Kasih dalam Tindakan

Amerika Serikat

Sebuah Sekolah Vegetarian
di California, Amerika Serikat

Dari Berita SMTV, Episode 85, 87, dan 88

 
Oak Grove, sebuah sekolah vegetarian di California, AS, menerima sumbangan Maha Guru Ching Hai sebesar 5.000 dolar AS

Sekolah Oak Grove di Ojai, California, didirikan pada tahun 1975 oleh Jiddu Krishnamurti, seorang guru terkenal di abad ke-20 yang mempunyai gagasan tentang pendidikan yang sangat maju dan tanpa pembedaan warna kulit. Sekarang ini, Oak Grove adalah sebuah sekolah swasta yang menyediakan program pendidikan inovatif untuk anak-anak kecil, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, program sekolah menengah persiapan masuk universitas, dan program pemondokan gaya kekeluargaan. Filsafatnya adalah membantu mahasiswa "mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berperan di masyarakat, dan pada saat yang sama membangun fondasi untuk mencari tahu tentang soal kehidupan manusia yang selalu dipertanyakan …. serta membantu para siswa untuk mengadakan penelitian dengan pikiran terbuka tentang permasalahan manusia yang berlangsung terus."

Sekolah ini adalah sekolah vegetarian sepenuhnya, dan menyediakan menu makan siang yang lezat dengan sebagian besar bahannya berasal dari hasil pertanian sistem organik yang berasal dari kebun di atas lahan milik sekolah seluas 158 acre (+ 80 ha). Para siswa membantu menggarap kebun, dan semuanya sangat menyukai makan siang vegetarian mereka yang kreatif dan lezat. Irmgard James sekali-sekali masak di sekolah itu. Hal itu telah dilakukannya selama 24 tahun, dan sekarang ia melakukan tugasnya bersama dengan anak perempuannya. Ia menyambut setiap hari sebagai suatu pengalaman baru, bersyukur bahwa ia masih hidup dan mempunyai hari lain lagi untuk belajar dan memberi pelajaran kepada orang-orang.

Di samping mempelajari mata pelajaran pokok, sekolah menekankan bahwa memiliki pikiran yang ingin tahu adalah hal yang terpenting. Sebagai contoh, anak-anak mendapat pengalaman yang sangat positif dari menanam dan menyantap makanan vegetarian. Sejak usia muda, mereka terbuka terhadap banyak pilihan vegetarian yang positif. Dengan fondasi itu, mereka dapat menggunakan kekuatan pemikiran bawaan lahir mereka untuk menentukan apakah ini diet yang paling baik.

Di dalam sekolah ada beberapa teknologi mutakhir seperti rumah kaca yang dibangun dari gulungan jerami yang menggunakan energi surya secara pasif. Gulungan jerami itu digunakan sebagai pengisi yang berfungsi sebagai sebuah isolasi. Dengan demikian para mahasiswa belajar teknik alternatif bangunan yang dapat bertahan lama dari tangan pertama.

Paul Herder (kiri), Direktur Pengembangan dari Sekolah Oak Grove
Igmar James (kanan), Direktur Pelayanan Makanan dari Sekolah Oak Grove

Baru-baru ini, saat Maha Guru Ching Hai mendengar tentang Sekolah Oak Grove dan mengetahui tentang filsafatnya, kurikulumnya yang berpandangan global, dan program makan siangnya yang sehat dan welas asih, Dia dengan murah hati memberi sumbangan sebesar 5.000 dolar AS kepada sekolah itu. Anggota Asosiasi mengunjungi sekolah itu pada awal Desember Tahun Emas 3 (2006) dan berbicara dengan para staf, guru, dan siswanya; dan memberikan sumbangan Maha Guru Ching Hai yang diterima dengan sangat ramah dan penuh syukur.
Para siswa Oak Grove

Satu anggota staf menyampaikan sambutan ini kepada Guru: "Saya ingin sampaikan kepada Maha Guru Ching Hai bahwa saya sangat bersyukur kepada Anda dan atas karya Anda, atas kesediaan Anda untuk bangun setiap hari dan berbicara tentang kebaikan, dan berbicara tentang melakukan yang terbaik dengan apa yang kita miliki. Saya sangat menghargainya. Terima kasih atas semua cahaya di alam semesta, karena cahaya itu ada di dalam diri kita semua. Itu bukan milik satu orang. Saya kira Dia membantu kita melihat cahaya itu, dan itulah karyanya. Jadi, terima kasih banyak, dan namaste."

Anak-anak di sekolah ini menyanyikan sebuah lagu perdamaian yang indah:

Perdamaian adalah dunia yang penuh senyum.

Perdamaian adalah seekor merpati  jinak.

Perdamaian adalah memberi perhatian, perdamaian adalah berbagi,

Perdamaian mengisi dunia ini dengan kasih.