Dunia Satwa

 

Anjing Malaikat dengan Ajaib
Menyelamatkan Korban Gempa

 

Oleh rekan inisiat China (Asal bahasa China) 

Pada tanggal 12 Mei 2008, gempa bumi dahsyat meluluh-lantakan Provinsi Sichuan, China yang memakan ratusan ribu korban. Di tengah semua berita yang tidak baik, tersebar suatu kisah yang mengharukan di daerah bencana tentang bagaimana dua anjing malaikat menyelamatkan satu orang tua.

Pada hari kedelapan setelah gempa bumi, Markas Besar Angkatan Udara Chengdu menerima laporan dari seorang biarawan dari Kuil Fo Ying yang mengaku bahwa ia mendengar anjing menyalak terus menerus, dan ini menandakan bahwa seseorang memerlukan bantuan. Regu penolong dengan segera dikirim untuk menyelidiki dan mereka juga mendengar suara anjing menyalak. Mengikuti suara tersebut, mereka menemukan Nyonya Wang You-qiong terperangkap di antara dua batu besar. Meskipun berusia enam puluh tahun dan sangat kelelahan, tetapi Nyonya Wang masih sadar. Misteri yang paling besar adalah: bagaimana ia dapat bertahan hidup selama delapan hari setelah gempa bumi?

 
Qianjin yang gagah berani 
Sikecil yang Cantik
 

Pada saat perjalanan ke rumah sakit, Nyonya Wang menceritakan kisahnya dan menjawab pertanyaan dari para penyelamatnya. Selama ia terperangkap di batu besar, dua anjing kecil berwarna kuning mendatanginya dan membawa makanan yang mereka kumpulkan dari suatu tempat. Mereka mendorong makanan melalui celah-celah sempit untuk dimakannya. Ketika ia merasa haus, kedua anjing tersebut menjilati bibir dan mukanya untuk menjaganya tetap lembab dan sadar. Ketika ia merasa takut, anjing itu akan menyalak dan bersandar kepada tubuhnya untuk menentramkan hatinya. Atas bantuan dari dua anjing inilah maka Madam Wang tetap hidup, dan juga karena mereka menyalak telah membuat para penyelamat dapat menemukan lokasinya. Sampai ia tertolong, kedua anjing tersebut tetap menjaganya dan meninggalkan tempat dengan tenang setelah mereka melihat Nyonya Wang diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit.

Pada waktu yang sama, suatu tim pencari dan penyelamat untuk hewan kecil dibentuk oleh Rumah Kasih, suatu kelompok pecinta hewan yang dibentuk oleh warga Chengdu yang dibantu oleh Perkumpulan Pencegahan Kekejaman pada Hewan (Hong Kong). Mereka menjelajah ke daerah bencana untuk menolong para sahabat hewan yang memerlukan bantuan. Misi penting yang lain yang mereka kerjakan adalah mencari dua anjing pahlawan ini. Dengan ajaib, mereka berjumpa dengan biarawan tepat waktunya untuk menerima berita tentang kedua anjing malaikat tersebut. Biarawan itu adalah kepala biarawan dari Kuil Fo Ying yang telah roboh dan ia mengatakan pada regu penolong bahwa kedua anjing tersebut dinamai Sikecil dan Qianjin dan diasuh olehnya. Sikecil merupakan anjing betina shepard cantik berusia satu tahun sedangkan Qianjin merupakan anjing jantan lokal berusia dua tahun yang pemalu. Pada saat itu, kedua anjing tersebut ditempatkan di tempat lain yang tidak jauh. Untuk memastikan anjing tersebut menerima perawatan terbaik, Rumah Kasih memutuskan untuk mengadopsi mereka.

Sekarang, Sikecil dan Qianjin  tinggal dengan gembira di bawah asuhan pekerja sukarelawan. Kabar baik ini juga telah membawa kegembiraan besar kepada orang yang peduli terhadap mereka.

Sumbangan Tepat Waktu untuk Rumah Kasih

Pada tanggal 8 juni, dengan membawa kasih dan berkat Guru, para anggota dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengunjungi Rumah Kasih—Pusat Penyelamatan Hewan Kecil yang berlokasi di Kecamatan Shuang Liu, Chengdu, Sichuan. Ini merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang nirlaba yang didirikan oleh dua wanita yang berbelas kasih, Nona Chen Yun-lian dan Nona Wang Xiao-hong yang ditujukan untuk memberi kepedulian dan kasih untuk hewan kecil yang membutuhkan bantuan. Dalam kurun waktu sebelas tahun terakhir, Nona Chen menggunakan semua kekayaannya guna meyelamatkan ribuan kucing and anjing yang tersesat. Setelah gempa bumi Sichuan yang terbaru, Nona Chen memberanikan diri menghadapi berbagai macam kesulitan dan mengabaikan perjalanan yang penuh resiko dan keselamatan pribadinya, memimpin suatu tim ke daerah yang terkena bencana dan menolong lebih dari seratus kucing dan anjing yang telah kehilangan rumah mereka. Tindakan cinta kasih untuk menyelamatkan hewan dari suatu bencana besar belum pernah terjadi sebelumnya di dalam sejarah penyelamatan bencana di China. Di antara para sahabat hewan yang ditolong adalah Sikecil dan Qianjin, pahlawan yang telah menyelamatkan hidup manusia. Nona Chen telah melakukan usaha yang besar sebelum akhirnya menyelamatkan dan mengadopsi mereka.

Ketika para anggota asosiasi kami membawa 1.000 kg beras dan keperluan medis yang sangat diperlukan oleh Rumah Kasih, Nona Chen tersentuh dan dengan berlinang air mata berkata secara emosional: “Saya sangat berterima kasih kepada Guru Anda atas kepedulian, bantuan, dan dukungan-Nya kepada Rumah Kasih! Ini merupakan suatu dorongan yang besar bagi saya! Terima kasih lagi kepada Maha Guru Ching Hai atas Kasih dan kepeduliannya.”

Sekecil dan Qianjin di Rumah Kasih