Solving Life's Problems and Finding True Happiness

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional 4-Hari,
Washington DC, Amerika Serikat, 25 Desember 1997 (asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 610

Kadang kala kita memiliki terlalu banyak pilihan, sehingga kita tidak ingin mencoba lebih keras. Saat kita memiliki terlalu banyak pilihan atau saat kita merasa bahwa kita memiliki banyak kemungkinan, kita membanding-bandingkan. Kita membandingkan dengan yang lalu, kita membandingkan dengan impian  ilusi  di masa depan dan kita membuat saat ini menjadi menyedihkan. Kita tidak pernah dapat menikmati kehidupan bila kita terus begini. Maka ingatlah selalu, jika Anda tidak memiliki barang yang Anda impikan, maka  lebih baik Anda menyukai apa yang Anda miliki sekarang. Itulah cara kita menemukan kebahagiaan hidup.

Sebagai praktisi rohani, kita harus senang dan puas dengan segala macam keadaan. Kita  juga harus melatih pikiran kita dan berusaha mengendalikan diri sendiri karena kitalah satu-satunya yang dapat menjadi guru atas diri kita. Semua  yang pernah saya ajarkan kepada Anda, berasal dari  kesalahan-kesalahan saya yang telah saya pelajari. Ini cara saya menjadi seorang Guru: Kesalahan-kesalahan menjadikan seorang Guru.

Buatlah  kesalahan sebanyak yang Anda bisa. Tidak masalah; bisa dimaafkan. Tetapi belajarlah dari itu; jangan mengulanginya lagi. Itulah kebijaksanaan, dan itulah caranya belajar. Pada kenyataan, tiada seorang pun yang dapat mengajar kita selain diri kita sendiri. Kita harus mempelajarinya sendiri, melalui pengalaman pribadi dan dengan bijaksana kita harus waspada sepanjang waktu. Setiap situasi, setiap keadaan muncul untuk kita pelajari. Tuhan tidak akan membuat Anda menderita tanpa maksud, kecuali bila Anda ingin belajar dengan cara yang sulit.

Kemarin, seseorang bertanya kepada saya apakah penderitaan menghapus karma. Ya. Tetapi, bila kita bermeditasi dengan baik dan  belajar dari pengalaman kita sendiri, maka kita tidak harus menderita. Kita hanya menderita saat Tuhan harus mengajarkan sesuatu kepada kita, sekali, dua kali, tiga kali, dan kita masih mengulangi kesalahan yang sama lagi dan lagi. Maka tentunya, kita menderita.

Maka lupakan saja masa yang akan datang; lupakan masa lampau. Pelajari dari yang lampau, tetapi tidak melekat padanya. Dengan begitu Anda akan menjadi bahagia. Setiap situasi yang menyedihkan disebabkan oleh diri kita atau oleh orang-orang di sekitar kita, karena kebanyakan orang melekat pada yang lampau dan melupakan yang sekarang. Mereka melupakan hidup. Kita harus hidup setiap saat! Setiap saat merupakan suatu mukjizat, Anda mengerti. Setiap saat ada sesuatu yang baru, sesuatu yang menanti kita, dan kita harus menikmatinya. Kita dapat menikmati setiap saat, maka mengapa kita harus menjadikan hidup kita menyedihkan? Tidak masalah apakah: Sekarang kita telah memiliki kebijaksanaan, kita harus mengerti bahwa tidak ada apapun yang sungguh-sungguh dapat menyusahkan kita.

Setiap situasi dapat diatasi, dan semua orang dapat berubah, sepanjang Anda memiliki cukup kesabaran dan kasih. Setiap serangan  merupakan semacam jeritan untuk mendapatkan perhatian. Kadang kala keluarga Anda tidak mengetahui cara menyampaikan kepada Anda bahwa mereka mengasihi Anda. Maka mereka menyerang Anda, mereka menjerit kepada Anda atau melakukan sesuatu yang buruk untuk menarik perhatian Anda. Tetapi pastikan Anda mengerti. Berbicaralah kepada mereka dan pastikan Anda mengerti dan mengetahui cara menyelesaikan masalahnya.

Tiada apapun yang tidak dapat diselesaikan. Anda harus mengusahakan yang terbaik. Pikirkan selama meditasi, gunakan kebijaksanaan Anda, tulis pemecahannya, dan mencobanya. Anda akan merasakan dalam hati apa yang harus dilakukan. Bila Anda bermeditasi cukup, maka segala aspek kehidupan Anda akan baik-baik saja.

Meditasi itu penting, tetapi ajaran teori juga penting. Pastikan Anda sedikitnya membaca atau mendengarkan ajaran Guru setiap hari. Bila Anda merasa ajaran saya tidak terlalu baik, maka dengarkan ajaran beberapa Guru yang lain. Ambillah Alkitab atau kitab suci Buddhis, yang dapat menyampaikan kepada Anda lebih banyak. Saya hanya memberi Anda Lima Pantangan, tetapi Alkitab memiliki Sepuluh Perintah Allah, sehingga Anda memiliki suatu pilihan. Ada banyak yang dapat dipelajari dari Guru-Guru masa lampau dan sekarang. Anda harus menyimpan sejumlah ajaran teori dalam pikiran Anda, untuk mengendalikan pikiran. Itu hanya bagi pikiran saja; sedangkan jiwa tidak memerlukannya.

Maka tiap kali Anda menghadapi suatu masalah, atau bila Anda memiliki suatu kebiasaan buruk, Anda harus membaca ajaran-ajaran Guru. Ini akan banyak menenangkan pikiran. Anda harus membaca atau mendengarkan ajaran yang baik dan ajaran  mulia setiap hari, dan tidak hanya duduk meditasi saja. Jika tidak, Anda tidak akan mengerti mengapa Anda bermeditasi. Bila Anda tidak mengetahui maksudnya, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang baik. Hati Anda tidak akan merindukannya, dan pikiran Anda tidak akan cukup damai untuk bisa memasuki samadhi dan memperoleh kebijaksanaan yang sungguh-sungguh baik sesudahnya.

Seandainya Anda melakukan semua ini dan Anda bermeditasi setiap hari, tetapi Anda masih mengira Anda memiliki suatu kebiasaan buruk atau Anda terlalu melekat pada ini atau itu. Tidak apa-apa, tidak perlu kuatir. Anda telah mengusahakan yang terbaik. Setidaknya hati nurani Anda tenang. Anda akan meninggalkan kecenderungan buruk itu pada waktunya. Karena sebagian dari kita memiliki karma yang berakar sangat dalam dari kehidupan yang lampau, kita melakukan banyak hal yang tidak diinginkan dari waktu ke waktu, dari kehidupan ke kehidupan sehingga kita tidak dapat mengendalikan diri kita lagi.

Seperti halnya seekor kuda yang terus melewati jalan yang sama setiap hari. Kemudian, tanpa sang pemilik, atau bahkan dengan penutup mata, dia akan dapat melewatinya. Dia terus melewati jalan yang sama sepanjang waktu, seperti halnya kereta api yang terus melewati jalur yang sama; kita tidak dapat mmengendalikannya. Tetapi suatu hari kita akan jemu dengan pola kebiasaan kita sendiri, maka suatu saat kita akan melepaskannya.

Maka tidak perlu terlalu kuatir. Tidak perlu terlalu menyalahkan diri Anda sendiri. Terus lakukan yang terbaik yang Anda dapat lakukan bagi kemajuan diri Anda sendiri. Anda tidak dapat melakukan apapun yang lain kecuali melakukan yang terbaik. Maka bila Anda melakukan yang terbaik, Anda sudah akan merasa baik.