Tokoh dan Peristiwa Indah

 

Membangun Sebuah Bangsa Tanpa Pembunuhan -
Kisah tentang Nathan Winograd
♥♥♥♥♥♥

Oleh Center Dallas, Texas AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Nathan Winograd, Direktur Pusat Pembelaan Tanpa Pembunuhan (No Kill Advocacy Center), berketetapan untuk menyelamatkan sekitar lima juta anjing, kucing, tikus gerbil, tupai hamster, kelinci, dll. di AS yang dijadwalkan akan dieutanasia (dibuat meninggal untuk menghilangkan penderitaannya) tahun ini jika mereka tidak diadopsi.

Sejak masa kecilnya, Winograd yang dipengaruhi oleh ibunya yang mencintai kucing, akan menolong binatang yang tak berdaya, termasuk anak kucing berumur 6 minggu yang menjadi kawan tercintanya selama 23 tahun berikutnya.

Sebagai siswa hukum Universitas Stanford, Winograd terinspirasi oleh dua pengarang: John Robbins, dalam "Diet of a New America (Diet dari Amerika Baru)” dan Hans Ruesch dalam “Slaughter of the Innocents (Pembantaian Sang Tak Bersalah)”. Ketika pegawai sekolah memutuskan untuk membasmi kucing liar (tidak dijinakkan) di kampus, Nathan bergabung bersama dengan pengasuh setempat untuk mendirikan sebuah program berdasarkan pada filosofi penyayang Trap-Neuter-Release/TNR (Jebak-Netralkan-Lepaskan), digabungkan dengan stasiun pemberi makan yang ditempatkan secara tidak mencolok. Berlawanan dengan kesalahpahaman yang umumnya terjadi, populasi kucing liar mulai menurun mengikuti waktu ketika reproduksi terhenti dan kucing-kucing hidup di luar kehidupan alami mereka. Dengan menghilangkan perkawinan dan konsekuensi lain yang berhubungan seperti berkelahi, mengembara, dan gelombang pendatang baru, koloni kucing liar terstabilkan dan kesehatan dan kualitas hidup kucing secara keseluruhan meningkat.

Winograd dengan sukses membangun penampungan binatang tanpa pembunuhan bersama Lembaga Pencegahan Kekejaman Kepada Binatang (Society for the Prevention of Cruelty to Animals/SPCA) cabang San Fransisco dan kemudian dengan cabang pedalaman Kabupaten Tompkins New York. Usahanya begitu sukses sehingga di tahun 2003, jurnal nasional "Animal People (Tokoh Binatang)” memberikan peringkat kepada Kabupaten Tompkins sebagai komunitas teraman di AS dengan hanya 1,8 binatang terbunuh dalam penampungan untuk setiap 1000 penghuni, delapan kali lebih rendah daripada rata-rata nasional. Selama 3 tahun ia tinggal, tidak satu pun binatang yang sehat atau dapat dirawat mati dibunuh.

Winograd tidak pernah menerima pembunuhan sebagai sebuah "solusi" bagi dilema binatang peliharaan tak bertuan. Ia berkata bahwa binatang peliharaan memiliki masalah yang berbeda yang membutuhkan solusi yang berbeda. Sebagai contoh, bayi anjing dan kucing yang baru lahir, anjing dengan isu tingkah laku, dan binatang peliharaan yang terluka atau sakit, semua membutuhkan jenis perawatan yang berbeda. Bagaimanapun, semua program seharusnya memiliki dampak penyelamatan hidup yang langsung pada binatang. Beberapa program yang sangat didukung oleh Winograd adalah orang tua angkat (orang yang mengasuh binatang dengan sementara), dan program pemandulan dan penetralan rendah biaya, yang akan membantu untuk memecahkan masalah terlalu banyaknya binatang tak bertuan.

Winograd mendesak agar setiap orang mendapatkan informasi, dan kemudian melihat apa yang mereka dapat lakukan untuk membantu membangun sebuah Bangsa Tanpa Pembunuhan. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.nokillsolutions.com.

Referensi:

http://www.bestfriends.org/nomorehomelesspets/weeklyforum/bionwinograd.cfm

http://www.shelterreform.org/Wingrad.html

http://www.spcaonline.com

http://www.nathanwinograd.com