Tanya Jawab Pilihan



Menjadi
Alat Allah
yang
Tangkas

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional 4-Hari, Sydney, Australia, 9 – 12 Mei 1997
(asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video No. 582

T: Saat kita berhubungan dengan kekuatan negatif, dapatkah kita menghormati dan mengabaikannya? Sebagai contoh, saya seorang dokter, dan kadang kala saya menggunakan akupunktur (tusuk jarum). Saya biasanya mengabaikan karma yang mungkin mengenai saya, tetapi kemudian seseorang menyampaikan kepada saya bahwa saya dapat “terkena” karma.

G:Ya, Anda dapat terkena dimanapun, bagaimanapun, tidak hanya melalui jarum. Anda dapat kena melalui udara, melalui pandangan mata, melalui kedekatan dengan seseorang, melalui apapun. Tidak perlu kuatir, bila Anda seorang dokter akupuntur, lakukan tugas Anda. Lakukan yang terbaik yang Anda bisa, dengan kasih. Anda harus menyelamatkan pasien; itu pekerjaan Anda. Tidak perlu kuatir akan karma; Anda harus melakukan tugas Anda. Sekalipun Anda meninggal karenanya, Anda harus melakukannya. Tidak perlu pikirkan masalah karma; lafalkan Nama-Nama Suci dalam batin, dan “tusuk” dia! (Gelak tawa dan tepuk tangan)

Jangan terlalu kuatir akan karma. Sebenarnya, yang  harus kita lakukan dalam pekerjaan apapun adalah berusaha merasakan bahwa kita hanyalah alat. Maka kekuatan Tuhan akan membantu orang tersebut. Satu-satunya masalah dengan banyak orang adalah setelah mereka menyembuhkan seseorang secara jasmani dengan tangannya, mereka mengira merekalah yang telah melakukannya. Dan tentu saja karmanya akan menjadi lebih besar. Karma merupakan ego Anda sendiri yang membuat kesulitan. Jika tidak, pada mulanya tiada karma; pada akhirnya juga tidak ada.


Melampaui Hal Positif dan Negatif

T: Guru yang terkasih, pada ceramah Anda yang terakhir di Amerika Serikat, Anda berbicara tentang keseimbangan antara kekuatan negatif dan positif. Dan Anda mengatakan bahwa kekuatan negatif mendatangi pusat kekuatan positif, agar menciptakan keseimbangan. Maka, saat saya membuat kemajuan dalam hal rohani, apakah lebih banyak karma akan muncul, atau apakah lebih banyak kekuatan positif yang muncul bersamanya?

G: Saya hanya menyampaikan agar Anda tetap di antaranya, karena kita tidak menginginkan apapun yang berhubungan dengan positif dan negatif lagi; kita melampauinya. Bertemanlah dengan keduanya sehingga mereka tidak menendang Anda. Kita melampaui pertentangan, melampaui pergulatan antara yang buruk dan yang baik, antara yang negatif dan yang positif. Tetapi, karena kita masih di sini dalam pertempuran antara keduanya, kita harus seperti negara Swiss dan menjadi suatu negara yang netral. Negara Swiss tidak peduli siapa berkelahi dengan siapa, asalkan tidak berkelahi dengan mereka. Dan mereka mempersenjatai diri sehingga mereka cukup kuat untuk menghalau musuh mereka sebelum mereka diserang. Dan seandainya mereka diserang, mereka cukup kuat untuk mempertahankan diri.

Maka yang kita lakukan saat ini juga demikian. Kita mempersenjatai diri dengan kekuatan Tuhan. Dan kita melakukan kebaikan sebab kita berada di dunia ini. Kita harus menjadi positif. Kita coba hindari yang negatif, itu saja, dan tidak menentang atau mencampurinya, itu saja. Sebagai contoh, Swiss bukan negara komunis dan bukan apapun yang lain. Mereka netral. Bila komunis ingin datang dan bersahabat dengan mereka, oke saja. Bila mereka yang republik, datang dan bersahabat dengan mereka, oke juga. Asalkan mereka tidak berkelahi dengan Swiss, mereka dapat melakukan yang mereka inginkan.

Di dunia ini, juga sama. Kita berusaha menjadi baik dan melakukan kebaikan, tetapi kita tidak mencampuri orang lain, dan kita tidak memandang rendah mereka yang tidak melakukan kebaikan seperti kita, atau tidak beramal. Atau, kita bervegetarian, tetapi kita tidak memandang rendah mereka yang makan daging dan minum anggur. Kita berteman dengan siapapun yang datang kepada kita, dan kita berusaha menunjukkan jalan yang baik kepada mereka  bila mereka mau mengikutinya. Begitulah. Sementara itu, kita mempersenjatai diri kita dengan kekuatan Guru sehingga kita dapat bertahan di dunia ini. Dan kita akan terus meningkat dan meningkat, sepanjang waktu. (Tepuk tangan)


~Hal sebelumnya