Gaya Hidup Zaman Keemasan

 

Suatu Cara Hidup Berkelanjutan -
Kampus Pusat Teknologi Tepat Guna

Oleh Grup Berita Hong Kong (Asal dalam bahasa Inggris)

Perlakuan etis dan sehat terhadap planet merupakan nilai penting bagi mahasiswa di Kampus Pusat Teknologi Tepat Guna di Universitas Humboldt State, Kalifornia, AS. CCAT telah bekerja selama 20 tahun guna membawa suatu kehidupan berkelanjutan menjadi kenyataan dan menunjukkan bahwa kehidupan berkelanjutan merupakan solusi efisien bagi pemanasan global dan planet yang sehat.

Kehidupan berkelanjutan adalah suatu gaya hidup yang mempergunakan sumber alam yang selalu tersedia tanpa menghabiskan sumber alam apapun.

CCAT merupakan pusat pendidikan dan contoh perumahan bagi kehidupan berkelanjutan. CCAT dimulai sejak tahun 1978 oleh suatu kelompok mahasiswa, dengan dukungan dari fakultas dan administrasi. CCAT menghasilkan pembuangan dan konsumsi daya tidak lebih dari lima persen energi yang digunakan oleh rata-rata rumah di Amerika. Di antara sekian banyak teknologi yang dipertunjukkan di antaranya adalah sistem listrik angin dan sinar matahari yang mencakup sistem air panas bertenaga surya, tempat memasak nasi bertenaga surya, minyak bio yang berasal dari tumbuh-tumbuhan organik dan kebun sayur setempat. CCAT juga mempertunjukkan teknik alternatif untuk pembangunan rumah dengan mempergunakan berbagai bahan seperti lidi bale-bale dan bambu. CCAT menyediakan bantuan untuk mempelajari peluang pembelajaran tentang kehidupan berkelanjutan bagi para mahasiswa, pelajar, dan masyarakat pada umumnya.

CCAT juga sudah tidak menggunakan sistem listrik sama sekali dan hanya menghandalkan panel sinar matahari, baling-baling angin, dan generator bio diesel. Berikut adalah beberapa contoh barang yang dapat dipergunakan di rumah: 1) Panel sinar matahari. Alat ini bisa lebih mahal pada saat pemasangan, tetapi penghematan dalam jangka panjang akan melebihi biaya awal pemasangan tersebut. Alat ini juga bisa bekerja pada saat mendung. 2) Kotak pendingin. Alat ini bisa menyimpan makanan yang ditaruh di kulkas di musim dingin, dan baik untuk sayur serta buah-buahan segar di musim panas. 3) Kotak panas. Alat ini bisa menghemat setengah waktu memasak pada umumnya. 4) Pemasak Reflektor. Alat ini bisa mengarahkan cahaya matahari ke dalam kumpulan tiang besi yang bertindak sebagai tungku pemanas. 5) Lampu cahaya neon kompak. Alat ini memakai sekitar seperempat daya lampu neon pada umumnya.

“Ketika kami mulai menerapkan untuk mempergunakan keputusan peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari kami, kebijakan pemerintah akan mulai mengikuti langkah kita,” kata Eddi Tanner, Wakil Direktur CCAT sekarang. “Apa yang diperlukan adalah langkah pertama. Mulai pikirkan tentang cara mengurangi tagihan listrik di rumah Anda atau pembuangan sampah yang berlimpah. Cobalah, dan ajaklah teman Anda untuk melakukannya juga.”

(Dari “Pahlawan Penjaga Bumi – CCAT”)
http://www.humboldt.edu/~ccat/faq.html