Gugus Depan

Pameran Buku Tainan 2004 -- Festival Spiritual di Tahun Emas Pertama

Oleh Grup Berita Tainan, Formosa (Asal dalam bahasa Cina)

Mulai dari tanggal 21-29 Agustus Tahun Emas 1, Pameran Buku Tainan 2004 diselenggarakan dengan mengambil tema “Menyebarkan Cinta Kasih dan Mencerahkan Langit di Tainan”. Center Tainan dan lebih dari seratus penerbit dengan penuh kesungguhan menyebarkan kasih Tuhan kepada dunia, melalui stan yang cemerlang, pembagian selebaran dan liputan media. Regu kerja Center Tainan juga mempersiapkan serangkaian acara menarik dan mengundang banyak artis dan individu dari kelompok budaya setempat untuk membagikan wawasan mereka pada seminar. Yang sangat mengesankan adalah rangkaian pertunjukan drama, acara dongeng, pembawaan puisi dan pertunjukan vokal yang berdasarkan pada Puisi Wu Tzu karya Guru dalam bahasa Cina.

Selama pameran ini, para inisiat Tainan menjamu para pengunjung dengan berbagai peragaan statis dan acara yang dinamis. Stan Center pada Pameran ini memajang berbagai kreasi Guru yang meliputi karya seni, buku, rekaman video, DVD, CD dan kaset audio. Acara-acaranya bervariasi, mulai dari mencicipi makanan vegetarian, pertunjukan musik dan pembacaan puisi Guru dalam bahasa Inggris hingga seminar mengenai perawatan kesehatan, estetika spiritual dan Busana Surgawi. Selain itu, juga diadakan diskusi budaya mengenai Puisi Wu Tzu karya Guru dan pertunjukan oleh para kaligrafer terkemuka dari Tainan.

Tenang di dalam Badai

Selama pameran ini, Topan Aere menghantam Formosa dengan angin dan hujan yang ganas. Namun demikian, badai ini tidak menghalangi para pencinta buku untuk mendatangi stan Center Tainan setiap hari. Di hadapan foto Guru yang berukuran besar, para pengunjung memperoleh berkah dan mendapatkan perlindungan dari badai. Dengan senyuman bagai malaikat, saudari-saudari inisiat menyambut para tamu dengan hangat, mereka juga menyajikan teh wangi bunga kepada mereka. Stan itu dihiasi dengan warna keemasan yang megah. Di tengah stan terdapat foto Guru berukuran besar yang dikelilingi oleh bunga-bunga anggrek. Di sekitar foto itu juga dipajang sejumlah Lampu Panjang Umur, Busana Surgawi, lukisan Guru dan kreasi lainnya. Semua itu menerangi ruang pameran dengan pancaran spiritual yang kuat dan suasana harmonis yang menyatukan buku-buku, keharuman yang lembut, seni, dan spritualitas. Selain itu, video ceramah Guru diperlihatkan secara terus-menerus pada dua layar LCD berukuran besar sehingga para pengunjung dapat menyerap kebijaksanaan-Nya yang agung.

Pada hari keempat acara ini, terjadi sebuah keajaiban. Stan inisiat tidak terlalu besar. Panggung yang didirikan untuk pameran ini menghalangi pengunjung untuk dapat melihat foto Guru dengan jelas. Selama meditasi kelompok hari itu, para inisiat berdoa dengan tulus demi keberhasilan dalam kegiatan ini. Seorang saudara inisiat menerima pesan batin bahwa tata ruang tempat itu harus diubah agar aliran pengunjung ke stan dapat berjalan lancar. Sementara saudara itu sedang berbicara dengan rekan-kerjanya mengenai tata ruang yang baru ini, pihak penyelenggara pameran secara tidak terduga memindahkan dua dinding kayu di area panggung yang menghalangi pandangan ke foto Guru. Perubahan ini membuat sudut pandang ke Center Tainan menjadi jauh lebih terbuka sehingga orang-orang dari kejauhan dapat melihat foto Guru yang megah dan berukuran besar.  Pengunjung yang berkerumun di depan panggung dengan mudah mengakses ke stan Center. Tuhan pasti telah membuka mata anak-anak-Nya!

Musik Surgawi Menggema di Udara

Pada hari pembukaan pameran, kelompok musik terkemuka Tainan, Just Jazz, memainkan beberapa komposisi Guru dengan menonjolkan permainan alat musik saksofon. Pertunjukan musik ini membuat kejutan yang tak terduga bagi para pengunjung. Mereka merasa terhibur dengan alunan musik yang indah. Penampilan musik ini menjadi pembuka dari serangkaian pertunjukan musik yang diadakan selama pameran. Berbagai jenis musik dan permainan alat musik ditampilkan, termasuk sitar Cina, biola dan piano. Penampilan para inisiat telah menggetarkan hati para penonton melalui pertunjukan musik yang memancarkan kebahagiaan batin mereka. Selain itu, saat pembacaan puisi Guru dalam bahasa Inggris, suara yang lembut dan merdu diiringi alunan biola telah menciptakan suasana yang memukau.

Hati Anak-Anak Terbuka pada Tuhan

Yang menjadi favorit anak-anak selama pameran adalah buku cerita kebijaksaaan bergambar, Tuhan Mengatur Segalanya. Anak-anak juga menyukai kuis berhadiah dalam buku itu bagi mereka yang non-inisiat. Mereka merasa senang dan kagum pada berbagai cerita dan gambar dalam buku itu. Seorang peserta –anak laki-laki kecil yang masih harus dibacakan oleh ibunya, dapat memahami cerita dalam buku itu dan menjawab pertanyaan-pertanyaannya dengan benar. Setiap malam ia memeluk buku Guru sambil  memasuki dunia mimpi yang indah. Selain itu, anak-anak juga menyukai penunjuk-halaman-buku yang menampilkan reproduksi berbagai lukisan Guru. Kepolosan hati anak-anak menciptakan suasana hangat, mereka berulang kali menciumi penunjuk-halaman-buku itu.

Sehat secara Jasmani dan Rohani

Pada tanggal 22 dan 28 Agustus, diselenggarakan dua seminar kesehatan oleh rekan inisiat yang mempunyai profesi medis. Seminar ini dipenuhi oleh peserta, yang menggunakan kesempatan itu untuk mengajukan berbagai pertanyaan. Melalui interaksi ini, peserta mengembangkan pemahaman yang lebih baik terhadap kaitan penting antara paham vegetarian, umat manusia dan alam. Mereka juga menjadi sadar bahwa melalui cara berpikir positif dan ketekunan latihan spiritual, seseorang akan dapat mengembangkan dirinya untuk mencakupi Jati Diri yang lebih agung, dan dengan kesadaran rohani yang semakin berkembang, maka kita dapat menjadikan tubuh lebih sehat.

Seusai seminar, para inisiat menyajikan masakan vegetarian Cina dan Barat yang mengesankan para tamu. Penampilan, aroma dan rasa masakan yang luar biasa telah membuktikan bahwa makanan vegetarian dapat diolah dalam berbagai variasi yang lezat rasanya.

Gaya Busana Surgawi yang Indah

“Keindahan Spiritual”, seminar mengenai Busana Surgawi kreasi Guru, menampilkan para ahli estetika dan perancang mode. Mereka bersama-sama membahas nilai artistik dan spiritual yang terungkap dari rancangan Guru. Seminar diawali dengan informasi latar belakang Busana Surgawi, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan slide dan film dokumenter mengenai peragaan Busana Surgawi yang diadakan di pusat mode Eropa dan Amerika Serikat.

Para peserta membahas Busana Surgawi dari berbagai sudut pandang profesional. Misalnya, Dr. Tsai Yi-jin, pimpinan dari Departemen Manajemen dan Perancangan Mode dari Sekolah Tinggi Teknologi dan Kesenian Wanita Tainan, merasakan kerendahan hati yang mendalam sewaktu memeriksa rancangan mode Guru. Dr. Tsai memuji Guru sebagai perancang yang berbakat. Ia berkata, “Saya merasa terkesan pada pancaran, keharmonisan warna dan keindahan dari rancangan-Nya, terutama pada kemampuan-Nya yang langka dalam merancang berbagai jenis busana. Guru menaruh perhatian menyeluruh pada potongan, komposisi dan lekukan, meskipun begitu keseimbangan dan keharmonisan semua elemen tetap terjaga sempurna dalam rancangan-Nya. Hal inilah yang menempatkan diri-Nya sebagai perancang berkelas."

Seorang pengajar di Sekolah Tinggi Tainan itu, Ibu He Ling-jin, menambahkan, “Busana Surgawi dapat menonjolkan kecantikan seseorang! Bentuk keseluruhan, potongan dan bobotnya membuat si pemakai merasa nyaman. Hanya obyek Surgawi yang dapat demikian bercahaya dan indah. Seseorang menjadi amat cantik setelah memakai Busana Surgawi. Busana ini merupakan demonstrasi sempurna dari keindahan."