Tanya Jawab Pilihan

Saat Anda Menemukan Allah,   
                         Zaman Keemasa
n Tiba

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret 4-Hari, London, Inggris, 27 Agustus 1997
(asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video No. 595

T: Saya baru saja mendengar bahwa salah satu tema pada retret adalah Zaman Keemasan. Saya tertarik karena saya mengarang musik dan lagu tentang kehidupan umum dan juga sangat ingin mengarang lagu tentang bagaimana spiritualitas mempengaruhi kehidupan. Dan saya ingin mengetahui lebih karena saya dapat merasakannya bahwa zaman keemasan telah muncul di banyak tempat.

G: Bisa saja benar. Bila orang-orang mulai kembali lagi kepada Allah, makin dekat kepada kesadaran rohani dan mengurangi karma pembunuhan, seperti mengikuti pola makan vegetarian dan mematuhi ajaran dari Alkitab, kitab suci Buddhis atau kitab suci lain, maka Zaman Keemasan akan segera tiba. Masyarakat di Zaman itu tidak saling menakuti satu sama lainnya tetapi saling mengasihi dan membantu. Itulah Zaman Keemasan.

Tetapi di sisi lain, Zaman Keemasan muncul dalam diri kita kapanpun saat kita menemukan Allah, saat kita menemukan persaudaraan dalam umat manusia. Sebagi contoh, kelompok kita merasakan bahwa kita berada pada Zaman Keemasan. Dan saat sang Buddha masih hidup, para muridNya merasakan mereka berada pada Zaman Emas. Maka ketika sang Buddha berbicara tentang lima ratus tahun setelah Ia memasuki Nirwana, Dia menyebutnya sebagai kemunduran Zaman Emas atau kemunduran Dharma. Tetapi itu tidak berarti telah berakhir. Hal itu berakhir menurut waktu itu, tetapi kemudian Zaman Dharma yang lain muncul sepanjang zaman. Setiap kali kita memiliki seorang Guru yang hidup dan suatu ajaran sejati dan kita dapat berhubungan dengan Zaman Emas dalam batin kita, kita berada dalam Zaman Emas. Anda merasakannya karena Anda memiliki Zaman Emas dalam batin Anda.


~Hal sebelumnya