Tanya Jawab Pilihan

 

Ketulusan dan Konsentrasi Menentukan Efek
dari Meditasi Kelompok

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi video dengan para inisiat dari
San Jose, Kosta Rika,
28 September 2002
(Asal dalam bahasa Inggris)

T: Selama meditasi kelompok, kita berbagi karma dan energi. Seberapa banyak hal ini memengaruhi para praktisi?

G: Itu tergantung kepada ketulusan dan konsentrasi Anda pada saat itu. Semakin Anda berkonsentrasi dan tulus, maka semakin banyak berkah yang Anda dapatkan dari bagian Anda. Anda hanya mendapatkan sebanyak yang bisa Anda terima, jadi berkonsentrasilah, tuluslah!


Mengatasi Rintangan Karma
pada Jalur Spiritual

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi video dengan para inisiat dari Hamburg, Jerman,
6 Oktober 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Setiap orang telah mencapai tingkatan tertentu, jadi apakah mungkin bagi kami untuk terjatuh ke tingkatan yang lebih rendah?

G: Untuk sesaat ya, tetapi kebanyakan tidak. Contohnya, jika Anda naik ke atas dan kemudian tiba-tiba mendapatkan suatu karma buruk, maka tentu saja Anda harus dibersihkan. Dan kelihatannya seolah-olah Anda turun ke bawah, tetapi sebenarnya Anda tidak turun. Ini hanyalah proses pembersihan. Kebanyakan Anda hanyalah naik ke atas. Anda tidak pernah turun ke bawah dan segala hal yang terjadi hanyalah memperlambat kemajuan Anda. Seperti halnya sebuah rintangan, seperti ketika Anda sedang asyik berkendara di jalan tol dan tiba-tiba ada sebuah batu di tengah jalan atau sebuah bangkai atau binatang yang mati, dan Anda harus berhenti atau lewat di sampingnya dan kemudian memutarinya atau memindahkan rintangan tersebut dan melanjutkan perjalanan. Ini hanya memperlambat Anda.

Beritahu teman tentang artikel ini