Kasih dalam Tindakan 
Thailand

Bantuan yang Tepat Waktu untuk Korban Banjir di Thailand  
Bapak  Pronchai Puriwat, Wali Kota Kotamadya Sri Ching Mai mengucapkan terima kasih kepada Guru atas bantuan-Nya

Oleh Grup Berita Bangkok (Asal bahasa Thailand)

Sejak tanggal 10 Agustus 2008, hujan lebat telah merusak wilayah yang sangat luas di Utara dan Timur Laut Thailand dan menyebabkan banjir karena meluapnya Sungai Mekong. Khawatir akan keadaan para korban banjir, Maha Guru Ching Hai mengirimkan US$10.000 untuk upaya pemulihan.

Tanggal 12 Agustus, tim bantuan Bangkok yang pertama berangkat ke Gunung Doi Mae Salong di Chiang Rai, sebuah provinsi di bagian utara dimana tanah pertanian terendam banjir dan jalan-jalan tertutup banjir lumpur pegunungan. Organisasi administratif Mae Salongnai Tambon di Distrik Mae Fa Luang, Chiang Rai memberikan informasi kepada tim bantuan bahwa salah satu desa dengan 1.500 rumah tangga yang terletak di puncak gunung keadaannya sangat parah dan sulit untuk dicapai karena banjir lumpur. Jadi, tim pemulihan segera membawa dan membagi sendiri barang bantuan, termasuk brosur SOS, jas hujan, sepatu bot, makanan, dan susu kedelai untuk anak-anak.
Anggota Asosiasi memberikan bantuan Guru sebesar 10.000 Baht kepada Bapak Wowarit Inthaphan,Wakil Kepala Organisasi Administratif Mae Salongnai

Tim bantuan kedua diberangkatkan pada tanggal 17 Agustus ke Provinsi Nong Khai, dengan target Tha Bo dan Sri Ching Mai yang terkena banjir paling parah selama 40 tahun terakhir. Wilayah yang terendam air di Tha Bo sangat luas dan dalam beberapa kasus hanya atap rumah yang terlihat di atas air. Banyak warga lokal yang mendirikan tenda darurat di sepanjang jalan dengan hanya sedikit bekal yang dapat mereka bawa. Dengan bantuan perahu dari Polisi Perbatasan Thailand dan koordinasi dengan pemimpin dari berbagi komunitas, semua bantuan diberikan dengan cepat dan efisien kepada kira-kira 1.000 rumah tangga di Tha Bo.

Di Sri Ching Mai, meskipun banjir telah surut sedikit pada saat tim bantuan tiba, tetapi kerusakan struktural di daerah ini cukup parah. Banyak pagar yang roboh, rumah-rumah retak, tanaman-tanaman dan jalan-jalan hancur sebagaian, serta lantai rumah penduduk dipenuhi lumpur dan air. Pemimpin komunitas dan personel Angkatan Darat Thailand membantu tim bantuan untuk membagikan air minum, susu kedelai, beras, mie instan, juga brosur SOS untuk lima komunitas di daerah ini.

Penghargaan diberikan kepada Maha Guru Ching Hai dari kedua komunitas ini atas bantuan Beliau. Semoga Tuhan membantu para korban di Thailand agar dapat pulih dengan cepat dari banjir besar ini dan agar hidup mereka berubah menjadi lebih sehat dan mulia.

 

Pengeluaran Maha Guru  Ching Hai untuk
Usaha Bantuan Banjir di Thailand

Keterangan

Jumlah
(Thai Baht)

Kuitansi

Makanan (beras, kecap, minyak sayur, mie instan, roti, susu kedelai, air minum)

295.444

A1

Transportasi (sewa mobil, bensin)

25.850

A3

Lain-lain (jas hujan, sepatu bot, baner, jaring untuk truk, tas plastik)

4.570

A2, A4

Bantuan untuk pemerintah setempat

10.000

A5

Total

Baht 335.864

 (US$ 10.020)

 

 

* Para Inisiat membayar sendiri transportasi dan biaya makan selama operasi bantuan

Untuk melihat aktifitas kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan anggota Asosiasi Internasional-Nya, silakan kunjungi  http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian (Daftar dapat diurut berdasarkan tahun, negara, dan jenis kegiatan)