2006 di Moldova baru-baru ini menerima dana senilai 1,2 juta euro untuk membantu memerangi kemiskinan. Dengan total uang 9,2 juta euro yang ada saat ini, program yang telah dimulai sejak tahun 2002 ini diharapkan dapat membantu membangun ekonomi pertanian Moldova yang merupakan fondasi negara mereka. Total keseluruhan yang mencakup tahun-tahun sebelumnya berjumlah 24,5 juta euro. Pada tahun 2005 juga diberikan 18,3 juta euro untuk bantuan pokok bagi kesehatan dan ekonomi masyarakat. Program tersebut dibentuk menurut rencana bersama dari Uni Eropa – Moldova ♥♥♥♥♥♥ tentang Pelaksanaan Rencana Pertumbuhan Ekonomi serta Strategi Pengurangan Kemiskinan.

http://www.azi.md/news?ID=41639

 

Australia
Pemerintah Australia Memanfaatkan Tenaga Matahari

Dari Berita SMTV, Episode 56

Pemerintah Australia ♥♥♥♥♥♥ telah menandatangani dua persetujuan sejumlah 95 juta dolar untuk mengurangi emisi gas dan bahan polusi rumah kaca mereka. Pertama adalah pembangunan gedung matahari terbesar di dunia. Bangunan dengan 154 megawatt ini akan memakai panel-panel kaca untuk menyerap tenaga matahari. Gedung ini direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2008 dan akan bertenaga penuh di tahun 2013.

Yang kedua adalah menampung zat polusi dari pembangkit tenaga listrik batu bara yang ada sebelumnya. Emisi dari pembangkit tenaga listrik ini akan dipakai kembali dan didaur ulang untuk dibuat lebih bertenaga demi mengurangi bahan polusi yang dibuang ke udara.

http://www.rutlandherald.com/apps/pbcs.dll/article?AID=/
20061026/NEWS/610260392/1024/NEWS04

 

Belgia
Bantuan ke Burundi

♥♥♥♥♥

Dari Berita SMTV, Episode 58

Belgia menyumbangkan 60 juta euro ke Burundi. Tindakan ini memperbaharui kerja sama bilateral mereka setelah terjerumus dalam perang sipil pada tahun 1993 yang menghambat pertumbuhan negara kecil penanam kopi di pusat Afrika ini.

Rakyat Burundi telah menunggu selama 13 tahun untuk memperbarui kerja sama langsung dengan Belgia. Sumbangan ini membuktikan bahwa sekutunya telah memahami berbagai upaya pemerintah untuk membangun kembali ekonomi mereka.

Menurut para pejabat, dana ini akan membantu kondisi kehidupan rakyat Burundi dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan pertanian nasional mereka dalam beberapa tahun mendatang.

http://www.alertnet.org/thenews/newsdesk/L27835271.htm

 

Selandia Baru
Memelopori Konsep “Tidak ada Sampah yang Terbuang”

Dari Berita SMTV, Episode 58

Kota Timaru ♥♥♥♥♥ terletak di wilayah Canterbury di bagian timur kepulauan selatan Selandia Baru. Saat ini, Timaru memelopori cara daur ulang sampah dengan memperkenalkan sebuah pengumpulan dan sistem daur ulang dengan prinsip 'Tidak ada sampah yang terbuang'. Hanya dalam 3 bulan setelah pelaksanaan, Dewan Kota Timaru telah melaporkan bahwa 75% dari semua sampah akan didaur ulang. Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clarke dengan sepenuh hati mendukung proyek ini sebagai sebuah contoh bagi wilayah lainnya dan menyebutnya sebagai sebuah “pencapaian luar biasa” untuk dapat mendaur ulang sebagian besar sampah yang tadinya bertumpuk.

Penduduk setempat dan dewan pejabat kota setuju bahwa konsep ‘Tidak ada Sampah yang Terbuang’ yang sangat sukses di Timaru ini akan menjadi cara pembuangan sampah masa depan di Selandia Baru.

http://tvnz.co.nz/view/video_popup_windows_skin/879224

 

Filipina
Beri Kesempatan kepada Perdamaian

Dari Berita SMTV, Episode 86

Mayor Jenderal Raymundo Ferrer berkomentar: “Mungkin inilah saatnya kita mengajari prajurit kita untuk membangun perdamaian.”

Tentara Filipina dan lembaga swadaya masyarakat Filipina mengirim sebuah pesan kepada pemerintah serta Front Pembebasan Islam Moro: Mereka ingin damai! Salah satu pengurus dari "Week of Peace (Minggu Perdamaian)” menjelaskan: “Selain untuk mempromosikan perdamaian, salah satu tujuan kami dalam perayaan ‘Week of Peace’ adalah mendesak pemerintah dan panel perdamaian [Front Pembebasan Islam Moro] untuk meneruskan negosiasi perdamaian." Mayor Jenderal Raymundo Ferrer ♥♥♥♥♥♥ dari tentara Filipina mendukung keikutsertaan pasukannya dalam acara ini. Dia berkomentar: “Mungkin inilah saatnya kita mengajari prajurit kita untuk membangun perdamaian. Tentara militer akan lebih banyak mempunyai waktu senggang daripada waktu berperang sehingga mereka juga mungkin menemukan hal-hal produktif lainnya untuk dikerjakan, seperti membantu membangun perdamaian dan meningkatkan kehidupan di masyarakat.”

Ini kedengarannya seperti ide yang fantastis! Semoga prajurit-prajurit pembangun perdamaian akan menjadi generasi baru prajurit di dunia kita.

http://www.sunstar.com.ph/static/cag/2006/12/02/news/
military.ngos.work.for.peace.html

 

 

Kashmir, Pakistan and India
Sebuah Pertanda Lain dari Perdamaian

Dari Berita SMTV, Episode 87

Presiden Pakistan Pervez Musharraf

Kashmir, sebuah wilayah di Himalaya, terkenal akan keindahannya. Wilayah yang didominasi oleh orang Muslim ini juga telah menjadi topik perselisihan antara Pakistan dan India selama hampir 60 tahun. Kedua negara yang bertetangga ini menuntut semua wilayah Kashmir sebagai wilayah mereka. Baru-baru ini, Presiden Pakistam Pervez Musharraf ♥♥♥♥♥♥ mengumumkan bahwa Pakistan bersedia melepaskan tuntutannya akan Kashmir jika India setuju bahwa Kashmir akan lebih bersifat otonomi atau mandiri. Sejak kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1947, dua dari tiga perang antara India dan Pakistan adalah perselisihan tentang Kashmir. Untungnya, dua tahun yang lalu, dua negara tersebut memperbaiki hubungan mereka dengan memulai proses perdamaian. Dan sekarang, deklarasi yang berarti dari sisi Pakistan mungkin akan menunjukkan sebuah era baru akan perdamaian untuk keseluruhan wilayah.

Presiden Musharraf berkata: “Pada dasarnya, kedua sisi harus melepaskan posisi mereka dan mundur. Jika salah satu dari kita belum siap untuk mundur, maka kita tidak akan mencapai sebuah penyelesaian.”

Ini adalah sebuah komentar yang luar biasa dari seorang pemimpin di zaman modern ini. Tentunya orang-orang di daerah tersebut akan menjadi orang pertama yang menghargai atmosfer yang harmonis ini. Kami sampaikan doa kami yang tulus ini kepada orang-orang cantik di Kashmir, Pakistan, dan India.
Formosa dan China Daratan
Sebuah Langkah Menuju Perdamaian

Sewaktu ceramah Maha Guru Ching Hai di bulan Mei 2000 di Formosa, hadirin bertanya tentang perdamaian masa depan antara dua China yang bersaudara. Guru kemudian menjawab “Ya” dengan mantap yang disertai tepuk tangan yang meriah dari hadirin, dan ini menunjukkan bahwa hal ini merupakan impian dari banyak orang China, baik di China Daratan maupun Formosa.

T: Akankah China dan Formosa saling mencintai satu dengan yang lain dengan kasih yang penuh seperti yang mereka miliki untuk diri mereka sendiri?

G: Ya. (Tepuk tangan) Tetapi semua orang harus bekerja lebih giat lagi dan kedua sisi harus betul-betul tulus.

(Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, 5 Mei 2000,
Taoyuan, Formosa, Kaset DVD #692 Asal dalam bahasa China)

Sekarang mimpi akan perdamaian ini akan menjadi kenyataan, selangkah demi selangkah. Formosa telah membuka pintunya terhadap 1.000 turis wisata dari China Daratan setiap harinya. Sebuah survei yang dilakukan oleh pemerintah menunjukkan bahwa kebanyakan orang menyambut baik turis dari China Daratan. Dan juga, Formosa sekarang sedang memikirkan untuk menambah kuota menjadi 1.500 pengunjung per hari.

Setelah mendengar kabar ini, Guru sangat gembira dan berkata, “Ini karena kalian di dua daratan berlatih rohani dengan baik. Oleh karenanya, atmosfer serta dunia ini bertambah baik dan lebih baik lagi. Dengan mengubah dunia ini, maka diri kita juga akan memperoleh manfaatnya! Seperti yang pernah saya katakan: jika kalian tekun berlatih rohani, maka segala sesuatunya akan berubah ke arah yang lebih baik. Kita tidak akan sampai berperang; kita tidak perlu berkelahi untuk apa pun atau beradu mulut dengan orang-orang; kita hanya perlu berlatih secara diam-diam, dan segala sesuatunya akan menjadi lebih baik.” (Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, 26 November 2006, Retret Internasional di Bangkok, Thailand. Asal dalam bahasa China)
Surat dari Guru untuk kedua pemerintah

Untuk mensyukuri pencapaian ini, Guru telah menulis surat kepada pemerintah Formosa dan China Daratan dengan mengatakan bahwa pertukaran kehendak baik ini adalah sebuah langkah yang berarti ke arah perdamaian dunia, karena ini menunjukkan bahwa kedua pemerintah betul-betul mempunyai kesadaran akan kesejahteraan masyarakat di dalam hatinya, dengan kebijakan yang baik yang penuh welas asih yang bermanfaat bagi semuanya. Guru mengungkapkan rasa hormat dan kekaguman-Nya yang tulus, serta berdoa bagi mereka agar mempunyai masa depan yang lebih cemerlang dan indah.