Kasih dalam Tindakan

Nepal

 

Kasih Guru Mencapai
Sebuah Daerah yang Terserang Penyakit Mematikan di Nepal
 

Dilaporkan oleh Center Kathmandu, Nepal (Asal dalam bahasa Inggris)
Surat ucapan terima kasih dari Kantor Kesehatan Masyarakat setempat di Banke, Nepal.

Pada tanggal 20 November Tahun Emas 3 (2006), sebagai tanggapan terhadap berita mengenai tersebarnya penyakit yang ditularkan melalui nyamuk (malaria, demam berdarah, dsb.) di beberapa desa di Distrik Banke, Nepal; beberapa inisiat dari Center Kathmandu memutuskan untuk berangkat ke daerah tersebut untuk memberikan bantuan.

Kami berangkat dari Kathmandu pukul 5 pagi dan tiba di Nepalganj, kota kecil yang paling dekat dengan daerah bencana di Distrik Banke, pada malam harinya. Jarak perjalanannya kira-kira 600 kilometer.
 

Karena daerah yang terserang penyakit letaknya terpencil dan baru bagi kami, esok harinya kami mendatangi kantor Kesehatan Masyarakat dan Palang Merah setempat untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Tetapi, di sana tidak terdapat catatan terperinci yang kami perlukan. Dari kantor tersebut kami mengetahui bahwa masyarakat di daerah yang terserang penyakit itu buta huruf dan terdapat banyak orang desa. Proses pembagian bantuan bisa berubah menjadi kericuhan dan pertikaian yang tidak diinginkan.

Yakin dengan perlindungan dan pengaturan Guru, kami mengatasi rasa ketakutan kami sebelumnya untuk mendatangi daerah yang mematikan tersebut, karena demam dan malaria sangat mudah ditularkan hanya dengan gigitan kecil nyamuk. Karena musim dingin sudah mendekat, kami juga memutuskan untuk membeli beberapa selimut, dan jaring-jaring nyamuk yang banyak diperlukan. Barang tersebut tidak banyak terdapat di kota kecil, jadi kami harus menunggu mereka untuk menyediakan apa yang kami perlukan.

Pada tanggal 25 November, kami menyewa sebuah traktor dan sebuah jip untuk mengangkut barang-barang ke Desa Sonbarsa. Jalannya berlumpur, tidak rata, dan dipenuhi dengan debu. Kami juga harus menyeberangi Sungai Rapti yang panjangnya dua kilometer dengan perahu, karena di tempat itu tidak ada jembatan. Karena di sana tidak ada jalan yang dibangun, maka kami memerlukan tambahan dua buah traktor untuk melewati medan pasir dan lumpur yang tidak stabil, rawa yang dalam penuh dengan air, dan jalan berbenjol-benjol yang kasar. Ketika memuat barang, traktor yang satu mulai tenggelam ke lumpur basah. Untung pengemudi dapat mengeluarkannya ke tanah yang aman.

Desa Sonbarsa kira-kira mempunyai 300 kepala keluarga. Proses pembagian cukup sulit karena massa yang besar dan masalah bahasa. Akan tetapi, dengan petunjuk Guru, kami bisa membagikan 300 selimut dan 500 jaring-jaring nyamuk. Kami juga membagikan kepada mereka pamflet 'Cara Hidup Alternatif' dan beberapa buku contoh “Kunci Pencerahan Seketika”. Beberapa bungkus biskuit dan cokelat diberikan kepada anak-anak dan semuanya diterima dengan penuh suka cita. Walaupun banyak yang tidak bisa membaca, mereka merasa bahagia saat melihat gambar Guru pada buku contoh. Yang membuat kami terkejut adalah 60 sampai 70 persen orang di desa tersebut adalah vegetarian.

Sebuah surat kabar harian yang memuat pekerjaan bantuan Asosiasi kita pada halaman pertamanya.

Pada tanggal 27 November, sebuah surat kabar harian memuat berita mengenai bantuan kami pada halaman pertamanya. Kantor Kesehatan Masyarakat setempat di Banke, Nepal juga menghargai usaha kami dan menyampaikan sepucuk surat ucapan terima kasih kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai Nepal atas bantuannya.


Pengeluaran-pengeluaran oleh Maha Guru Ching Hai
dan Asosiasi Internasional-Nya
untuk Menolong Orang Desa di Daerah yang Terserang Wabah Penyakit di Banke, Nepal

 

Keterangan
Jumlah dalam Rupee (NPR)
No. Kuitansi
Jaring-jaring nyamuk, selimut, dan pengemasan
153,757
A1~14
Transportasi (termasuk bus, taksi, jip, traktor, kuli angkut, dan perahu)
33,064
B1~4
Penginapan dan makanan
18,115
C1~2
Lain-lain (obat-obatan, air, perlengkapan, foto, dsb.)
16,619
D1~5
Total Pengeluaran
221,555 (US$3,166)