Kasih dalam Tindakan

Kolombia

 

Mengirimkan Kenyamanan dan Harapan untuk Korban Banjir

Dari bulan Juni sampai Desember 2010, banyak daerah di Kolombia yang tergenang air akibat serangkaian banjir. Untuk membantu meringankan penderitaan dan kehilangan dari para korban, Maha Guru Ching Hai menyumbangkan dana sejumlah US$55.000 dan mengirim para anggota Asosiasi agar pergi ke beberapa daerah untuk melakukan upaya bantuan.

Oleh Tim Bantuan Kolombia dan Kosta Rika (Asal dalam bahasa Spanyol)

Di Wilayah Caquetá

Pada minggu pertama di bulan Juni, delapan wilayah di Kolombia dikejutkan oleh banjir serius, dimana wilayah Caquetá terkena dampak terparah. Lebih dari 3.500 keluarga di sana belum menerima bantuan sama sekali. Guru segera menyiapkan dana sebesar US$10.000 untuk bantuan, dan berkata, “Penderitaan mereka begitu besar. Hati saya turut berduka atas mereka." 

Saat tim bantuan Asosiasi tiba di Florencia, ibukota wilayah Caquetá, pada tanggal 12 Juni, mereka membeli bahan makanan untuk 1.050 keluarga yang membutuhkan. Setelah bertemu dengan Gubernur Germán Medina, mereka menyalurkan pasokan bantuan tersebut ke enam wilayah komunitas termasuk La Floresta, Juan XXIII, Comuneros, San Luis, El Obrero dan El Idema. Para korban terlihat sangat senang menerima bantuan dari Guru, karena itu adalah bantuan pertama yang mereka terima setelah mengalami musibah tiga kali banjir dalam dua minggu terakhir. Kepada beberapa keluarga beserta anak-anak yang membutuhkan bantuan tambahan, tim bantuan memberikan makanan tambahan dan uang tunai untuk membantu mereka dalam masa-masa sulit.

Akibat banjir susulan, anggota Asosiasi kembali ke wilayah Caquetá dengan bantuan dana lain sebesar US$10.000 yang diberikan oleh Guru sebulan kemudian untuk mengadakan lebih banyak bantuan. Gubernur Madinah sangat tersentuh oleh cinta kasih Guru dan menyampaikan ribuan rasa syukur kepada Guru. Tim bantuan mendistribusikan makanan untuk keluarga korban di Kotamadya Belen dan Curillo, dan sembilan komunitas di Florencia.

Banyak yang berkata bahwa makanan-makanan tersebut seperti “Makanan Berkah dari Surga” dan mereka sangat berterima kasih kepada Guru. Mereka mengirim pesan kepada Guru, dengan berkata, “Mohon sampaikan kepada Guru bahwa kasihnya ini benar-benar menyentuh hati kami. Kami tidak akan pernah melupakannya dan dia akan selalu ada dalam doa kami, “dan” kini saya punya iman lagi. Tuhan tidak melupakan saya, Dia masih mendengarkan doa-doa saya.” Sebelum berangkat, tim memberikan bantuan bahan makanan kepada Pendeta di gereja setempat untuk berbagi dengan lebih banyak keluarga yang sangat membutuhkan.

 

Di Wilayah Sucre

Kawasan Mojana di Wilayah Sucre mengalami banjir serius akibat musim dingin yang dimulai pada bulan Juli. Prihatin dengan kesejahteraan rakyat, Bapak Pedro Luis Chavez Bueno menulis surat kepada Guru untuk memohon bantuan. Dia teringat bahwa Guru dan Asosiasi pernah memberikan bantuan kepada mereka dua tahun lalu saat terjadi banjir. Dengan rasa prihatin yang mendalam, dia meminta makanan, pakaian, dan perlengkapan lain yang mungkin meringankan penderitaan rakyat, mencerahkan hari-hari untuk anak-anak, dan membawa kenyamanan bagi hati para orang tua yang berada dalam kesedihan. Guru segera memberikan bantuan dana sebesar US$15.000 dan anggota Asosiasi dari Kosta Rika dan Kolombia berangkat ke Kawasan Mojana, membawa makanan yang sangat dibutuhkan.

Dengan menaiki perahu dan terkadang kano, tim bantuan membagi-bagikan makanan kepada sebanyak mungkin keluarga dan berbicara kepada para korban tentang perlunya berhenti makan daging untuk menghindari musibah banjir di masa depan. Perusahaan TV kabel di wilayah ini juga menunjukkan minat yang besar terhadap Supreme Master TV dan meminta peralatan sinyal transmisi untuk masing-masing perusahaan TV kabel di empat kota di Wilayah Sucre.

 

Di Wilayah Magdalena

Dari bulan Oktober, hujan deras terus membanjiri Kolombia. Pada tanggal 15 Desember, dilaporkan bahwa korban jiwa akibat banjir dan tanah longsor telah meningkat menjadi 257 orang, dan pernyataan dari Palang Merah menunjukkan bahwa ada lebih dari 2 juta penduduk yang terkena dampaknya. Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menyatakan keadaan darurat. Selain itu, sekitar 300.000 siswa tidak dapat mengikuti pelajaran di kelas karena 600 sekolah yang rusak parah, dan hampir 1 juta hektar lahan pertanian yang terendam. Sebuah tim dari Pertahanan AS bergabung dengan tentara Kolombia dalam upaya bantuan bencana dan Presiden Rafael Correa dari Ekuador juga datang mengunjungi Kolombia, memberikan bantuan dari negaranya dengan tindakannya membantu menilai kerusakan banjir dan memberikan makanan kotak kepada keluarga korban gempa.

Pada tanggal 20 November, Maha Guru Ching Hai menyumbang dana sebesar US$20.000 untuk bantuan darurat, menyampaikan rasa simpati dan doanya yang terdalam. Setelah melakukan penyelidikan di daerah bencana, tim bantuan yang dibentuk oleh anggota Asosiasi dari Kolombia dan Kosta Rika pergi ke Kota Santa Ana di Wilayah Magdalena dengan pesawat, mobil dan kemudian dengan perahu, dimana mereka membeli makanan yang cukup untuk 550 keluarga. Setelah menyiapkan paket bantuan dengan bantuan dari 20 anggota Pertahanan Sipil, tim menaiki sebuah kano menuju ke komunitas Gavilan, Gallo Solo, Las Palmitas, Jaraba, Barro Blanco, dan Tapia. Meskipun melintasi rawa tidak mudah pada saat itu, mereka tidak menyerah, memikirkan para keluarga yang sedang menunggu mereka. Pasokan yang sangat dibutuhkan ini membawa kebahagiaan bagi semua orang, yang berarti mereka bisa merayakan Hari Raya Natal yang sesungguhnya.

Di Kota Barranquilla yang merupakan wilayah Atlantico, tim bantuan membeli lebih banyak makanan untuk 700 keluarga, dan orang-orang di toko dengan baik hati membantu mereka membungkusnya menjadi bagian paket-paket kecil. Dengan menaiki perahu dan dilanjutkan dengan naik kano, di Kotamadya Remolinos di wilayah Magdalena, mereka berhasil menjangkau para keluarga di komunitas Dividi, Martinete, San Rafael, Santa Rita, Las Casitas dan El Salado meskipun dengan kondisi perjalanan yang sulit. Semua orang sangat gembira mendapatkan makanan untuk Tahun Baru. 

Semua anggota tim berterima kasih atas perlindungan dan berkah Tuhan selama upaya bantuan ini. Mereka berdoa semoga orang-orang Kolombia segera mengalami pemulihan agar bisa memenuhi kehidupan sehari-hari mereka dan mereka berdoa semoga bencana seperti ini diminimalkan melalui upaya kepedulian manusia untuk mengembalikan keseimbangan Bumi.

Bantuan Maha Guru Ching Hai untuk Upaya Bantuan Banjir di Kolombia

Keterangan

Jumlah (COP)

Kuitansi

Makanan (beras, kacang-kacangan, tepung, lentil, minyak, sereal jagung, dan gula)

                                  87.635.000

A

Biaya transportasi, hotel dan lainnya

                                  14.083.000

B

 

COP101.718.000

 

Total

(US$58.267)

 

 

Untuk melihat Kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional-Nya, kunjungilah:
http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftarnya dapat disortir menurut tahun, negara/wilayah, dan jenis peristiwa.)