Metode Quan Yin Merupakan
Metode Spiritual Tertinggi dan Tiada Bandingannya


Metode apapun yang membuat kita dapat mendengar kekuatan Suara Batin merupakan Metode Quan Yin, metode yang tepat, metode yang sejati. Ini seperti halnya kenyataan bahwa siapapun yang memberi Anda air untuk membersihkan pakaian Anda secara menyeluruh adalah benar, tanpa memandang bahasa yang dia ucapkan atau metode yang dia gunakan. Apapun wadah yang dia gunakan, adalah benar sepanjang berisi air. Dia dapat menggunakan mangkuk emas, tetapi bila berisi minyak, pakaian Anda akan hancur! Atau bila cairan yang dia berikan kepada Anda nampak seperti air, tetapi sebenarnya bir, parfum atau susu, juga tiada gunanya! Maka apapun metode atau wadah yang ia gunakan, adalah tepat sepanjang dia membawa air di dalamnya karena itu yang Anda butuhkan.

Maka bentuk latihan apapun dimana kita dapat mendengarkan Suara batin adalah Metode Quan Yin, metode yang sejati! Beberapa Guru Zen lebih murni atau telah berlatih dalam masa kehidupan yang lampau sehingga mereka dapat juga kadang kala mendengar Suara dalam meditasi mereka. Pada saat-saat demikian, kita dapat mengatakan bahwa mereka berlatih Metode Quan Yin karena mereka mengalami Suara. Guru Zen tersebut kemungkinan tidak perlu berlatih lama sebelum mendengar Suara. Sebagian mungkin telah berlatih selama waktu yang sangat lama, tetapi tingkat rohani mereka tetap tidak stabil. Mereka kadang-kadang mengalami aliran Suara, dan tidak mengetahui Suara mana yang baik dan yang tidak baik. Mereka hanya mendengarkan Suara tanpa bimbingan, membuang-buang waktu dan membuka diri mereka terhadap bahaya.

Sama halnya, bila kita sedang sakit, kita mungkin tidak mengunjungi dokter, tetapi sebagai gantinya membeli obat di apotik. Di sana kita menemukan banyak obat tambahan, vitamin dan obat untuk sakit perut atau sakit kepala, dan secara acak membeli beberapa, kemudian meminumnya. Kita mungkin tidak tahu bahwa gejala sakit kepala yang sama dapat memiliki sebab yang berbeda, sama dengan sakit perut. Bahkan bila minum obat tambahan, kita harus memperhatikan banyak hal, seperti halnya takaran, lama pemakaian, apakah harus diminum sebelum atau sesudah makan, dan seterusnya. Kita harus memperhatikan tentang semua rincian ini.

Ini serupa dengan berlatih Metode Quan Yin. Bila kita tidak menerima pedoman yang jelas dari siapapun, kita dapat melakukannya dengan cara yang salah. Kita mengira bahwa semakin banyak obat tambahan yang kita minum, makin baik jadinya, tetapi itu belum tentu benar. Itulah sebabnya saya tidak meminta Anda bermeditasi Suara sepanjang hari. Saya juga tidak mengajar Anda menghabiskan dua pertiga waktu meditasi untuk merenungkan Suara. Sebaliknya, saya mengajar Anda bermeditasi pada Suara Batin selama sepertiga waktunya. Saya juga menyampaikan kepada Anda sisi mana yang Anda harus dengar, dan sisi mana yang tidak. Seperti halnya meminum obat tambahan. Haruskah mereka diminum sebelum atau sesudah makan? Berapa banyak tiap takarannya? Berapa kali sehari harus diminum? Seluruh rincian ini perlu ditentukan dengan jelas agar tubuh kita memperoleh manfaat yang terbesar. Jika tidak, mungkin akan ada efek sampingannya.

Beberapa orang lain juga mengajarkan untuk mendengarkan Suara. Anda dapat menemukan mereka di Au Lac, Formosa dan dimana-mana. Tetapi, sepertinya mereka hanya mengambil sebagian saja dan tidak mengetahui metode yang lengkap. Sekalipun demikian, masih ada manfaatnya, tetapi juga ada halangannya, sebagaimana beberapa kasus yang telah saya temui. Hanya Metode Quan Yin kita yang jelas dan tepat, seperti halnya resep yang ditulis oleh seorang dokter yang berpengalaman. Dia mengetahui takaran yang baik bagi tiap pasien. Dia memberi resep yang tepat sehingga tidak ada efek sampingannya. Tetapi, ada orang-orang yang belum lulus dari fakultas kedokteran yang membuka klinik dan mencelakakan banyak orang. Ini serupa dengan mereka yang disebut  guru-guru yang mengajar dimuka umum. Tujuan mereka adalah uang dan ketenaran sehingga ajaran-ajaran mereka mungkin tidak benar, membingungkan dan berbahaya. Maka tidak mudah untuk berlatih rohani.

Setiap hari, jiwa kita amat dipengaruhi oleh kebiasaan kita sehingga kita harus berlatih dengan tekun, seperti halnya pakaian yang kotor yang harus dicuci berkali-kali. Ada seorang rekan inisiat suatu kali bertanya kepada saya, "Guru, mengapa Anda mengatakan adalah baik untuk berpuasa satu hari setiap satu atau dua minggu?" Karena kita ingin memutuskan siklus kelahiran kembali sehingga rantainya putus dan kita menjadi lebih bebas. Guru kita sendiri berkata, "Saya tidak ingin makan hari ini," maka saya tidak makan. Hal ini menunjukkan bahwa kita yang berkuasa, kita adalah guru kita sendiri. Saya tidak mengartikan kelaparan dapat menjadikan Anda seorang suci. Tidak! Anda harus mengerti akan jadi apakah Anda bila Anda membuat diri Anda kelaparan sampai mati! (Hadirin tertawa dan menjawab, "Setan kelaparan!") Tepat! Setan kelaparan! Jadi buanglah pikiran bahwa berpuasa dapat membawa kita kepada kesucian. Sebaliknya, Anda harus mengerti logika di baliknya.

Sekarang  kita menggunakan nektar di dalam batin untuk membersihkan kebiasaan duniawi kita sehingga kita dapat menjadi bebas. Hasilnya, kita dapat bertahan dalam setiap keadaan. Kita hanya menggunakan atau makan apapun yang kita miliki, dan lingkungan tidak mempengaruhi kita. Kita hanya makan makanan vegetarian apapun yang ada, dan kita bahagia dalam situasi apapun. Ini keadaan yang sungguh diidam-idamkan. mempunyai makanan dan  hidup nyaman bukanlah idaman yang sesungguhnya. Tidak! Tidak! Itu adalah  kehidupan perbudakan. Sebaliknya, kita harus membebaskan diri kita. Bila kita tidak bebas sekarang, kita tidak dapat bebas setelah kita meninggal dan kembali ke Surga. Walaupun kita di Surga, pikiran kita tetap memikirkan kopi, susu dan kue. Tetapi, bagaimana jika semua ini tidak ada di sana? Secara alami, kita akan jatuh kembali ke dunia manusia. Ya! Bila Anda menginginkan hal-hal duniawi, Anda harus kembali dan mendapatkannya di sini!