Guru Berkata

 

Melatih Kualitas Mulia untuk Membantu Kualitas itu Berkembang

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Eropa 3 Hari, Paris, Prancis, 22 Agustus 2007 (Asal dalam bahasa Inggris)

 

Kualitas Mulia (Noble Quality/NQ) sama seperti IQ; Anda juga bisa melatih dan mengembangkannya. Secara normal, kualitas manusia telah diberikan kepada Anda. NQ atau kualitas mulia juga diberikan kepada Anda sebelum Anda lahir sesuai dengan apa yang Anda miliki dari kehidupan sebelumnya, dan ini adalah peninggalan yang Anda miliki. Ini bukan seperti Surga pilih kasih dengan Tuan Smith atau Ibu Mueller dari Hamburg. Ini berbeda, tidak seperti itu. Misalkan ada seseorang yang hanya mempunyai 3 persen NQ dari kehidupan sebelumnya. Mengapa? Itu karena sebelumnya ia hanyalah seseorang yang sangat biasa dan sederhana; ia tidak melakukan sesuatu yang baik atau ia tidak punya perasaan apapun tentang siapa pun; ia tidak merasakan kasih atau welas asih untuk siapa pun. Itu mungkin karena ia tidak perlu untuk seperti itu, atau mungkin karena ia tidak berhubungan dengan sekelompok orang yang berwelas asih sehingga ia tidak termotivasi atau diajarkan atau dilatih oleh orang-orang tersebut untuk mengembangkan tingkat NQ-nya lebih jauh; atau ia tidak dihadapkan pada situasi apapun yang menggugah rasa welas asihnya.

Misalkan Anda mempunyai rasa welas asih dalam hati Anda, tetapi Anda tidak pernah melihat situasi apapun dimana Anda dapat menunjukkan rasa welas asih Anda. Segalanya tidak menyentuh Anda, karena Anda tidak melihat sesuatu yang menderita. Jadi, bagaimana Anda dapat memiliki welas asih? Oleh karena itu, bahkan Tuhan, Buddha, atau putra Tuhan harus turun ke sini untuk melihat. Di Surga tidak diperlukan hal seperti itu. Semuanya tentram, bahagia, dan damai. Jadi jika Anda ingin mengembangkan sifat welas asih, Anda hanya bisa melakukannya di dunia fisik ini, atau mungkin di neraka jika Anda bisa bertahan di sana, sama seperti seorang pengacara pergi ke penjara tanpa terganggu oleh itu.

Namun, jika di masa lalu orang tersebut adalah binatang, mungkin binatang dengan NQ rendah seperti para pemangsa atau binatang yang memburu dimana mereka membunuh untuk bertahan hidup. Mereka mempunyai NQ lebih rendah daripada binatang lainnya.  Binatang yang damai, seperti gajah sebagai contoh, mempunyai NQ 30 persen! Jadi, untuk meningkatkan NQ, Anda hanya dapat mengandalkan “pendapatan modal” yang Anda miliki, modal yang Anda miliki sebelum lahir. Itu akan menyertai Anda saat Anda lahir, dan akan terus bersama Anda. Tetapi jika Anda mempergunakannya, memaksimalkannya, atau menggandakannya, maka itu akan berkembang lebih dari 3 persen, 4 persen, atau beberapa persen dari yang Anda miliki pada saat lahir.

Mayoritas orang hanya memiliki 3, 4, atau 5% NQ. Mengapa? Karena itulah yang dimiliki saat mereka lahir. Mereka dilahirkan dengan begitu, dan mereka tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkannya. Semakin Anda dihadapkan pada penderitaan orang yang kekurangan, maka rasa welas asih Anda akan semakin tersentuh. Dan kemudian Anda ingin melakukan sesuatu untuk orang itu, atau binatang itu, atau situasi itu; dan itulah caranya NQ Anda berkembang seperti suku bunga di bank. Anda bisa mempunyai modal dan hanya disimpan di bank tanpa melakukan apapun, atau Anda bisa menginvestasikannya. Anda bisa melakukan bisnis dengan uang itu, dan uang itu akan berkembang.

Jadi HQ dan NQ dapat dikembangkan. Kualitasnya melekat, tetapi itu dapat dikembangkan, dan tidak seperti yang lainnya; semakin banyak yang Anda keluarkan, semakin banyak yang Anda dapatkan. Itu lucu! Bukan seperti semakin banyak yang Anda keluarkan, maka akan semakin berkurang, bukan seperti itu. Bukan seperti uang, dimana semakin banyak Anda mengeluarkannya, maka akan semakin berkurang. Tetapi ini bukanlah hal-hal materi. Semua ini, semakin banyak Anda gunakan, semakin banyak yang Anda dapatkan. Para orang suci lebih berkembang dari orang biasa. Jadi seperti itu. Bukan seperti setiap orang lahir dengan 300 persen NQ.

Banyak dari Anda hanya punya 3, 4, 5, 6, 10 persen… atau 15, 20, atau 30 persen. Itu sudah sangat baik. Tetapi Anda sedang mengembangkannya, itulah perbedaannya.  Karena Anda mengikuti ajaran yang baik yang memperkaya NQ Anda. Tetapi jika Anda dihadapkan pada situasi yang berbeda, maka NQ Anda mungkin akan berkurang atau tidak bergerak. Jika Anda dihadapkan pada ajaran-ajaran mulia dan Anda tahu bagaimana cara melakukannya dan Anda berusaha untuk melakukannya, maka itu akan menjadi nyata. Mungkin pada awalnya Anda tidak terlalu merasakan, tapi itu akan menjadi nyata.  Karena jika Anda tersentuh oleh suatu penderitaan, lalu Anda benar-benar ingin melakukan sesuatu, dan kasih Anda benar-benar terbangun dari dalam hati Anda. Itulah saatnya NQ Anda mulai bersemi dan semakin berkembang.

Tetapi setidaknya Anda melakukan sesuatu. Bahkan jika Anda tidak merasa tersentuh, maka cobalah untuk bertukar posisi seolah-olah Anda menjadi orang yang menderita itu, apa yang Anda inginkan, dan setelah itu maka akan menjadi jelas bagi Anda. Jika seseorang tertimpa bencana gempa bumi dan mereka terluka, tentu saja mereka butuh pengobatan. Atau jika kehilangan rumah, tentu saja mereka membutuhkan tenda. Mereka perlu air dan baju, karena mereka telah kehilangan semuanya. Coba tukar posisi Anda, lalu Anda akan mengerti dengan tepat apa yang harus Anda lakukan dan bagaimana perasaan Anda. Bahkan jika Anda tidak merasakan persis seperti orang yang tertimpa, tetapi Anda sering mengidentifikasikan diri Anda sama dengan yang lain, dan setelah itu Anda akan merasa lebih dan lebih mengetahui apa yang dirasakan oleh orang lain. Tetapi Tuhan akan berhenti di suatu tempat sehingga Anda tidak menderita terlalu banyak. Jika Anda menderita secara mengenaskan seperti orang itu, maka perasaan dalam batin Anda tidak akan bisa menanggungnya.

Jika seseorang terus berada di posisi yang sama saat ia lahir atau dari warisan atau dari tradisi, maka ia tidak akan mengembangkan NQ atau welas asih mereka. Kualitas welas asih dan mulia harus diwujudkan dalam kehidupan nyata, aksi nyata, dan tekanan nyata pada penderitaan. Mungkin tidak dari diri Anda, tetapi jika Anda melihat orang lain menderita, maka ada sesuatu yang bangun di dalam diri Anda: kasih yang murni dan tanpa syarat, kasih yang sejati. Dengan demikian maka NQ Anda akan berkembang.  Bahkan jika Anda tidak melakukan sesuatu yang berarti atau Anda tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi penderitaan orang itu dan Anda hanya dapat bersimpati atau berkeinginan untuk melakukan sesuatu untuk meringankan penderitaan orang itu, maka ini sudah merupakan nutrisi yang bagus untuk NQ Anda. Jadi, jangan merasa takut terhadap penderitaan, dan jangan merasa takut untuk menolong orang lain, karena ini sangat baik untuk Anda.