Era Vegetarian

 
 

Vegetarisme Semakin Mendapat Tempat—Kantin Sekolah di Amerika Serikat Menyediakan Sajian Makan Siang Vegetarian

Oleh Dr. Diana Blicharski, Houston, Amerika Serikat
(Asal dalam bahasa Inggris)

Berkat upaya dari Miriam Archibong dan tiga puluh anggota Klub Vegetarian, Sekolah Menengah Grady di Atlanta, Georgia, telah membuka layanan makan siang vegetarian yang mungkin merupakan yang pertama di Amerika Serikat.

Sebelumnya, makanan vegetarian di sekolah-sekolah hanya terbatas berupa selada  lunak dan piza keju, tetapi sekarang sajian makan siang vegetarian menawarkan menu yang lebih banyak seperti hamburger vegetarian, lumpia  vegetarian, selada pasta, piza vegetarian, dan sloppy joe yang terbuat dari tahu.

Makanan vegetarian ini, yang awalnya disiapkan untuk tiga puluh murid, saat ini juga menarik para non-vegetarian dan setiap hari melayani makanan vegetarian untuk 400 orang dari 1200 murid! Dan kabar baiknya adalah semakin banyak sekolah mulai memperhatikan contoh di Atlanta ini.

Menurut sebuah jajak pendapat di Majalah Time (15 Juli 2002), kira-kira 10 juta penduduk Amerika adalah vegetarian, dan 20 juta lainnya telah mencoba berdiet vegetarian. Anak-anak tampaknya lebih cepat mengadopsi gaya hidup vegetarian daripada orang dewasa dan mereka menganjurkan orang tua mereka untuk melakukan hal yang sama. Karenanya, penjualan makanan vegetarian mengalami pertumbuhan pesat di Amerika Serikat!