Anda Mungkin Tidak Tahu

 

Kemajuan Rohani Meningkatkan Kecerdasan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret di Budapest, Hongaria,
26 Februari 2005 (Asal dalam bahasa Inggris)

 

Semakin tinggi tingkat rohani seseorang, maka akan semakin tinggi kecerdasannya. Jadi, di antara kita, ada orang yang mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Karena IQ dengan skor 150 atau juga 140 adalah tingkat kecerdasan yang luar biasa, dan kita memiliki banyak yang seperti itu! Tetapi penampilan kadang-kadang menipu. Beberapa orang kelihatannya bodoh tetapi tidaklah demikian, sementara yang lain kelihatan cerdas tetapi tidaklah demikian.

Karena jika tingkat rohani Anda semakin meningkat, maka tingkat kecerdasan yang Anda miliki juga akan semakin tinggi. Yang satu melengkapi yang lain. Pernahkah Anda bertanya mengapa Einstein begitu cerdas? Itu karena ia seorang vegetarian, tetapi mengapa? Ia pasti telah berlatih sesuatu, bila tidak,  mengapa orang seperti itu mau menjadi vegetarian? Pada zaman itu, ada sangat sedikit orang yang tahu apakah vegetarian itu!

Maka, satu satunya alasan Einstein berpola makan vegetarian pastilah karena ia berhubungan dengan para yogi dan berlatih meditasi rohani sehingga kecerdasannya menjadi meningkat. Karena pada zaman itu, hal seperti ini sulit dijangkau. Sedikit orang yang tahu apakah yoga itu; sedikit orang yang bermeditasi dan bervegetarian. Maka, Einstein adalah salah satunya. Tentu saja kecerdasannya tinggi! Jika saya melempar Anda kembali ke zaman itu, Anda semua akan menjadi Einstein, karena Anda terlalu cerdas untuk zaman itu.

Anda semua adalah Einstein; Einstein besar, Einstein kecil, Einstein mungil! Karena kecerdasan Anda telah meningkat seiring dengan latihan rohani Anda. Latihan rohani Anda telah membuka lebar semua saluran, membersihkan semua sumbatan ‘urat nadi’ rohani Anda dari dalam, dan bahkan urat halus jasmani Anda. Hal ini membuat aliran darah Anda semakin lancar dan informasi mengalir dengan baik. Segalanya lebih jelas.

Semakin tinggi yang Anda capai, semakin bersih salurannya. Maka, Anda mendapat semakin banyak informasi dan bahkan mendapat perintah yang benar dari otak. Sebaliknya, kadang otak seseorang cerdas dan dapat mengetahui apa yang harus dilakukan, akan tetapi tangan Anda mungkin kikuk. Rintangannya ada di sini (Guru menunjuk lengan atas-Nya) dan hanya sedikit informasi yang menembus. Maka Anda hanya melakukan sebagian saja. Jadi, rintangan rohani juga mempengaruhi kecerahan jasmani.

Maka, jika orang tidak berlatih rohani, mereka menjadi kurang cerdas. Biarpun mereka cerdas saat mereka muda, jika mereka dewasa dan merusak diri mereka dengan daging, alkohol, atau pengaruh lingkungan yang merusak; maka mereka menjadi kurang cerdas. Maka, kita berlatih rohani bukan hanya untuk pergi ke Surga. Selama kita di planet ini, kita sudah dapat menggunakannya. Kita dapat membantu orang lain, karena kita lebih cerdas; kita menjadi pemimpin. Kemudian, ketika seseorang tidak tahu apa yang harus dilakukan, Anda bisa menghampiri dan berkata kepadanya, ”Hal itu mudah!” Dan dalam waktu dua menit, Anda telah memberikan cara pemecahannya. Dan orang itu berpikir, ”Anda terlihat sangat muda! Mengapa Anda begitu cerdas?”

Jika Anda mengalami situasi yang menguji Anda, Anda akan tahu bahwa Anda cerdas. Sebab kebanyakan dari Anda tidak tahu. Anda berlatih dan maju dengan pelan, dan karena Anda bodoh sebelumnya, maka Anda berpikir bahwa Anda mungkin masih bodoh.(Gelak tawa) Tetapi jika situasi datang dan menguji Anda, maka Anda dapat tersadar, ”Hei, Kecerdasan saya telah meningkat!”

Tidak masalah jika Anda tidak diuji, tetapi semakin Anda diuji dalam berbagai situasi, semakin Anda menyadari bahwa Anda sungguh cerdas. Anda sungguh cerdas! Bukan keterampilan, tetapi sungguh cerdas. Dan kemudian Anda merasa bangga, Anda tahu bahwa latihan rohani sungguh berguna. Bahkan anggota keluarga dan teman kerja Anda akan terheran-heran. Mereka mungkin berpikir, ”Apa yang terjadi dengan Anda? Ada yang berubah! Apa yang telah Anda lakukan?”

Anda mungkin tidak dalam lingkungan di mana Anda dapat diuji atau di mana orang bisa melihat Anda atau merasakan perubahan dalam diri Anda, karena mereka telah bersama dengan Anda untuk beberapa waktu dan mereka dapat mengatakan perbedaannya. Jika Anda bekerja sendiri atau hidup sendiri, tentu saja tidak ada seorang pun yang tahu atau memperhatikannya, maka Anda tidak berpikir mengenai hal itu. Akan tetapi, jika Anda bergaul dengan orang lain, maka Anda akan mengetahui bahwa Anda sungguh berbeda. Karena mereka juga tahu bahwa Anda berbeda! Mereka tidak tahu bagaimana atau mengapa, tetapi mereka tahu bahwa Anda berbeda, bahwa Anda telah tumbuh dalam beberapa hal dan Anda sekarang memiliki sesuatu yang mereka tidak pahami dan miliki.

Maka, walaupun Anda adalah kentang kecil di sini, (gelak tawa), tetapi saya tahu bahwa Anda adalah seseorang di luar sana. Jangan berpikir bahwa saya tidak mengetahuinya; saya sungguh menghargai itu dan saya sungguh menghargai prestasi Anda. Tapi, saya tidak ingin Anda berhenti di sana! Setiap kali Anda datang ke sini, saya mendorong Anda, saya menendang Anda, saya menarik Anda, dan saya menggosok Anda supaya Anda menjadi lebih baik. Maka, saat Anda pulang ke rumah, Anda menjadi berbeda! Jangan anggap enteng diri Anda, walaupun saya menegur Anda. Itulah proses yang sedang Anda lalui. Anda tentu saja boleh melakukan kesalahan. Anda adalah murid! Bila tidak, Anda telah menjadi Guru.